uefau17.com

Sidang Praperadilan Lawan Media Inggris Memanas, Pangeran Harry Dituding Sengaja Hancurkan Bukti - Lifestyle

, Jakarta - Sidang kasus dugaan pengumpulan informasi ilegal di Pengadilan Tinggi Inggris memanas. Dalam persidangan, pihak penerbit surat kabar The Sun, News Group Newspaper (NGN) menuduh Pangeran Harry 'sengaja menghancurkan' bukti kasus tersebut.

Mengutip Hello Magazine, Jumat (28/6/2024), pihak penerbit ingin menghadirkan rilis tertulis, pesan WhatsApp, dan email yang dipertukarkan antara Duke of Sussex dengan sekretaris pribadi Raja Charles III, Sir Clive Alderton' penjaga Privy Seal, Sir Michael Stevens; dan penulis memoarnya, JR Moehringer, sebagai bukti

Perwakilan NGN menyebut bahwa pihak kerajaan dan JR berkomunikasi melalui Signal terkait buku memoar Harry berjudul Spare. Tapi, riwayat obrolan mereka dihapus sebelum buku itu diterbitkan pada Januari 2023.

Alamat Hotmail yang pernah digunakan Harry pada 2014 juga sudah tidak bisa diakses lagi. Dua akun email telah dicari untuk 55 istilah kunci yang diminta NGN. Anthony Hudson KC yang mewakili publikasi itu mengklaim Harry dan tim hukumnya 'mencoba menciptakan hambatan'.

Dalam sidang praperadilan, ia mengatakan, "Harus ada bukti yang tepat mengenai hal ini. Pesan-pesan itu jelas berada dalam kendalinya, bahkan jika pesan tersebut telah dihapus. Itu sebabnya kami mengatakan pencarian teks dan WhatsApp adalah hal yang penting."

"Saya khawatir, ini adalah contoh lain dari kebingungan sehubungan dengan kasus penggugat. Menurut kami, sangat mengejutkan dan luar biasa bahwa penggugat dengan sengaja menghancurkan..."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reaksi Kubu Pangeran Harry

Pernyataan Hudson kemudian disela oleh Hakim Justice Fancourt yang mengatakan 'tidak jelas' dengan apa yang terjadi dengan pesan-pesan itu. Pengacara Harry, David Sherbone, juga menuding permintaan menghadirkan bukti itu hanyalah 'pancingan.'

Menanggapi Hudson, Sherborne mengatakan klaim bahwa Duke "menyeret kakinya, harus diseret sambil menendang dan berteriak, telah menyiapkan semacam rintangan" adalah tidak benar. Dia menambahkan bahwa hanya 'sedikit' dari 35.000 email yang dicari 'relevan' dengan kasus tersebut.

Persidangan tersebut terjadi setelah Harry dan 40 orang lainnya menggugat NGN atas dugaan pengumpulan informasi yang melanggar hukum dan pelanggaran privasi. Tanggal persidangan untuk kasus ini telah ditetapkan pada Januari 2025.

Kasus ini telah berkecamuk selama beberapa bulan dan Duke mengalami pasang surut dalam perjalanan hukumnya. Bulan lalu, Hakim Fancourt menolak tuntutan baru terhadap mantan pemilik grup tersebut, Rupert Murdoch, dengan mengatakan bahwa mereka menambahkan 'tidak ada yang material', namun mengatakan beberapa amandemen lain dapat dilakukan.

 

 

3 dari 4 halaman

Kasus Gugatan Hukum Lain yang Diajukan Harry

Itu bukan satu-satunya gugatan hukum yang diajukan Harry terhadap sejumlah media Inggris. Pada Senin, 27 Maret 2023, Harry tampil di Pengadilan Tinggi untuk menghadiri sidang gugatan terhadap Associated Newspapers Ltd (ANL), penerbit Daily Mail dan Mail on Sunday, dengan dugaan pengumpulan informasi ilegal.

Dikutip dari People, Selasa, 28 Maret 2023, Pangeran Harry yang mengenakan jas dan dasi, melambai saat dia berjalan masuk ke gedung pengadilan. Sidang empat hari tersebutmempertimbangkan argumen hukum dari kedua belah pihak dan diakhiri dengan keputusan hakim tentang apakah kasus tersebut harus dibawa ke pengadilan. ANL berpendapat bahwa kasus tersebut harus dihentikan.

Pangeran Harry dan pesohor terkemuka lainnya, termasuk Elton John, suami penyanyi David Furnish, Elizabeth Hurley, anggota Parlemen Doreen Lawrence dan mantan istri Jude Law, Sadie Frost, menggugat ANL. Ketika kasus itu diumumkan pada Oktober 2022, pengacara Pangeran Harry mengklaim bahwa ia termasuk di antara beberapa individu yang "menyadari bukti yang meyakinkan dan sangat menyedihkan bahwa mereka telah menjadi korban aktivitas kriminal yang menjijikkan dan pelanggaran privasi yang parah oleh Associated Newspapers."

4 dari 4 halaman

Tudingan Praktik Pengumpulan Informasi Ilegal

Para penggugat menuduh dalam gugatan mereka bahwa praktik yang melanggar hukum termasuk penempatan alat pendengar di mobil dan rumah mereka oleh penyelidik swasta, perekaman panggilan telepon pribadi secara diam-diam, dan pembayaran polisi "dengan link korup ke penyelidik swasta" untuk informasi sensitif.

Metode ilegal lain yang digunakan adalah peniruan identitas ke memperoleh informasi medis dari rumah sakit dan fasilitas perawatan dan manipulasi ilegal untuk mengakses rekening bank, riwayat kredit, dan transaksi keuangan lainnya. ANL menyangkal tuduhan tersebut, menyebut mereka "fitnah yang tidak masuk akal," lapor BBC.

Salah satu pengacara ANL, Adrian Beltrami, mengatakan dalam pengajuan bahwa setiap penggugat perlu menunjukkan bahwa mereka tidak tahu, atau tidak dapat menemukan sebelumnya, bahwa mereka mungkin dapat mengajukan klaim terhadap ANL atas dugaan penyalahgunaan informasi pribadi mereka.

"Para penggugat telah gagal untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki prospek nyata untuk melepaskan beban mereka di persidangan dan pengadilan tidak boleh ragu untuk menolak klaim basi ini pada tahap awal, sehingga menghindari pemborosan waktu, biaya, dan kerugian sumber daya pengadilan yang besar," PA mengutip kata-kata Beltrami.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat