uefau17.com

Sebanyak 2003 Jemaah Haji Asal Garut Siap ke Tanah Suci, Cek Jadwal Keberangkatannya - Regional

, Garut Sebanyak 2003 jemaah haji asal Garut, Jawa Barat, bersiap melaksanakan ibadah haji tahun keberangkatan musim haji 2024. Angka ini bertambah sekitar 92 orang dari keberangkatan haji tahun lalu. "Pelaksanaan pelatihan manasik terakhir sekitar tanggal 30 April mendatang sekaligus pelepasan oleh bapak PJ Bupati Garut," ujar Kepala Kemenag Garut Saepulloh, Selasa (23/4/2024).

Menurutnya, seluruh tahapan perencanaan pelaksanaan keberangkatan jemaah haji asal Garut tahun ini berlangsung lancar. "Insyaallah berangkatan pertama kloter dua akan dilepas secara resmi oleh bapak Pj Bupati Garut di Pendopo," ujar dia menegaskan.

Kepala Seksi Penyelanggaraan Haji dan Umroh Kemenag Garut Indra Azwar Mawardi menambahkan bahwa, tahun ini jumlah jemaah haji reguler asal Garut sebanyak 1.878 orang, serta jemaah lansia sekitar 125 orang. "Total semuanya sekitar 2003 jemaah dengan jemaah lansia," kata dia.

Angka itu bertambah sekitar 92 orang jemaah dibanding keberangkatan tahun lalu. "Adanya tambahan berasal dari penambahan kuota haji yang diterima pemerintah Indonesia dari kerajaan Arab Saudi," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Keberangkatan

Berdasarkan data yang diterima Kemenag Garut, jadwal keberangkatan jemaah haji asal Garut dibagi dalam lima kloter. Rinciannya, Keberangkatan haji pertama tanggal 10 mei dilakukan oleh kloter 2, kemudian tanggal 16 Mei oleh kloter 16.

Kemudian kloter 31 akan diberangkatkan tanggal 24 Mei, kloter 39 akan diberangkatkan 29 Mei. Serta satu rombongan yakni kloter kloter 55 akan diberangkatkan pada tanggal 5 Juni. "Untuk tahun ini seluruh jemaah haji asal Garut masih dipusatkan di Embarkasi Bekasi," kata dia.

Untuk memudahkan jemaah haji asal Garut selama beribadah di tanah suci ujar Indra, Kemenag Garut telah menyiapkan sekitar 40 petugas yang terbagi dalam lima kloter.

Rinciannya, sebanyak tiga orang Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) terdiri dari pelayanan umum, pelayanan kesehatan dan pembimbing kesehatan, tiga orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri dari satu dokter dan dua perawat, satu pembimbing ibadah haji serta satu ketua kloter.

"Totalnya sekitar delapan orang petugas untuk setiap kloter," ujar dia.

Indra memastikan seluruh tahapan persiapan jemaah haji asal Garut berlangsung lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Alhamdulillah kondisi terkini seluruh jemaah haji asal Garut dalam keadaan sehat dan siap melakukan perjalanan ibadah haji," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat