uefau17.com

TNI AL di Manado Buka Posko Bantuan Kemanusiaan Korban Erupsi Gunung Ruang - Regional

, Manado - TNI AL melalui Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VIII Manado membuka posko bantuan kemanusiaan bagi korban erupsi Gunung Ruang.

Kadispen Lantamal VIII Letkol Laut (P) Rudi Tandirerung mengatakan, ketiga posko tersebut masing-masing di Satrol Bitung, di Mako Lantamal VIII, dan di Kantor Pomal Lantamal VIII Manado.

"Posko ini untuk menerima dan menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut," tuturnya.

Rudi Tandirerung mengatakan, masyarakat yang akan memberikan bantuan bagi korban bencana Gunung Ruang bisa datang membawanya ke tiga posko tersebut. Nantinya bantuan-bantuan tersebut akan dibawa dengan KRI Kakap-811 ke lokasi bencana di Tagulandang Sitaro.

“Dalam membantu korban bencana Gunung Ruang, TNI AL mengerahkan KRI Kakap-811 untuk membawa bantuan kemanusiaan ke lokasi bencana,” ujarnya.

Selain itu, KRI Kakap-811 juga melakukan evakuasi terhadap pengungsi erupsi Gunung Ruang ke Kota Bitung. Seperti yang dilakukan pada Minggu (21/4/2024), sebanyak 49 orang pengungsi dibawa KRI Kakap- 811 tiba di Bitung.

Status Gunung Ruang telah diturunkan dari Level IV Awas menjdi Level III Siaga sejak, Senin (22/4/2024), pukul 09.00 Wita. Meski demikian warga diminta tetap waspada, termasuk terhadap paparan abu vulkanik.

Sementara ada ribuan pengungsi yang masih menempati sejumlah wilayah di Pulau Tagulandang. Sedangkan yang lainnya telah dievakuasi ke Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Manado.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat