uefau17.com

Kia Carnival Facelift Resmi Meluncur, Harga Mulai dari Rp 900 Jutaan - Otomotif

, Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA) menghadirkan New Kia Carnival ke Tanah Air. Model ini merupakan generasi keempat Kia Carnival yang mendapat penyegaran pada eksterior dan interior secara signifikan.

Memanfaatkan acara roadshow 'Kia Movement to Discover' di Grand Atrium, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kia Carnival facelift diluncurkan pada Rabu (29/5/2024).

"Roadshow Kia Movement to Discover kali ini terasa sangat spesial, sebab pada kesempatan kali ini, Kia dengan bangga memperkenalkan dan meluncurkan The New Kia Carnival yang merupakan penyegaran dari Kia Carnival yang kini hadir dengan tampilan eksterior dan interior baru yang membuatnya tampil semakin sporty, namun tetap memancarkan aura kemewahan dari sebuah premium MPV," ucap Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.

MPV 11-seater ini menganut bahasa desain terbaru Kia yang lebih modern dan futuristis, yakni 'Opposites United'. Meninggalkan desain lawas yang telah diperkenalkan sejak ajang GIIAS 2021. Meski demikian, secara dimensi tak ada yang berubah.

Yang paling mencolok adalah ubahan pada fasia depannya. Desain lampu kotak konvensionalnya yang lama kini digantikan dengan identitas Kia yang identik dengan bilah berbentuk T vertikal yang diisi pula dengan sein High Beam Assist yang dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED. Identitas Tiger Nose Grille baru juga membantu mengubah total tampang Carnaval.

Pada buritan, Star Map Lamp juga turut hadir menggantikan desain konvensional bilah horizontal tebal yang akan mengakomodir stop lamp dan sein untuk bekerja bergantian.

The New Carnival kini tersedia dalam 3 pilihan varian, yakni Premiere 7-seater, Premiere 11-seater, serta Dynamic 11-seater.

Untuk Kia Carnival 11-seater akan mengadopsi pelek 18 inci, sementara pelek Kia Carnival 7-seater akan lebih besar dengan 19 inci.

Di balik kap mesinnya masih ada mesin Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2.200 cc CRDi yang mampu menghasilkan tenaga 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke dua roda depannya melalui transmisi otomatis 8-percepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peningkatan-Peningkatan Lain di Interior

Hadir sebagai MPV keluarga, tentunya fitur kecanggihan dan kenyamanan disematkan pada mobil ini. Contohnya fitur Smart Power Tailgate untuk mengakses bagasi tanpa perlu memencet tombol. Begitu juga pada bagian sliding door kanan dan kiri yang sudah disematkan fitur Smart Power Sliding Door.

Keamanan ADAS dan sederet fitur canggih juga akan memperhatikan keselamatan keluarga dan anak-anak hingga baris keempat.

Masuk ke dalam, peningkatan dialami pada bagian dashboard yang kini hadir dengan desain yang lebih mewah dan modern. Interiornya menggunakan bahasa desain yang sama dengan saudara listriknya, Kia EV6 dan Kia EV9.

Beberapa atribut juga dibawa dari EV9 dan EV6 untuk masuk ke dalam peminum diesel berbadan besar ini.

Seluruh varian trim akan mendapatkan Panoramic Curved Display yang dibawa dari EV9 untuk menempatkan layar kluster 12,3 inci dan infotainment 12,3 inci yang mendukung sambungan Apple CarPlay & Android Auto nirkabel.

Pengaturan air conditioning di baris kedua dan ketiganya dibawa dari Kia EV6, yang kini juga mengadopsi tombol pengaturan Infotainment & Climate Switchable Control.

Kursi pengemudi dan penumpang depannya kini mengadopsi fitur Electric Adjustable Seat bermemori yang dapat menyesuaikan personalisasi yang diatur sesuai kebiasaan pengguna. 

Pada jok baris kedua varian 7-seaternya juga akan dilengkapi fitur ventilated dan penghangat.

Sifat premium MPV tetap dipertahankan dengan Dual Wide Sunroof yang dapat dibuka penuh. Selain itu, fitur-fitur lainnya juga meliputi Wireless Charging, Digital Center Mirror, serta Side Manual Sunshade Curtain pada baris kedua dan ketiga.

Sementara varian atas Premiere hanya akan membedakan kenyamanan dan keselamatan di kamera 360 dan sistem audio 12 speaker Bose.

3 dari 5 halaman

Harga Kia Carnival Facelift Mulai dari Rp 960 Juta

Dengan bodi yang besar, Kia Carnifal facelift ini memiliki kapasitas tangki BBM yang besar pula, yakni 80 liter yang cocok untuk bepergian jarak jauh atau road trip bersama keluarga.

Dengan berbagai ubahan yang didapatkan dan ragam fitur baru yang ditawarkan, The New Kia Carnival kini dipasarkan dengan harga mulai Rp 960 jutaan. 

Dalam hal ini, Ario mengungkapkan bahwa dirinya berusaha menekan harga Carnival sebagai model impor langsung dari Korea Selatan untuk tetap berada di bawah Rp 1 miliar.

"Kita coba tahan harganya di bawah Rp 1 miliar, ya batas psikologis dari orang," katanya.

Mengenai perbedaan harga antara 7 dan 11-seater, Ario Soerjo menjelaskan bahwa ini sudah terjadi sejak awal, karena sebelumnya, 7-seater hanya dapat dipesan melalui order spesial.

Itu juga didukung oleh beberapa fitur tambahan yang akan di dapat untuk penyesuaian pemotongan baris keempat demi menambah kenyamanan.

"Ketika Carnival pre-facelift 11-seater itu harganya Rp 928 juta, itu yang 7-seater udah di Rp 1,05 miliar, selisihnya hampir Rp 130 juta. Perbedaannya kan yang pasti paling jelas adalah di spionnya, peleknya juga lebih besar," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Harga Lengkap The New Kia Carnival OTR Jakarta:

  • Kia Carnival Premiere 7-seater: Rp 1.155.000.000
  • Kia Carnival Premiere 11-seater: Rp 998.000.000
  • Kia Carnival Dynamic 11-seater: Rp 960.000.000
5 dari 5 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat