uefau17.com

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Bekas di Amerika Tembus Hampir Rp 1 Miliar - Otomotif

, Oklahoma - Jika membeli model baru Suzuki Jimny 5 pintu di Indonesia memerlukan biaya sekitar Rp 480 jutaan untuk serta membawa transmisi otomatisnya, di Amerika, dana yang harus dirogoh bisa mencapai nyaris Rp 1 miliar.

Sebenarnya, Suzuki telah menarik diri dari pasar Amerika sejak 2012. Namun, seorang pemilik dealer mobil bekas di Negara Bagian Oklahoma, Amerika Serikat, berhasil menjual Jimny 2024 yang mungkin berstatus legal.

Dikutip dari Carscoops, dealer tersebut adalah Exotic Motorsports of Oklahoma, yang telah berhasil mengakali dokumen legal negara bagian tersebut untuk menjual Jimny 5 pintu bertransmisi otomatis dengan kelir Sizzling Red yang masih kinyis-kinyis.

Jimny 2024 yang sampai di dealer Oklahoma itu memiliki odometer 7.572 km, yang ditembak dengan banderolan $US 54.995 atau setara Rp 905,5 juta, angka besar yang tercatat sebagai harga termahal untuk Jimny.

Di jalanan Amerika, seharusnya model tersebut tercatat ilegal karena tidak datang dari dealer resmi. Namun, dealer menyebutkan kendaraannya dijual lewat jalur konsinyasi, tapi itu tetap saja belum memenuhi persyaratan untuk menjadi legal, karena belum berusia 25 tahun.

Merujuk UU federal "Motor Vehicle Safety Compliance Act," menetapkan bahwa kendaraan dari luar negeri, termasuk yang diimpor dari negara lain ke Amerika Serikat, harus memenuhi standar keselamatan federal AS sebelum diizinkan untuk dijual dan digunakan di jalan raya.

Sementara kendaraan konsinyasi atau kendaraan baru dari luar negeri, hanya boleh diimpor setelah berusia 25 tahun karena kendaraan tersebut telah melewati periode waktu yang cukup untuk memastikan bahwa mereka tidak lagi memerlukan modifikasi signifikan untuk mematuhi standar keselamatan di Amerika Serikat.

Untuk mengakali legalitasnya, diduga Jimny dibuat legal dengan memanfaatkan celah dalam undang-undang negara bagian Oklahoma, yaitu Judul 42, yang memungkinkan individu untuk membuat dokumen catatan resmi atas barang seperti trailer komersial, kendaraan utilitas (SUV), perahu, dan banyak lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Panas di Indonesia

Jimny 5-pintu adalah mobil SUV ladder-frame yang cocok dengan habitat off-road. Meski memiliki output 100 tenaga kuda yang sederhana dan transmisi otomatis, ia memiliki fitur penggerak empat roda, gigi transfer jarak rendah, dan fungsi hill hold control yang membantu pengemudi saat memulai kendaraan dari posisi diam di tanjakan atau lereng curam.

Sosoknya juga sempat menggemparkan Indonesia di awal tahun saat peluncurannya di IIMS 2024, karena minat para penggemar kendaraan legendaris ini yang tinggi. Selain itu, namanya naik karena harganya digoreng sampai dikatrol naik tembus Rp 520 Juta.

Namun setelahnya, pihak Suzuki membenahi hal tersebut dan harga Jimny 5-pintu kini mulai di Rp 465 juta untuk OTR Jakarta.

Sementara untuk membeli model yang sama dengan sosok Jimny termahal yang dijual di AS tadi, dengan konfigurasi transmisi otomatis dan two tone, harganya di Rp 481,6 juta, selisih hampir dua kali lipat dengan harga yang ditawarkan untuk Jimny di dealer Oklahoma yang kelegalannya masih diragukan.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat