uefau17.com

Airlangga Bantah Zulhas, Tegaskan KIM Belum Sepakat Usung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta - Pemilu

, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut hingga kini belum ada kesepakatan di partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk mengusung mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Airlangga, Partai Golkar dan partai-partai KIM sampai saat ini masih membahas soal para kandidat, termasuk nama Ridwan Kamil.

Hal ini disampaikan Airlangga menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang mengeklaim semua partai politik KIM setuju untuk mengusung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta 2024.

"Ya masih dalam pembahasan (RK maju Pilkada Jakarta). Dalam pembahasan," kata Airlangga Hartarto kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Saat ini, kata Airlangga, Partai Golkar telah memberikan rekomendasi kepada Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat 2024. Namun, Partai Golkar masih menunggu hasil survei terakhir untuk memutuskan penugasan Ridwan Kamil.

"Ya nanti kami monitor (penugasan Ridwan Kamil)," ujar Airlangga.

Di sisi lain, Airlangga mengakui Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, masuk radar calon wakil gubernur Jakarta untuk diusung Partai Golkar. Kendati begitu, Partai Golkar akan melihat dinamika politik ke depan.

"Radar, semua masuk radar," ucap Airlangga.

Zulhas Klaim Ridwan Kamil Disetujui Seluruh Partai KIM

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengakui adanya pertemuan antara Presiden Jokowi dengan ketua umum (ketum) partai pendukung pemerintah pada akhir Mei 2024. Pertemuan tersebut membahas soal inflasi dan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

"Oh iya, bicara namanya ketua umum parpol ketemu, bicara macam-macamlah. Tapi yang dibahas itu inflasi. Ya juga bicara soal pilkada," kata Zulkifli Hasan kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Politikus yang akrab disapa Zulhas itu menyebut dirinya mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk diusung pada Pilkada Jakarta 2024. Zulhas mengeklaim usulan tersebut disetujui oleh para ketua umum partai yang hadir dalam pertemuan.

"Ya saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju," ucap Zulhas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zulhas Minta Izin Jokowi untuk Usung Kaesang

Saat ditanya apakah Kaesang akan mendampingi Ridwan Kamil pada Pilkada Jakarta 2024, Zulhas menyebut hal tersebut belum diputuskan. Hanya saja, dia mengatakan para ketua umum partai membutuhkan Kaesang agar dapat menang di pilkada.

"Ya saya kira, Pak. Saya lapor waktu itu kan Pak Presiden kalau Kaesang boleh enggak? Pak Presiden bilang, 'jangan ya'. Tapi kan partai-partai perlu," tutur Zulhas.

"Iya, tapi kan partai-partai perlu kan? Perlu apa? Agar bisa menang," sambung Zulhas.

Dia menilai Ridwan Kamil tak mempersalahkan sosok yang akan mendampinginya di Pilkada Jakarta 2024, asalkan dapat membawa kemenangan. Zulhas menuturkan pendamping Ridwan Kamil akan dibahas oleh para ketua partai.

"Pak RK (Ridwan Kamil) siapa saja kalau menang pasti mau. Asal menang, siapa saja kita akan dirapatkan ya," ucap Zulhas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat