uefau17.com

8 Manfaat Pepaya Muda yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Detoksifikasi Tubuh - Hot

, Jakarta Buah pepaya merupakan salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Selain buah yang matang, pepaya muda juga sering digunakan dalam berbagai olahan makanan, khususnya sebagai bahan dalam membuat sayur dan salad.

Pepaya muda adalah buah pepaya yang belum mencapai kematangan dan biasanya berwarna hijau. Ciri-ciri pepaya muda antara lain teksturnya yang lebih keras dan rasanya yang tidak se-manis pepaya matang.

Tidak banyak orang yang tau, ternyata buah pepaya muda memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya bagus untuk detoksifikasi tubuh, hal ini karena terdapat papain dan chymopapain bersama dengan enzim dan fitonutrien lainnya yang membantu meningkatkan pencernaan.

Selain itu masih banyak manfaat lain dari buah pepaya muda. Berikut ulas mengenai manfaat pepaya muda untuk tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat pepaya muda yang pertama adalah untuk detoksifikasi tubuh. Hal ini karena adanya papain dan chymopapain bersama dengan enzim dan fitonutrien lainnya buah ini membantu meningkatkan pencernaan. Terlebih lagi, campuran ampuh ini juga bagus untuk membantu membuang racun dari tubuh. Serat pada pepaya muda membersihkan usus besar dan saluran pencernaan dari segala kotoran.

Serat bertindak seperti sapu internal yang membantu sembelit kronis, keasaman, tumpukan, dan diare. Enzim lateks yang ada dalam pepaya mentah membersihkan pencernaan dari limbah.

2. Bantu Penyembuhan Luka

Penelitian juga menunjukkan bahwa papain dapat digunakan sebagai obat alami untuk bisul kulit, luka, dan kondisi kulit lainnya. Dilansir dari Healthline, sebuah tinjauan studi 2012 yang sistematis juga menyimpulkan bahwa papain efektif dan aman dalam mengobati berbagai jenis luka dalam berbagai tahap penyembuhan.

Pepaya muda tinggi kandungan enzim protease. Inilah sebabnya mengapa buah ini memiliki sifat menghilangkan lemak yang membantu luka sembuh lebih cepat. Selain itu, pepaya muda juga memiliki nutrisi penting seperti magnesium, kalium, vitamin A, C, E dan B yang membantu meringankan kondisi kulit tertentu dan meredakan peradangan.

3. Meringankan Radang Tenggorokan

Papain pada pepaya muda dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan, seperti pembengkakan, nyeri, dan rasa panas. Menurut sebuah artikel di Nutrition Review, penelitian telah menunjukkan enzim proteolitik pada papain membantu mengurangi peradangan serta atau lebih baik daripada beberapa obat anti-inflamasi.

Karena efek menguntungkan potensial ini, papain dan enzim proteolitik lainnya kadang-kadang digunakan untuk membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan pada tenggorokan.

4. Mengatasi Sembelit

Papain yang terdapat dalam pepaya muda dapat meringankan gejala pencernaan seperti sembelit dan kembung. Menurut sebuah penelitian 2013, Caricol pada pepaya secara signifikan meringankan sembelit dan kembung pada orang dengan disfungsi gastrointestinal kronis.

Pepaya muda memiliki kandungan serat yang tinggi. Enzim lateksnya sangat bagus untuk membantu membersihkan perut dan melancarkan BAB. Kandungan seratnya juga menyerap air dan membantu melunakkan tinja.

3 dari 4 halaman

5. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Karena serat dalam buah mentah membersihkan racun dari dalam tubuh, konsumsi pepaya muda secara rutin membantu meringankan kondisi kulit seperti noda jerawat dan pigmentasi. Pepaya muda memiliki kemampuan melarutkan sel mati, karenanya merupakan produk kecantikan terbaik yang dikonsumsi secara internal.

Enzim proteinolitik seperti papain dapat membantu gejala herpes zoster seperti nyeri, lesi kulit, dan neuralgia. Menurut sebuah studi yang dikendalikan pada tahun 1995 dari 192 orang dengan herpes zoster, konsumsi enzim proteolitik sama efektifnya dalam mengobati gejala herpes zoster seperti pengobatan antivirus asiklovir.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi di dalam pepaya muda tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga membantu proses penurunan berat badan. Serat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, yang membuat Anda kurang merasa tergoda untuk mengonsumsi makanan secara berlebih. Plus, nilai kalori yang rendah dari pepaya muda menjadikannya pilihan yang bagus untuk dijadikan camilan sehat.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Pepaya muda merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang sangat penting untuk memperkuat sistem imun tubuh. Mengonsumsi pepaya muda dapat membantu tubuh menghadapi serangan dari berbagai infeksi dan penyakit. Vitamin A yang ada dalamnya pun turut berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dan nutrisi penting lain seperti kalium dan magnesium dalam pepaya muda adalah tekstur dasar dalam pencegahan penyakit jantung. Antioksidan membantu mengurangi oksidasi kolesterol yang dapat menyumbat pembuluh darah, sedangkan kalium membantu mengontrol tekanan darah.

4 dari 4 halaman

Cara Konsumsi Pepaya Muda

Ada berbagai cara untuk memanfaatkan pepaya muda baik untuk kesehatan tubuh, yakni:

1. Langsung dimakan

Mengonsumsi pepaya muda secara langsung adalah cara termudah untuk menikmati manfaatnya. Cuci buah pepaya muda terlebih dahulu, kupas, dan buang bijinya. Kemudian, potong-potong daging pepaya menjadi bentuk yang sesuai dan konsumsi sebagai salad atau lalapan. Ingatlah untuk memilih pepaya yang masih segar dan berwarna hijau cerah, serta hindari bagian yang sudah terlalu tua atau berwarna kuning karena teksturnya akan lebih keras dan rasanya bisa menjadi pahit.

2. Dijadikan jus atau smoothie

Jus atau smoothie pepaya muda adalah alternatif yang baik bagi Anda yang tidak menyukai rasa pepaya muda ketika dimakan langsung. Cara membuatnya sederhana, cukup kumpulkan beberapa bahan seperti pepaya muda, madu, dan susu atau air sebagai cairan. Kupas dan potong pepaya muda, lalu blender bersama bahan-bahan lain hingga halus. Jus atau smoothie pepaya muda ini tidak hanya lezat tetapi juga penuh dengan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan dan kulit.

3. Masukkan pada salad

Campur potongan atau parutan pepaya muda menjadi salad buah pisang, jeruk, beri, dan aduk semuanya dengan saus yogurt ringan dan jus lemon. Irisan pepaya mentah juga menambah rasa manis pada salad hijau. Cobalah menambahkannya ke semangkuk campuran sayuran, mentimun, jeruk, dan almond panggang.

4. Dimasak dengan ditumis Pepaya muda adalah makanan pokok di sejumlah hidangan Asia termasuk Indonesia. Anda mungkin tak asing dengan oseng atau tumis pepaya muda. Daging buah ini berwarna putih dan tidak akan memiliki rasa sebanyak pepaya yang sudah matang. Anda bisa memadukannya dengan bumbu rempah untuk memperkaya rasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat