uefau17.com

Sinopsis Film 'Tuhan, Izinkan Aku Berdosa', Segera Tayang di Bioskop 22 Mei 2024 - Regional

, Bandung - Sutradara kondang Indonesia Hanung Bramantyo baru-baru ini membagikan kabar bahagia bagi para penggemar karyanya. Diketahui ia akan merilis film bertajuk “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa” setelah film tersebut tayang perdana di acara Jakarta Film Week 2023 lalu.

Kabar perilisannya pertama kali di bagikan di media sosial Instagram resmi Hanung Bramantyo pada Senin (22/4/2024). Melalui unggahan tersebut ia membagikan trailer filmnya dan menyebutkan bahwa film tersebut akan tayang secara serentak di Indonesia.

Setelah berdiskusi panjang dengan pak @raampunjabimvp apakah film ini sebaiknya tayang di bioskop atau di OTT? Akhirnya kita putuskan, bahwa film Tuhan Ijinkan Aku Berdosa, akan tayang bioskop. Serentak di seluruh Indonesia,” tulisnya (@hanungbramantyo).

Sebagai informasi film “Tuhan, Izinkan Aku Berdosa” merupakan adaptasi dari novel karya Muhidin M. Dahlan yang berjudul “Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur” yang sudah terbit sejak tahun 2003.

Novel tersebut memiliki genre roman dan fiksi religius dan kerap jadi bahan penelitian karena ceritanya yang mengandung kritik sosial. Diketahui filmnya akan tayang pada 22 Mei 2024 mendatang.

Film yang diangkat dari Novel karya @gusmuh12, yang telah selesai di tahun 2022 (alias sebelum pemilu), akhirnya akan bertemu dengan penontonnya di 22 Mei 2024,” kata Hanung.

Pada poster yang telah resmi di rilis film ini diperankan oleh sejumlah aktor dan artis ternama Indonesia. Di antaranya Aghniny Haque, Donny Damara, Djenar Maesa Ayu, Andri Mashadi, hingga Samo Rafael.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengangkat Isu Sensitif

Ia juga mengingatkan bahwa filmnya mengangkat isu sensitif yaitu pelecehan seksual terutama di lingkungan keagamaan. Hanung juga menyebutkan film ini dibuat sebagai bentuk kekecewaan dan kesedihan melihat kasus tersebut yang sering terjadi di dunia nyata.

“Menurut saya, film ini nggak akan ada kalau situasi keagamaan kita nggak seperti saat ini. Pelecehan di lingkungan keagamaan, mereka yang memakai topeng agama, yang salah bukan agama tapi orang yang pengecut dan penakut,” kata Hanung saat di Jakarta Film Week.

Melalui unggahan di media sosial Instagramnya Hanung Bramantyo juga mengimbau para penyintas atau korban pelecehan seksual untuk tidak menonton film tersebut. Pasalnya film ini akan menjadi isu yang sensitif dan dikhawatirkan membuka luka lama para penyintas.

Peringatan keras bagi penyintas atau korban pelecehan seksual, dan orang2 tipis iman, yang gampang men-judge film dari poster atau Trailer, please, jangan menonton film ini. Jika kalian tetep maksa ingin menonton, tontonlah film sampai selesai karena inti dari film ini ada di akhir,” tulisnya (@hanungbramantyo).

3 dari 4 halaman

Sinopsis Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Film ini mengangkat kisah seorang perempuan bernama Nidah Kirani (Aghniny Haque), seorang anggota Rohis atau kelompok kajian Al-Quran di kampusnya. Kirani percaya bahwa sistem demokrasi berperan besar dalam kehancuran dunia termasuk di Indonesia.

Ia memiliki keinginan kuat untuk mengabdikan hidupnya di jalan Tuhan dengan cara berdakwah dan menegakkan syariat Islam dalam berbagai aspek kehidupan. Sosoknya juga dikenal sebagai mahasiswi yang pintar dan kritis.

Kirani dan anggota kelompok pengajian tersebut juga tidak sabar untuk segera lulus dari kampus dan mengingat orang tua Kirani tidak banyak bisa membiayai kehidupannya. Karena sang ayah tengah sakit keras dan hanya seorang pensiunan.

Sementara ibunya adalah seorang ibu rumah tangga dan melihat situasinya Kiran merasa sangat bersalah karena menyusahkan keluarganya. Suatu hari seorang ulama panutan yang diikutinya menawarkan diri untuk menikahi Kiran.

Karena terdesak oleh keadaan ekonomi dia seakan tergerak untuk menerima tawaran tersebut dan setelah menikah dengan sang ulama Kiran menemukan banyak kejadian tidak terduga. Bahkan ia baru mengetahui bahwa sang ulama sudah memiliki dua istri yang berada dalam status pernikahan.

Sejak itu hidup Kiran mulai berubah dari yang awalnya dikenal sebagai kader dakwah unggulan kini justru dikenal jadi buruan dan dicap telah melecehkan ulama besar. Lantas bagaimana perjalanan Kinan setelah menghadapi hal tersebut?

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini daftar pemain film Tuhan Izinkan Aku Berdosa:

1. Aghniny Haque sebagai Nidah Kirani.

2. Donny Damara sebagai Tomo.

3. Djenar Maesa Ayu sebagai Ami.

4. Andri Mashadi sebagai Da’arul.

5. Samo Rafael sebagai Hudan.

6. Nugie sebagai Alim Suganda.

7. Keanu Angelo.

8. Nikita Mirzani.

9. Cornelio Sunny.

10. Naomi Srikandi.

11. Vika Aditya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat