uefau17.com

Jemaah Haji Indonesia Kloter SUB 01 Jadi yang Pertama Pulang ke Tanah Air - News

, Jakarta - Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air dimulai hari ini, Sabtu (22/6/2024). Jemaah haji Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Surabaya (SUB 01) menjadi yang pertama dipulangkan ke Tanah Air.

Mereka diterbangkan melalui Bandara King Abdul Azis (KIA), Jeddah. Adapun pesawat jemaah kloter SUB 01 ini take off menuju Indonesia pada Sabtu pukul 03.15 dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

Anggota Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama (Kemenag) Widi Dwinanda mengungkapkan, selain SUB 01, jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) dengan 360 jemaah serta lima petugas juga kembali ke Tanah Air hari ini.

"Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah," kata Widi dalam keterangan tertulis, diterima Sabtu (22/06/2024).

14 Arama Haji Siap Sambut Jemaah

Widi menjelaskan, sejalan dengan kepulangan jemaah dari Tanah Suci, secara simultan 14 asrama haji di Indonesia telah menyiapkan layanan kedatangan para jemaah.

"Untuk layanan akomodasi, disiapkan kamar bagi jemaah haji yang tidak langsung pulang ke rumah (menunggu jemputan keluarga)," kata Widi.

Menurut Widi, jemaah haji yang tiba di Tanah Air juga bisa menginap selama satu malam di asrama haji apabila diperlukan. Jemaah, kata dia, juga akan mendapatkan cemilan atau snack selamat datang setibanya di asrama haji.

Dia menjelaskan, asrama haji juga menyiapkan bus untuk membawa jemaah dari bandara ke asrama haji, kendaraan truk untuk membawa koper bagasi jemaah haji, dan layanan ambulans dan minibus untuk membawa jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Siapkan Layanan Kesehatan di Tanah Air

Tak hanya itu, Widi menuturkan bahwa setiap asrama haji menyiapkan layanan kesehatan. Adapun pemeriksaan kesehatan yang tersedia meliputi pelayanan rawat jalan, pelayanan rawat darurat, pemeriksaan laboratorium, dan penunjang.

Lalu, juga terdapat pelayanan rujukan (disiapkan rumah sakit rujukan), pelayanan kekarantinaan kesehatan, penanganan jemaah haji wafat di pesawat, jalur fast track bagi jemaah lansia dan disabilitas, serta kursi roda.

"Setelah acara pelepasan jemaah haji pulang ke daerah masing-masing, selanjutnya dilakukan penyerahan paspor, penyerahan air zamzam kepada jemaah haji atau panitia haji dari daerah dan penjelasan dari bidang kesehatan terkait masa berlaku kartu kesehatan," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

20 Kloter Jemaah Haji Pulang Hari Ini

Secara keseluruhan, pada Sabtu (22/6/2024) ini, terdapat 20 kloter dengan jumlah 7.973 jemaah haji yang akan diterbangkan ke Tanah Air, dengan rincian sebagai berikut:

  1. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 jemaah/4 kloter;
  2. Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 450 jemaah/1 kloter;
  3. Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.226 jemaah/3 kloter;
  4. Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah/1 kloter;
  5. Embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 jemaah/ 1 kloter;
  6. Embarkasi Jakarta Bekasi; (JKS) sebanyak 880 jemaah/ 2 kloter;
  7. Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah/1 kloter;
  8. Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 jemaah/2 kloter;
  9. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 jemaah/4 kloter; dan
  10. Embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 450 jemaah/1 kloter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat