uefau17.com

Dinas LH Jakarta Turunkan 1.000 Petugas Bersihkan Area Maraton - News

, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menurunkan 1.000 petugas untuk membersihkan area rute Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024.

"Petugas memastikan kebersihan rute maraton sejak Sabtu (22/6) malam," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto di Jakarta, Minggu (23/6/2024).

Ia mengatakan sisa sampah dari keramaian malam puncak HUT Jakarta pada Sabtu malam sudah bersih tuntas sejak Minggu dini hari agar tidak mengganggu kegiatan maraton dan seluruh rute JAKIM 2024.

"Kami pastikan seluruh area bersih dan kondusif," kata dia.

Ia mengatakan akan maksimalkan semua upaya agar JAKIM 2024 berjalan lancar sejak persiapan, selama berlangsung kegiatan, dan setelahnya.

Menurut dia 1.000 petugas kebersihan bekerja mengumpulkan dan membersihkan sampah di seluruh area Monas, Jalan Sudirman, Jalan Thamrin, Bundarah HI.

Kemudian Jalan Semanggi, Jalan Asia Afrika, gerbang Gelora Bung Karno, jalan lingkar Gelora Bung Karno dan seluruh rute yang dilewati peserta maraton.

Ia mengatakan selain personel juga menyertakan 25 unit truk sampah, 12 unit mobil penyapu sampah, 10 unit truk sampah, dan lainnya.

"Total ada 1.050 meter kubik sampah terkumpul atau seberat 33 ton," kata dia," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Heru Budi: JAKIM 2024 Berjalan Sukses

Sebelumnya Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan JAKIM 2024 sukses terlaksana atas partisipasi semua lapisan masyarakat.

"Ini merupakan rangkaian HUT ke-479 Jakarta yang diikuti 15 ribuan peserta" kata Heru di Jakarta, Minggu.

Ia menyebutkan 15 ribu peserta itu mengambil tiga kategori maraton yakni sekitar seribu orang di kategori 42 KM, empat ribuan peserta ambil kategori 21 KM, dan 10.355 orang mengambil nomor 10 KM.

"Kami ucapkan ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, termasuk Polda Metro Jaya, Pangdam Jaya, Dinas terkait, serta masyarakat. Kegiatan ini bisa steril dan 'safety' berkat masyaraka

3 dari 3 halaman

35 Ton Sampah Terkumpul saat Acara HUT Jakarta 2024

Pemprov Jakarta mengangkut 35 ton sampah yang dihasilkan warga saat puncak perayaan Hari Ulang Tahun ke-497 Jakarta.

Humas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Yogi Ikhwan menyebut, puluhan ton sampah atau setara dengan 140 M³ terkumpul dari sejumlah titik mulai dari wilayah Monas hingga Bundaran HI.

"Area yang ditangani seluruh Area Monas, Jalan Medan Medan, Jalan Thamrin sampai dengan Bundaran HI, Jalan Majapahit, Jalan Juanda Raya, Jalan Veteran Raya dan lll, Jalan Budi Kemuliaan," kata Yogi dalam keterangannya, Minggu (23/6/2024).

Yogi menyebut, usai perayaan puncak HUT Jakarta, 1.100 personel petugas kebersihan dikerahkan. Turut dibantukan juga dengan sejumlah unit kebersihan yang ada, mulai dari truk sampah hingga mini dump truck.

Sementara itu, Monas sejak pagi tadi terpantau para warga mengisi waktu dengan berolahraga sambil jalan santai bersama keluarga. Ada juga yang berfoto-foto sambil duduk-duduk di rumput area Monas.

Terlihat pula panggung-panggung konser yang tengah dibongkar oleh petugas pada perayaan HUT semalam. Sejumlah truk masih bersiaga untuk mengangkut tiang-tiang panggung yang sudah dibuka.

Kawasan Monas terlihat sudah bersih. Beberapa petugas oranye masih ada yang menyapu sampah-sampah yang tersisa di sudut-sudut Monas. Para petugas Dishub, TNI dan Polri juga terlihat di area monas.

Mereka berjaga di depan gerbang untuk memantau aktivitas warga dan kondisi keaman

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat