uefau17.com

Mengenal Warung Kopi Purnama, Kedai Kopi Legendaris di Bandung Sejak 1930 - Regional

, Bandung - Bandung merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat yang cukup populer dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya kota ini dikelilingi oleh pegunungan dan memiliki pemandangan alam yang indah dan iklim yang sejuk.

Sejumlah tempat terutama pusat kota Bandung juga mempunyai desain yang ciamik sehingga nyaman untuk menikmati kota sambil berkeliling menggunakan kendaraan. Selain daya tarik wisatanya kota Bandung yang lebih dingin membuat tempat ini ideal untuk bersantai.

Bahkan setiap sudut di kota Bandung mudah dijumpai kedai kopi dengan desain tempat yang menarik. Kota ini juga memiliki budaya kopi yang kuat karena iklim yang sejuk menjadikan kota ini jauh lebih nikmat untuk menikmati secangkir kopi.

Kedai kopi yang tersebar di kota Bandung tidak hanya menyajikan kopi berkualitas tetapi juga menyimpan latar belakang yang menarik. Seperti salah satunya kedai kopi legendaris yang sudah berdiri sejak 1930 bernama “Warung Kopi Purnama”.

Tempatnya sendiri berlokasi di pinggir jalan dengan bangunan yang masih sederhana dan masih khas seperti jaman dulu. Saat ini warung kopinya sudah dikelola oleh beberapa generasi sang pemilik aslinya.

Lokasi kedai kopi ini juga berada di pusat kota Bandung tidak jauh dari lokasi wisata Alun-Alun Bandung. Tentunya kedai kopi ini termasuk dalam ikon heritage kota Bandung dan menjadi warung kopi tertua di Bandung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Warung Kopi Purnama

Melansir dari media sosial Instaramnya diceritakan bahwa Warung Kopi Purnama sudah lama dikenal sebagai tempat bercengkerama bergaya tempo dulu. Warung kopi ini bahkan termasuk dalam ikon heritage kota Bandung dan warung kopi tertua.

Diketahui warung kopinya pertama kali berdiri di tahun 1930 dengan menggunakan nama “Chang Chong Se (Silakan Mencoba!)”. Kemudian di tahun 1960-an seiring kebijakan pemerintah namanya berubah menjadi Warung Kopi Purnama.

Warung Kopi ini didirikan oleh Jong A Tong yang berasal dari kota Medan dan merantau ke kota Bandung pada awal abad ke-20. Saat ini warung kopinya sudah dikelola oleh generasi ke-4 dan masih populer sampai saat ini.

Warung Kopi Purnama juga menjadi kedai kopi tertua yang bertahan sampai saat ini karena masih menjaga dan mempertahankan resep aslinya. Kedai ini masih memiliki cita rasa, kualtas dan suasana bagunan hingga meja kursi yang asli dari jaman dahulu.

3 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute Warung Kopi Purnama

Warung Kopi Purnama berlokasi di pusat kota Bandung tepatnya berada di Jl. Alkateri No.22, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat dan masih mempertahankan resep serta bangunan khas zaman dahulu.

Kedai kopi ini mempunyai waktu buka setiap hari pada pukul 06.30 hingga 22.00 WIB dan dalam ulasan Google sudah meraih rating 4.6 dari total 7.271 pengguna. Pengunjung yang datang dari Alun-Alun Kota Bandung bisa menempuh jarak sekitar 350 meter atau 1 menit.

Para wisatawan juga bisa berjalan kaki dari Alun-Alun Bandung karena lokasinya yang tidak begitu jauh dan bisa ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Sementara untuk pengunjung yang datang dari stasiun Bandung bisa menempuh jarak 3,5 km.

Diketahui dari stasiun Bandung perjalanan yang akan ditempuh sekitar 12 menit menggunakan mobil jika perjalanan lancar. Kemudian wisatawan yang datang dari Bandara Udara Internasional Husein Sastranegara bisa menempuh jarak 6.2 km atau 17 menit perjalanan.

4 dari 4 halaman

Menu di Warung Kopi Purnama

Melansir dari beberapa sumber Warung Kopi Purnama terkenal dengan beragam menu kopinya. Mulai dari kopi susu panas, kopi hitam panas, kopi tubruk panas, hingga kopi susu tubruk panas.

Selain kopi tempat ini juga menyajikan menu minuman lainnya mulai dari teh, bandrek, cokelat, dan minuman segar lainnya. Selain minuman Warung Kopi Purnama juga menyediakan menu makanan yang menggugah selera.

Salah satu menu populernya adalah Roti Selai Srikaya yang nikmat disantap bersama kopi. Bahkan selai srikaya di tempat ini menggunakan selai buatan sendiri sehingga rasanya khas buatan Warung Kopi Purnama.

Kemudian terdapat juga menu makanan utama yang bisa mengenyangkan dari nasi, mie, kwetiau, roti manis, roti asin, hingga menu cemilan khas pisang goreng, bacang ayam, risoles, dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat