uefau17.com

Bergelar Doktor di Usia 24 Tahun, Dr Maya Nabila Bagi Tips Sukses Menempuh Studi - Regional

, Bandung - Pencapaian akademik mungkin menjadi salah satu keberhasilan yang dimpikan banyak orang, berharap bisa menyelesaikan masa studi secepat mungkin.

Maya Nabila, merupakan contoh nyata anak muda yang berhasil meraih gelar pendidikan yang tinggi di usianya yang masih muda.

Pada usianya yang menginjak 24 tahun, ia telah berhasil meraih gelar doktoral.

Dr. Maya Nabila, M.Si., adalah penerima Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) dan merupakan lulusan termuda program doctoral Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2024.

Dr. Maya berbagi strategi mencapai kesuksesan dalam studi pascasarjana. Di antaranya ia menekankan pentingnya penentuan tujuan, rumusan strategi, penerbitan jurnal hingga support system.

Berikut adalah beberapa tips yang disampikan Dr. Maya saat menjadi pembicara pada acara yang diselenggarakan Master and Doctor of Science in Management Programs (MSM-DSM) Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB (SBM ITB) beberapa waktu lalu, dimuat ulang laman ITB, Selasa, 2 Juli 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Poin Ala Dr. Maya

Dalam acara tersebut, Dr. Maya berbagi materinya yang berjudul "Success in Graduate Studies". Dr. Maya menekankan pentingnya memiliki tujuan yang jelas sejak awal, merumuskan strategi yang tepat, dan menjalankan setiap langkah dengan penuh semangat dan ketekunan.

Selain itu, penting untuk mencari dukungan dari lingkungan sekitar, baik dari keluarga, teman, maupun promotor, untuk mengatasi tantangan yang mungkin dihadapi selama proses studi.

Dr. Maya menyampaikan sejumlah poin penting dalam proses studinya, yakni:

1. Menentukan Tujuan dan Motivasi

"Apa yang ingin Anda capai dengan menyelesaikan studi ini? Apa yang akan Anda lakukan dengan pengetahuan yang Anda peroleh nanti?" katanya. Motivasi yang kuat akan menuntun untuk terus bersemangat dalam menjalankan studi.

2. Merumuskan Strategi

Merencanakan strategi yang tepat sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam studi. Contoh strategi yang bisa diaplikasikan, seperti:

- Merancang timeline: Buat jadwal yang terstruktur dan realistis untuk setiap tahap studi, mulai dari pengumpulan data hingga penyelesaian disertasi;

- Membentuk Kelompok Studi: Bergabung dengan kelompok studi dapat membantu dalam menyelesaikan tugas dan mengatasi tantangan bersama;

- Memilih Mata Kuliah yang Relevan: Pilih mata kuliah yang mendukung topik penelitian Anda dan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan;

- Memilih Promotor yang Tepat: Cari promotor yang memiliki keahlian dan pengalaman di bidang yang Anda teliti dan dapat memberikan bimbingan dan dukungan yang baik;

- Mengelola Waktu dan Meningkatkan Efisiensi: Beliau menyarankan untuk menentukan prioritas, membuat jadwal yang realistis, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi;

3. Tips untuk Menerbitkan Artikel

Dr. Maya menekankan pentingnya memilih jurnal yang tepat, menulis artikel yang jelas dan mudah dipahami, serta memperhatikan kaidah penulisan ilmiah yang benar.

4. Mencari Dukungan dan Motivasi

Bergabung dengan kelompok studi, berdiskusi dengan promotor, dan mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman sangat penting untuk mengatasi tantangan yang dihadapi selama proses studi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat