uefau17.com

24 Pebasket Muda Terpilih Jadi DBL Indonesia All-Star 2024, Ada yang Pecahkan Rekor Hat-trick - Bola

, Jakarta- Kopi Good Day DBL Camp 2024 berakhir pada Minggu 28 April 2024 dengan ditandai pengumuman 24 pemain yang terpilih menjadi DBL Indonesia All-Star 2024. Mereka akan berangkat ke Amerika Serikat untuk bertanding dan menimba ilmu bola basket.

Pemilihan DBL Indonesia All-Star 2024 melalui proses yang panjang dan ketat. Sebanyak 220 pebasket SMA terbaik dari berbagai daerah yang terdiri dari 110 putra dan 110 putri bersaing dan berlatih selama enam hari di Jakarta. Mereka digembleng tim pelatih dari Australia dan DBL Academy,

Ke-220 pemain yang masuk DBL Camp ini merupakan pemain terbaik yang diseleksi secara ketat dari 31 kota 23 provinsi penyelenggaran satu musim liga basket pelajar terbesar Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 yang baru rampung Februari lalu.

Dari 220 pemain yang ikut DBL Camp, hanya 12 pemain putra dan 12 putri yang berhak menjadi DBL Indonesia All-Star setelah berjuang melalui latihan fisik, fundamental, strategi permainan, serta teknik bertahan dan menyerang. Mereka akan berangkat ke Amerika Serikat pada bulan Juli mendatang.

"Memilih DBL Indonesia All-Star selalu menjadi klimaks dari perjalanan yang panjang. Kita menjalankan kompetisinya hampir dari seluruh Indonesia dari Aceh sampai Papua. Kita melihat kompetisinya, melihat pemain-pemainnya. Dari puluhan ribu menjadi ratusan. Datang ke Camp, kita pilih lagi mengerucut-mengerucut hingga 12 putra dan 12 putri," ujar CEO DBL Indonesia, Azrul Ananda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemerataan Asal Daerah DBL Indonesia All-Star 2024

Azrul senang melihat komposisi pemain yang terpilih masuk ke DBL Indonesia All-Star 2024 karena merata tak cuma dari Pulau Jawa. Untuk pertama kalinya ada pelajar dari Biak (Papua) yang lolos serta banyak All-Star dari Pulau Kalimantan. Azrul berharap DBL bisa terus melanjutkan tradisi mencetak pebasket nasional untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Endingnya selalu satu lega, dua bangga. Kita selalu penasaran siapa nih yang jadi kejutan tahun ini. Ada kota yang belum terpilih bisa terpilih atau tidak. Akhirnya tahun ini ada dari Biak yang terpilih. Dari Kalimantan ada banyak yang terpilih. Biasanya agak susah mencari dari Kalimantan. Kini sekarang merata. Dan tinggi-tinggi semua. Dulu pertama bikin cari yang tinggi susah," lanjut Azrul.

"Dari pengalaman bikin event All-Star selama 15 tahun hampir semuanya akan jadi pemain top. Medali emas SEA Games putri, 8 dari 12 pemainnya dari sini. Kemudian mayoritas pemain di IBL adalah jebolan DBL. Timnas putra juga sama. Kami bangga bisa menjadi panggung buat anak-anak di seluruh Indonesia tampil dan menemukan jalan menuju karier profesional serta prestasi bagi timnas Indonesia."

3 dari 4 halaman

Hat-trick Cliffton Wijaya

Cliffton Wijaya dari SMA St Louis 1 Surabaya menorehkan sejarah baru di sektor putra. Cliffton menjadi pemain pertama yang hat-trick terpilih masuk DBL Indonesia All-Star. Dia sebelumnya sudah merasakan berangkat ke Los Angeles dan Chicago.

"Puji Tuhan Cliffton bisa mendapat kesempatan lagi. Terima kasih DBL sudah menyediakan platform bagi kita-kita semua anak SMA. Perjuangan setiap tahunnya berat. Punya ciri khas masing-masing. Cliffton harus bisa mengikuti mereka dan beradaptasi," tutur Cliffton.

Selalu terpilih di tiga kesempatan ikut DBL Camp merupakan pencapaian luar biasa. Sebelumnya baru ada satu orang yang sukses melakukan hat-trick tapi di sektor putri. Untuk pemain putra, baru Cliffton yang mampu melakukannya.

DBL All-Star tak cuma memberangkatkan 12 pemain putra dan putri, tetapi juga empat pelatih ke Amerika Serikat. Rinciannya dua pelatih tim putra dan dua pelatih dari tim putri. Yang beruntung tahun ini adalah Ricky Lesmana dan Agung Indra (pelatih tim putra). Sedangkan pelatih tim putri ada Risdianto Roeslan dan Bisma Sabda.

4 dari 4 halaman

Daftar DBL Indonesia All-Star 2024

Putra

1. Zihad Visabililah - SMA BPK Penabur Cirebon

2. Tan Evan Roos - SMA Trinitas Bandung

3. Gerald Haikal Nababan - SMAN 5 Balikpapan

4. Cliffton Wijaya - SMA St Louis 1 Surabaya

5. Kennie Elbert Kristanto - SMA Gloria 1 Surabaya

6. I Ketut Gede Bayu Prayoga Putra - SMAN 1 Denpasar

7. Richie Bertrand Linardi - SMA Gloria 1 Surabaya

8. I Nyoman Aldo Dharma Yudha - SMAN 1 Denpasar

9. Justin Patrick Alex - SMA St Louis 1 Surabaya (MVP)

10. Halmaheranno Aprianto Lolaru Hady - SMK Kolese Santo Mikael Surakarta

11. Elang Satria Rajendra Dewanto - SMAN 2 Surabaya

12. Jacob Marthen Swandiwe Rumbino - SMA YPK 2 Biak

Putri

1. Nelvina Sally Utomo - SMA Petra 1 Surabaya

2. Komang Mariani Puteri Sekar Sari - SMA Gloria 1 Surabaya

3. Berlian Yesi Triutari - SMA BPK Penabur Cirebon

4. Anggita Yuliani Putri - SMA BPK Penabur Cirebon

5. Valencia Callistan - SMA Methodist 2 Medan

6. Ni Kadek Winda Sandia Kanita - SMAN 1 Gianyar

7. Yualita Rency Novian - SMA Trimulia Bandung

8. Samantha Wong - SMA Trimulia Bandung

9. Nathania Nicole Sasongko - SMA Gloria 1 Surabaya

10. Keira Ammabel Hadinoto - SMAN 70 Jakarta

11. Praisey Blessed - SMA BPK Penabur Cirebon (MVP)

12. Carlene Orell Gunawan - UPH College Tangerang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat