uefau17.com

Guru Besar ITB: Sampah di Indonesia Jika Ditumpuk Bisa Sampai ke Bulan - Regional

, Bandung - Timbulan sampah yang dihasilkan di Indonesia disebut mencapai 53 juta ton/pertahun. Data tersebut disampailan Guru Besar Prof. Ir. Emenda Sembiring dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Emenda mengaku, datanya dihimpun melalui Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DKP LHD), masterplan hingga data sekunder dari pemerintah daerah.

"Indonesia menghasilkan 53 juta ton sampah/tahun," katanya dalam Orasi Ilmiah Guru Besar ITB, diikuti lewat kanal YouTube ITB, ditulis Jumat, 28 Juni 2024.

Dalam penggambarannya, jika sampah yang dihasilkan di Indonesia itu ditumpuk maka tingginya bisa mencapai bulan.

"Kalau dianggap densitas itu 150 kilogram permeter kubik, kita bayangkan kalau ukuran blok 1x1x1 meter itu kalau kita susun bisa sampai dari bumi Indonesia bisa sampai hampir ke bulan," kata dia.

Timbulan sampah yang dihasilkan itu semakin bermasalah karena tidak diiringi dengan akses pada pengolahan sampah. Sampah-sampah itu dapat mencemari lingkungan.

Rata-rata akses pengelolaan sampah di seluruh kota kabupaten di Indonesia, katanya, baru mancapai 39,1 persen dengan kota kabupaten yang telah mememenuhi standar pelayanan minimal.

"Artinya dari 50 persen itu baru sekitar 22 persen. Kabupaten kota dengan tingkat pengolahan sampah tertinggi ada di pulau Kalimantan," imbuhnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persoalan Sampah

Emenda mengungkap data, jumlah sampah yang dibuang langsung ke sungai diperkirakan 601 ribu ton/tahun. Sedangkan, jumlah sampah yang dibuang sembangaran ke lingkungan daratan 789 ton/tahun.

Sementara, jumlah sampah yang dibakar diperkirakan lebih dari 4,7 juta ton/tahun, hampir 9 persen dari total sampah yang dihasilkan di seluruh Indonesia.

"Pola yang sama hampir sama berlaku untuk sampah plastik di indoensia. Dari 10 juta ton sampah yang dihasilkan ada 39 persen terkelola, 59 persennya dibuang sembarangan, 47 persen dibakar, 7,2 persen yang dibuang ke sungai," sebutnya.

Berdasarkan studi yang dilakukan di 4 kecamatan di Banyuwangi (Jawa Timur) dan Jembrana (Bali), kebocoran sampah ke lingkungan itu terbukti paling massif terjadi di wilayah dekat dengan penghasil sampah.

"Berarti dari rumah tangga kita sendiri. Sumber kebocoran utama itu dekat dengan penghasil sampah," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat