uefau17.com

Memperingati Hari Lahir Pancasila dengan Menonton 5 Film Ini - Regional

, Yogyakarta - Hari Lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni setiap tahunnya. Ini merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia karena berkaitan erat dengan perjuangan pahlawan dalam merumuskan Pancasila.

Memperingati Hari Lahir Pancasila bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menonton film bertema perjuangan. Berikut rekomendasi film yang cocok ditonton untuk memperingati Hari Lahir Pancasila:

1. Trilogi Merdeka (2009-2011)

Trilogi merdeka merupakan sebuah seri film yang terdiri dari tiga film (trilogi). Kumpulan film dalam trilogi ini, di antaranya Merah putih (2009), Merah Putih II atau Darah Garuda (2010), dan Hati Merdeka (2011).

Film-film ini menggambarkan perjuangan tentara Indonesia saat melawan Belanda hingga menceritakan kisah persatuan bangsa Indonesia tanpa memandang suku dan agama. Film ini dibintangi Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Teuku Rifnu, Zumi Zola, Darius Sinathrya, dan lainnya.

2. Soekarno (2013)

Film Soekarno tayang perdana pada 2013. Film ini menggambarkan kisah perjuangkan hak-hak Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang.

Film ini merupakan garapan sutradara kondang Hanung Bramantyo dengan menggandeng sederet artis ternama, seperti Aryo Bayu, Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Mathias Muchus, Agus Kuncoro, Tika Bravani, Ferry Salim, Tanta Ginting, dan lainnya. Saat ini, film Soekarno sudah tersedia di beberapa layanan streaming, seperti Netflix, Video, dan Amazon Prime Time.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sayap Kecil Garuda (2014)

3. Sayap Kecil Garuda (2014)

Film Sayap Kecil Garuda menceritakan tentang seorang anak bernama Pulung yang tidak hafal Pancasila. Sebagai pelajar, ia akhirnya bertekad untuk menghafal dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Film karya sineas Aditya Gumay yang dirilis pertama kali pada 23 Januari 2014 ini dibintangi oleh Rizky Black, Aaliyah Massaid, Deddy Mizwar, Elma Theana, serta Reza Artamevia. Film yang sudah berusia 10 tahun ini sangat cocok menjadi tontonan di Hari Lahir Pancasila.

4. Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita (2016)

Film Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita dirilis tepat pada HUT ke-71 Republik Indonesia, 17 Agustus 2016. Film ini mengisahkan tentang pidato Soekarno saat sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) 1 Juni 1945. Peristiwa tersebut dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila.

Film Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita merupakan gagasan aktor senior Tio Pakusadewo. Ia juga bertindak sebagai pemain, sutradara, dan produser bersama Tino Saroengallo.

5. Lima (2018)

Film Lima dirilis pada 31 Mei 2018, tepat satu hari sebelum peringatan Hari Lahir Pancasila. Film ini menceritakan tentang Tuhan, kemanusiaan, persatuan, musyawarah, dan keadilan.

Film ini sangat cocok ditonton untuk siapa saja yang belum begitu memahami makna-makna dibalik tiap sila dalam Pancasila. Film garapan Shalahuddin Siregar, Tika Pramesti, Lola Amaria, Adriyanto Dewo, dan Harvan Agustriansyah ini dibintangi oleh Prisia Nasution, Baskara Mahendra, Yoga Pratama, Aji Santosa, Ade Firman Hakim, Alvin Adam, dan sejumlah pemeran lainnya. 

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat