uefau17.com

Pabrik Rotan di Cirebon Terbakar Hebat, Kerugian Capai Rp10 Miliar - Regional

, Cirebon - Kebakaran hebat melalap pabrik dan gudang rotan di Desa Karangasem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin dini hari (22/4/2024). 

Informasi yang diperoleh, kebakaran pabrik rotan milik PT Indigo Mandiri tersebut diduga berasal dari suara ledakan tabung gas argon. Petugas keamanan pabrik kemudian mengecek sumber ledakan tersebut. 

"Setelah ditelusuri didapati adanya api diruang tengah yang digunakan sebagai ruang finishing dan penyimpanan barang siap ekspor. Sekitar pukul 00.50 WIB Sektor Damkar Weru mendapat laporan dari security," kata Kasi Tanggap Darurat Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon Eno Sudjana, Senin (22/4/2024).

Eno mengatakan, api sangat besar ketika tim Damkar Kabupaten Cirebon tiba di lokasi. Api, kata dia, membajar seluruh bangunan pabrik rotan. 

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi meluasnya kebakaran, petugas meminta bantuan dari sektor Damkar lainya hingga dari Kota Cirebon. 

"Total 11 Unit damkar turun ke lokasi untuk memadamkan api," kata Eno. 

Eno mengatakan, proses pemadaman api berlangsung selama empat jam. Setelah itu, proses pendinginan selama dua jam. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerugian

Eno mengatakan, hingga saat ini petugas Polresta Cirebon masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran pabrik rotan Cirebon. 

"Material yang terbakar yaitu bahan Produksi Pembuatan Furniture Rotan, Kayu dan bahan lainya yang mudah terbakar, Barang Produksi Siap Eksport dan 5 unit Roda 4 serta 2 Unit R2," ujar Eno.

Eno mengatakan, dari peristiwa tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp10 miliar. Eno juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran pabrik rotan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat