uefau17.com

Ternyata Kurma Dapat Tumbuh Subur di Indonesia, di Mana Saja? - Regional

, Jakarta - Kurma, buah yang berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera), telah menjadi bagian penting dari diet manusia selama ribuan tahun.

Selain rasanya yang manis dan lezat, kurma juga terkenal karena kandungan gizinya yang kaya serta manfaat kesehatannya yang luar biasa. Mari kita telusuri lebih dalam tentang keajaiban buah kecil ini.

Kurma telah menjadi bagian integral dari budaya Mediterania, Timur Tengah, dan wilayah subtropis lainnya selama berabad-abad.

Buah ini diyakini berasal dari daerah di sekitar Mesopotamia kuno (wilayah yang sekarang termasuk Irak, Kuwait, dan bagian dari Iran), dan telah menjadi makanan pokok di wilayah tersebut sejak zaman kuno.

Pohon kurma ini biasanya tumbuh di area gurun yang kering dan panas. Seperti di kawasan Afrika dan Timur Tengah, seperti Mesir, Irak, dan Arab Saudi.

Namun ternyata, pohon ini juga dapat tumbuh subur di Indonesia, padahal memiliki iklim tropis. Lantas, di daerah mana saja pohon ini dapat tumbuh subur?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kurma di Indonesia

Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar daerah di Indonesia yang membuat pohon kurma dapat tumbuh subur:

1. Desa Ranah Sungkai, Riau

Pohon kurma tumbuh subur di lahan seluas mencapai 500 hektar di Desa Ranah Sungkai, Kampar. Kawasan ini dikelola oleh PT Kawasan Kurma Indonesia dengan Pemkab Kampar.

Penanam kurma di daerah ini dilakukan secara bertahap, karena bibit yang didatangkan KL-1 dan barhee dari lab Inggris. Kurma di Desa Ranah Sungkai juga telah melakukan panen perdana pada 2019 silam.

2. Desa Kutambaru, Sumatera Utara

Di Desa Kutambaru, Karo, Sumatera Utara di kawasan Gunung Sinabung, kurma dapat tumbuh subur. Tidak hanya dapat tumbuh subur, daerah ini masuk kategori penghasil kurma dari Indonesia.

Meski berada di pegunungan yang wilayahnya dikenal sejuk, namun buah Kurma di desa ini tumbuh subur dan berbuah lebat.

3. Meurandeh, Aceh Besar

Di Barbate Aceh yang berada di Meurandeh, Aceh Besar, NAD, kurma dapat tumbuh subur dan masuk ke dalam daerah penghasil kurma di Indonesia.

Pohon kurma tumbuh di area dengan luas sekitar 150 hektar di daerah ini. Di kebun ini juga pengunjung bisa melihat sekitar 15.000 pohon dari berbagai jenis.

4. Binjai, Sumatera Utara

Tidak hanya tumbuh subur, pohon kurma di Binjai, Sumatera Utara juga menjadi daerah penghasil buah Kurma di Indonesia yang cukup banyak.

Di daerah ini, kebun kurma tumbuh di lahan yang cukup luas, sehingga bisa dipanen dan dijual ke beberapa pasar di Indonesia menjelang ramadan.

5. Pasuruan Jawa Timur

Daerah terakhir di Indonesia yang bisa membuat kurma tumbuh dengan subur adalah Kecamatan Sukorejo, Pasuruan, Jawa Timur.

Tidak hanya tumbuh subur, di kebun Kurma seluas 6,3 hektar ini pengunjung bisa menikmati langsung pemandangan dan rasa buahnya yang baru dipetik.

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat