uefau17.com

Gaya Hidup Sederhana Putri Aiko dari Jepang Jadi Sorotan, Setia Pakai Tumbler Rp80 Ribuan Sejak SMP - Lifestyle

, Jakarta - Mengesankan enggan hidup bermewah-mewah, Putri Aiko, anak tunggal Kaisar Jepang Naruhito, diketahui masih menggunakan botol air yang dibelinya saat SMP. Sikap berhemat sang putri jadi perbincangan hangat di Jepang.

Majalah bulanan Jepang Women melaporkan bahwa bangsawan berusiaa 23 tahun itu telah menggunakan botol air minum yang dibeli seharga 800 yen (sekitar Rp83 ribu) selama 10 tahun. Tumbler Putri Aiko diketahui bergambar anjing pemandu, menurut mk.co.kr, dikutip Kamis, 25 April 2024.

Saat menghadiri acara di bekas kampusnya, Universitas Gakushuin, baru-baru ini, Aiko dilaporkan jadi orang pertama yang mengunjungi stan seputar anjing pemandu yang dikelola iMate, organisasi yang melatih anjing pemandu untuk membantu tunanetra jadi mandiri. iMate menjual produk amal, dan 10 tahun lalu, Putri Aiko membeli tumbler seharga 800 yen di sini. 

Saat penanggung jawab memperkenalkan produk amal baru di tempat tersebut, sang putri mengeluarkan botol air minum ini dari tasnya. Aiko mengobrol dengan orang yang bertanggung jawab di stan untuk beberapa waktu, meski ada isyarat dari temannya untuk pergi ke tempat lain setelah menyumbang ke kotak donasi.

Putri Aiko telah bekerja sebagai pegawai Palang Merah Jepang di Daerah Minato, Tokyo, sejak bulan ini. Putri Kaisar Naruhito itu disebut-sebut sangat antusias mengerjakan segala macam pekerjaan, seperti membersihkan tong sampah dan menjawab telepon.

Setelah bergabung dengan perusahaan tersebut, melalui kantor istana, ia menyampaikan, "Sepele, tapi saya berharap bisa membantu orang lain dan masyarakat meski sedikit."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kerja di Palang Merah Jepang

Kendati sudah bekerja, Putri Aiko akan tetap melanjutkan tugas resminya di keluarga kekaisaran, lapor kanal Global , 23 Januari 2024. Ia tidak termasuk dalam garis suksesi karena hukum Jepang hanya mengizinkan laki-laki untuk naik takhta.

Melansir BBC, Aiko mengatakan bahwa ia "selalu mempunyai ketertarikan" pada Palang Merah. Saat itu, badan tersebut berkomentar, mereka ingin "melakukan persiapan secara menyeluruh sehingga sang putri dapat bekerja dengan nyaman."

Organisasi ini berhubungan dekat dengan keluarga kekaisaran, dengan permaisuri sebelumnya menjabat sebagai presiden kehormatan. Pada Oktober 2023, Aiko sempat mengunjungi Palang Merah Jepang bersama orangtuanya untuk mengamati pameran kegiatan bantuan setelah gempa Tokyo pada 1923.

Dalam beberapa tahun terakhir, ia juga menyampaikan simpatinya pada para korban dan penyintas bencana alam di Jepang. Secara umum, sang putri dihormati masyarakat Negeri Sakura. Banyak dari mereka menyambut baik peran barunya di organisasi Palang Merah negara itu.

Seiring pekerjaan barunya, keluarga kekaisaran Jepang akhirnya memiliki akun Instagram resmi, @kunaicho_jp, sejak Senin, 1 April 2024. Saluran itu dibuat dengan harapan bisa menghilangkan citra isolasi dan menjangkau generasi muda di media sosial.

3 dari 4 halaman

Punya Akun Instagram

Mengutip AP, 2 April 2024, Badan Rumah Tangga Kekaisaran, sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas urusan keluarga, mengunggah 60 foto dan lima video yang menunjukkan penampilan publik Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako selama tiga bulan terakhir. Institusi itu ingin masyarakat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang tugas resmi keluarga bangsawan Jepang.

Instagram dipilih karena popularitasnya di kalangan anak muda. Hingga Selasa siang, akun terverifikasi itu sudah mengumpulkan lebih dari 450 ribu pengikut. Meski berharap dianggap lebih terbuka, akun tersebut tidak membuka kolom komentar. Warganet hanya bisa menekan tombol "suka."

Foto pertama yang dipublikasikan adalah potret Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako duduk di sofa bersama putri mereka yang berusia 22 tahun, Putri Aiko. Semuanya tersenyum saat merayakan Tahun Baru. Unggahan lain mencakup pertemuan pasangan Kekaisaran dengan pejabat asing, termasuk Putra Mahkota Brunei Haji Al-Muhtadee Billah beserta istrinya.

Akun media sosial pertama keluarga Kekaisaran Jepang adalah di X, sebelumnya Twitter. Mereka bergabung pada 2009. Saat itu, ayah Naruhito, Kaisar Emiritus Akihito, dan istrinya sangat populer pada masanya.

4 dari 4 halaman

Reaksi Warga Jepang

Video Kaisar Naruhito yang menyapa warga saat perayaan ulang tahunnya pada 23 Februari 2024 bahkan telah ditonton lebih dari 21 ribu kali dalam waktu kurang dari sehari. Sejauh ini, foto-foto tersebut hanya sebatas tugas resmi keluarga dan tidak menyertakan momen pribadi. Badan tersebut mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menambahkan aktivitas anggota kerajaan lain.

Kehadiran akun Instagram itu ditanggapi positif oleh warga Jepang. "Senang sekali kami bisa melihat sedikit aktivitas mereka karena kami tidak tahu apa yang mereka lakukan," kata Koki Yoneura, mahasiswa berusia 21 tahun. "Mereka juga terlihat lebih dekat dengan kita."

Yukino Yoshiura, yang juga seorang pelajar, mengaku sangat senang melihat lebih banyak unggahan tentang Putri Aiko. "Aiko-sama hampir seusia kami dan baru saja lulus dari universitas, jadi saya sangat senang bisa melihat fotonya," katanya sambil memanggil sang putri dengan sebutan hormat "sama." Meski begitu, keduanya mengaku tidak berencana mengikuti akun Instagram keluarga kerajaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat