uefau17.com

Waketum Sebut Kepemimpinan Airlangga Buat Golkar Raih 102 Kursi DPR: Diterima Rakyat - Pemilu

, Jakarta Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, dengan selesainya seluruh tahapan Pemilu 2024, partai berlambang pohon beringin itu memastikan meraih 102 kursi DPR RI.

Doli mengaku partainya bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberi kepercayaan pada partai yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto.

"Golkar berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Golkar. Alhamdulillah Golkar mantap pada perolehan 102 kursi DPR, naik 17 kursi dibandingkan perolehan Pemilu 2019," kata dia dalam keterangannya, Kamis (6/6/2024).

Doli menuturkan, dengan kenaikan kursi ini, menunjukkan rakyat menerima dan mendukung sikap Partai Golkar.

"Itu menunjukkan bahwa seluruh pandangan, sikap, kebijakan, dan langkah-langkah yang diambil Partai Golkar selama ini dapat diterima dan didukung rakyat Indonesia," ujarnya.

Plt Ketua DPD Partai Golkar Papua ini menambahkan, selain melejit di perolehan kursi DPR RI, Golkar juga menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di tingkat DPRD provinsi.

Perolehan kursi DPRD provinsi yang diraih di Pemilu 2024 naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 di Pemilu 2019.

"Bukan hanya perolehannya yang terbanyak, tapi juga menjadi partai yang memperoleh pimpinan DPRD terbanyak se-Indonesia," tegas Doli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raihan Golkar

Doli yang juga Ketua Komisi II DPR ini mengaku, partainya berhasil menempatkan kader menjadi ketua DPRD di 14 provinsi dari 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Selain itu, Golkar juga berhasil menempatkan 20 kadernya sebagai wakil ketua DPRD provinsi. Artinya, dari Golkar berhasil mengamankan posisi pimpinan DPRD di 34 provinsi dari 38 di seluruh Indonesia.

Raihan signifikan Partai Golkar di tingkat provinsi juga linier dengan perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota.

"Partai Golkar meraih 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota se-Indonesia," ujar Ahmad Doli.

 

3 dari 3 halaman

Menatap Pilkada

Waketum Golkar ini menambahkan, partainya berhasil mencatatkan kenaikan kursi sebanyak 99 kursi atau 4 persen dari perolehan di Pemilu 2019 sebanyak 2.422 kursi.

"Partai Golkar juga meraih kemenangan di 120 kabupaten/kota se-Indonesia, atau setara 23,7 persen dari 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pileg Kabupaten/Kota di 2024. Artinya otomatis Golkar memiliki 120 Ketua DPRD ditambah 220 wakil ketua DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia," tegas Doli.

"Mudah-mudahan pada Pilkada November besok, rakyat Indonesia kembali memberikan kepercayaan kepada kader-kader terbaik Golkar yang ikut menjadi calon (kepala daerah)," kata Doli menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat