uefau17.com

Sidney Poitier, Aktor Kulit Hitam Pertama Peraih Piala Oscar, Meninggal Dunia - ShowBiz

, Jakarta Dunia kehilangan salah satu bakat terbesarnya. Aktor Sidney Poitier meninggal dunia. Tak berlebihan jika ia disebut legendaris. Pasalnya, dialah aktor kulit hitam pertama peraih Piala Ocscar dalam sejarah.

Kabar ini disampaikan komite The Academy Awards lewat akun Instagram terverifikasi mereka, Sabtu (8/1/2022) waktu Indonesia. Komite Oscars melayangkan dukacita mendalam meninggalnya bintang film Lilies On The Field.

Sidney Poitier, aktor kulit hitam pertama yang memenangkan Oscar Aktor Terbaik, meninggal pada usia 94 tahun. Poitier adalah pendobrak batasan dan inspirasi abadi yang mendorong dialog rasial AS melalui karya seninya,” twit mereka.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengaruh Almarhum

Beberapa bintang film telah dan bahkan merasakan pengaruh Poitier baik di dalam maupun di luar layar,” tulis komite Academy Awards seraya mengunggah dua potret monokrom sang aktor.

Pertama, komite menampilkan Sidney Poitier mengenakan setelan jas dan kemeja tengah tersenyum sembari menggenggam Piala Oscar pertamanya. Kedua, foto adegan film Lilies On The Field.

3 dari 5 halaman

Pribadi yang Hangat

Lilies On The Field adalah film yang mengantar Sidney Poitier meraih Piala Oscar. Dalam film karya sineas Ralph Nelson itu, Sidney Poitier memerankan karakter Homer Smith.

Melansir dari AP News, Sidney Poitier meninggal dunia pada Kamis (6/1/2022) di kediamannya di Los Angeles, AS. Salah satu sahabatnya, Harry Belafonte, menyebut Sidney sebagai pribadi yang hangat.

 

4 dari 5 halaman

Wariskan 55 Karya Seni

"Selama lebih dari 80 tahun, Sidney dan saya tertawa, menangis… Dia benar-benar saudara dan mitra yang mencoba membuat dunia ini sedikit lebih baik. Dia membuat saya jauh lebih baik,” ucapnya.

Melansir dari laman IMDb, sepanjang hayatnya, Sidney Poitier membintangi 55 judul film, FTV, serial televisi dan miniseri. Pada 1959, ia mengejutkan dunia setelah jadi aktor kulit hitam pertama nomine Pemeran Utama Pria Terbaik Oscar lewat The Defiant Ones.

 

5 dari 5 halaman

Pertama dalam Sejarah

Pada 1964, akhirnya Sidney Poitier menggenggam Piala Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Lilies on the Field. Dialah aktor kulit hitam pertama dalam sejarah dunia yang menang Oscar kategori akting.

Prestasi ini baru terulang 38 tahun kemudian, ketika Denzel Washington menang Oscar Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Training Day. Meninggalnya Sidney Poitier adalah kehilangan besar bagi Hollywood.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat