uefau17.com

HMMI dan ITB Berkolaborasi Riset Perintah Suara Berbasis AI - Otomotif

, Jakarta - Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) berkolaborasi dalam melakukan riset mendalam mengenai pengembangan bersama, fitur perintah suara berbasis Artificial Intelligence (AI).

Diharapkan, hasil riset tersebut bisa menjadi diaplikasikan pada mobil-mobil Hyundai di masa mendatang. 

“Kami sangat puas dengan kerja sama yang sudah terjalin bersama ITB selama ini. Kami yakin lewat kolaborasi berkelanjutan bersama dunia pendidikan dan penelitian Indonesia seperti ini. Maka teknologi serta aplikasi dari teknologi canggih Hyundai bisa mendapatkan formula maupun fungsi terbaik,” ungkap Bong Kyu Lee, President Director of PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia saat menyambut para peneliti ITB (15/5/2024). 

Riset bersama ITB ini merupakan bagian dari kolaborasi yang sudah berjalan sejak 2023. Rencananya kegiatan bakal terus berjalan dalam beberapa tahun ke depan.

Penelitian bersama dunia akademik Indonesia ini bertujuan melakukan pengumpulan data penunjang fitur perintah suara. Adapun hasil penelitian nanti dijadikan basis untuk fitur perintah suara interaktif yang canggih di mobil-mobil Hyundai.

Bagian dari komitmen dalam beroperasi di Tanah Air. Hyundai Motor Manufacturing Indonesia bertujuan untuk berkembang bersama dengan Indonesia, salah satunya dengan melakukan penelitian. Serta berbagi teknologi dengan akademisi.

Langkah itu diyakini dapat bermanfaat banyak dalam meningkatkan ekosistem industri. Khususnya dalam bidang pengembangan teknologi.

“ITB berupaya untuk menjadi lembaga yang mencerminkan kelokalan Indonesia. Namun tetap berorientasi terhadap global. Lantaran proyek pengenalan suara ini dikembangkan bukan hanya menggunakan teknologi terkini. Tapi berkaitan dengan masyarakat sebagai pengguna teknologi. Harapan kami, kerja sama antara ITB dengan Hyundai bisa terus berlanjut,” jelas Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPiK) ITB, Sugeng Joko Sarwono, M.T., Ph.D., saat berkunjung ke HMMI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kapabilitas

Presdir HMMI menambahkan, ke depan ia berharap kolaborasi dapat membawa manfaat yang baik bagi semua pihak. Dan lebih utama lagi, mewujudkan mobilitas terbaik bagi masa depan Indonesia.

Jalinan antara manufaktur dalam rangka pengembangan dan penelitian tak cuma berjalan dengan kalangan akademisi.

Dengan bertekad tumbuh dan berkembang bersama Indonesia, HMMI juga secara berkelanjutan melakukan pelatihan bersama para pemasok lokal.

Lewat program peningkatan kemampuan ini, para supplier dibina untuk meningkatkan kapabilitas penelitian dan pengembangan komponen. Bahkan sampai disertifikasi oleh prinsipal Hyundai dalam menciptakan desain komponen secara mandiri. 

Sumber: Oto.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat