uefau17.com

Golkar Yakin Tetap Koalisi dengan Gerindra di Pilkada Jakarta, Cagub Masih Dibahas - Pemilu

, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto optimistis partainya dapat mengusung calon gubernur (cagub) yang sama dengan Partai Gerindra di Pilkada Jakarta 2024. Namun, hingga kini Golkar dan Gerindra masih membahas cagub yang akan diusung pada Pilkada Jakarta 2024.

"(Golkar) Optimistis bersama Gerindra (di Pilkada Jakarta). Calonnya dibahas bersama Gerindra," kata Airlangga kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/6/2024).

Adapun Partai Gerindra memberikan rekomendasi dukungan kepada Ridwan Kamil untuk maju menjadi calon gubernur di Pilkada Jakarta 2024. Sementara itu, Partai Golkar juga telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat 2024.

Kendati begitu, Golkar belum memutuskan apakah Ridwan Kamil akan diusung pada Pilkada Jakarta atau Jawa Barat. Pasalnya, Partai Golkar masih menunggu hasil survei terakhir untuk memutuskan penugasan Ridwan Kamil.

Airlangga menyampaikan partainya akan mengumumkan sosok calon gubernur yang akan diusung pada Pilkada Jakarta dan Jawa Barat. Untuk saat ini, dia memastikan Partai Golkar belum memutuskan mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

"Ya kan kita belum putuskan RK (Ridwan Kamil) ke Jakarta," tutur Airlangga.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengungkapkan alasan pihaknya belum mengumumkan nama Ridwan Kamil di Pilkada 2024.

Dia menyebut pengumuman baru akan dilakukan akhir Juli atau awal Agustus mendatang.

"Kesepakatan antara Pak Airlangga (Ketum Golkar) dengan pimpinan partai politik lain kita tunggu sampai akhir Juli atau awal Agustus,” kata Doli di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantah Ridwan Kamil Ragu Maju Pilkada Jakarta

Dia membantah kabar bahwa Ridwan Kamil ragu atau tak percaya diri maju Pilkada DKI setelah melihat hasil survei. “Enggak ada (ragu), karena ini kan lihat survei aja, kan kami kan melakukan survei sendiri,” kata Doli.

Meski demikian, dia mengakui elektabilitas Ridwan Kamil merosot sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024,  setelah muncul nama Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

 “Elektabilitasnya sekarang masih jauh lebih tinggi di Jawa Barat. Jauh dibandingkan dengan di Jakarta, di sana (Jabar) approval ratingnya sangat spektakuler,” kata dia.

“Wajar saja kalau di Jakarta karena pertama kan punya pengalaman jakarta kan memang belum pernah, kalau Pak Anies kan udah pernah jadi gubernur, Pak Basuki kan juga jadi gubernur,” sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat