uefau17.com

Menjajal Kia EV6 GT-Line, Mobil Listrik Buas dari Korea Selatan yang Bisa Parkir Sendiri - Otomotif

, Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi memasarkan satu mobil listriknya, EV6 GT-Line akhir tahun lalu. Kendaraan ramah lingkungan asal Korea Selatan ini, dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, sebesar Rp 1,299 miliar on the road (OTR) DKI Jakarta.

Dengan banderol yang lebih mahal dibanding Toyota bZ4X, seberapa layak roda empat bertenaga baterai ini untuk dimiliki?

Menjawab pertanyaan tersebut, berkesempatan untuk membuktikan secara langsung, dengan mencoba langsung Kia EV6 GT-Line di gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023. Namun, pengetesan kali ini memang cukup singkat, hanya di sekitaran Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Tidak mewakili secara keseluruhan penggunaan sebenarnya, namun setidaknya kencan singkat yang dilakukan bisa memberikan gambaran, seberapa puas performa, kenyamanan, dan fitur yang ditawarkan Kia EV6 GT-Line ini.

Masuk ke ruang kabin, sensasi sebuah mobil mewah, dengan balutan desain yang modern terasa di kendaraan asal Negeri Ginseng ini. Joknya memiliki pengaturan elektrik, dan juga fitur pengingat, sehingga saat diduduki kembali ke posisi duduk terakhir.

Jok empuk, memeluk badan dengan sempurna, dan mencapai posisi paling nyaman untuk berkendara juga mudah, terlebih untuk yang memiliki tinggi badan sekitar 173 cm.

Ketika mobil listrik siap digunakan, tuas pengaturan gear dengan bentuk bulat, diputar ke D, semburan tenaga khas mobil listrik langsung terasa. Terlebih, saat mode berkendara dipindah ke sport. Tarikan torsi bawah mobil ini cukup bikin kaget pengendara, membuat kendaraan ini melesat cukup kencang.

Ya, mobil ini memiliki tiga model berkendara, eco, normal, dan sport. Seperti yang sudah dibahas, dengan model sport performa langsung meningkat tajam, sedangkan normal, bisa digunakan saat pemilik mobil menginginkan pengendaraan yang lebih santai, dan eco pastinya membuat efisiensi penggunaan baterai mobil ini lebih irit, dengan konsekuensi tenaga mobil ini sedikit lebih diredam.

Meskipun mampu melaju dengan kencang, mobil listrik tetaplah tidak memiliki suara. Tapi, Kia memberikan fitur suara mesin artifisial yang hanya akan terdengar oleh penghuni kabin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa Mobil Listrik Kia EV6 GT-Line

Di atas kertas, Kia EV6 GT-Line ini dibangun di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group. Mobil listrik ini dilengkapi dengan Dual Motor berpenggerak All Wheel Drive yang mampu menyalurkan tenaga hingga 320 Hp dan torsi 605 Nm.

Meskipun menggunakan platform yang sama dengan Hyundai Ioniq 5, Kia EV6 GT-Line ini memiliki karakter berbeda, layaknya sebuah mobil sport. Sedangkan, sang kakak, dengan karakteristik sebuah mobil keluarga.

Dibekali baterai berkapasitas 77,4 kWh dan arsitektur kelistrikan 800v, Kia EV6 GT-Line dapat terus melaju sejauh 506 km. Untuk pengisian daya baterai, dibutuhkan waktu 7 jam apabila menggunakan pengisian daya Wall Charger berarus AC dengan daya 11 kW.

Sementara jika menggunakan pengisian daya Fast Charging berarus DC dengan daya 50 kW, hanya membutuhkan waktu pengisian 73 menit dari 10 hingga 80 persen. Kia EV6 GT-Line juga dapat menggunakan pengisian DC Ultra-fast Charging berdaya 200kW ke atas untuk mengisi hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.

3 dari 4 halaman

Fitur Canggih Kia EV6 GT-Line

Tidak hanya menikmati performa Kia EV6 GT-Line ini, juga mencoba fitur canggih uggulan, yaitu Smart Parking Assist System. Sistem ini membantu pengemudi parkir secara otomatis.

Cara menggunakan fitur ini, adalah dengan dengan menakan tombol khusus di konsol tengah, kemudian pengendara harus melaju dengan pelan mendekat tempat parkir yang tersedia. Kemudian, tinggal mengikuti perintah yang muncul di head unit untuk memarkir mobil ini secara otomotis.

Tidak hanya saat berada di dalam kabin, saat pengemudi berada di luar juga menggunakan fitur ini, hanya dengan menekan tombol parkir di remote kunci, kendaraan listrik ini bisa parkir sendiri secara otomatis. Namun, kekurangannya adalah, tombol di remote kunci masih terlalu keras, sehingga saat menekan hingga parkir selesai tangan memang terasa pegal.

Selain itu, Kia EV6 GT Line juga memiliki ragam fitur canggih lain, seperti Safe Exit Assist (SEA), Surround View Monitor (SVM).

Dalam hal fitur kenyamanan, Kia EV6 GT-Line memiliki fitur Wide Sunroof yang dapat memberikan kesan lapang di bagian kabin, Ventilated & Heated Front Seats, Wireless Charging, hingga audio premium Meridian sebanyak 14 speaker.

Tidak hanya itu, mobil ini juga dibekali fitur Smart Cruise Control dengan Auto Stop & Go. Terdapat juga pedal shift, dan juga fitur Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind Spot View Monitoring, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist, Driver Attention Warning, dan High Beam Assist.

4 dari 4 halaman

Mobil Listrik Kia EV6 GT-Line Layak Dibeli?

Kencan singkat menggunakan Kia EV6 GT-Line ini memang tidaklah cukup. Selain area yang digunakan memang tidak memadai, dan belum merasakan sensasi jika mobil ini digunakan di kondisi lalu lintas yang sesungguhnya.

Namun, pengetesan ini sudahlah cukup, untuk membuktikan performa mobil listrik ini memang not play-play alias tidak main-main. Begitu juga fitur yang ada di mobil ini, juga sudah cukup memadai untuk membantu pengemudi saat berkendara, dan tentu saja menambah kenyamanan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Dengan harga Rp 1,299 miliar, bagi pengemudi yang ingin merasakan sensasi memiliki mobil listrik canggih dengan fitur berlimpah, bisa jadi pilihan. Atau, jika memang merasa mobil ini kemahalan, ada juga mobil lain dengan banderol yang lebih terjangkau yang bisa dipilih, tapi tentu saja dengan penawaran performa dan fitur yang berbeda dengan Kia EV6 GT-Line.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat