uefau17.com

3 Resep Kreasi Donat Kentang ala Rumahan, Kenyal-Kenyal Ngangenin - Lifestyle

, Jakarta - Donat jadi salah satu camilan yang digemari masyarakat Indonesia. Bentuknya praktis, rasanya bisa divariasikan dengan berbagai topping, hingga bahannya juga bisa memanfaatkan karbohidrat yang ada di sekitar membuat donat camilan yang fleksibel.

Dari berbagai macam donat, donat kentang jadi varian yang tak pernah habis masanya. Terlebih, kentang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan utama kentang adalah karbohidrat dan direkomendasikan sebagai salah satu alternatif pengganti nasi.

Kentang juga mengandung vitamin A, B kompleks, C, hingga asam folat. Ada pula antioksidan yang membuat kentang bisa membantu memperlambang proses penuaan, baik fisik maupun mental.

Kandungan antioksidan tertinggi terdapat pada kulit dan daging kentang, menurut Real Simple pada Selasa, 4 Desember 2023. Alih-alih membeli, Anda bisa mencoba membuat sendiri di rumah dengan beberapa resep praktis berikut, dikutip dari Cookpad, Senin, 22 April 2024.

Donat Kentang Oatmeal

Resep kreasi @Dapurdefa ini memerlukan bahan-bahan:

250 gram tepung terigu protein tinggi

30 gram oatmeal, blender halus

30 gram kentang kukus, haluskan dengan garpu

3 gram ragi instan

200 ml susu cair plain

30 gram margarin/butter

40 gram gula pasir

1 sdt garam halus

1 butir telur

Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Taburan:

100 gram gula dekstrosa

30 gram susu bubuk full cream

 

Cara pembuatan:

  1. Campur susu cair, gula, margarin dan garam di dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk hingga margarin meleleh. Tambahan telur yang telah dikocok lepas ke dalam larutan susu. Aduk cepat hingga semuanya tercampur rata. Matikan api dan biarkan susu hingga hangat.
  2. Campur tepung terigu, kentang, oatmeal, dan ragi instan dalam baskom. Aduk rata. Tuangkan larutan susu hangat ke dalam tepung terigu sedikit-demi sedikit. Aduk dengan spatula hingga tepung menggumpal rata menjadi adonan.
  3. Tutup adonan donat dan biarkan dalam susu ruang selama 1,5--2 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.
  4. Kempiskan adonan dengan ditinju ringan. Potong-potong dan timbang adonan seberat 40 gram. Bulatkan adonan/rounding
  5. Ambil satu bulatan adonan, letakkan pada kertas minyak yang telah ditaburi tepung terigu. Pipihkan adonan dengan cara ditekan menggunakan benda datar seperti scrapper. Buat lubang di tengah, bisa menggunakan spuit yang telah dicelupkan ke tepung terigu. Diamkan adonan donat yang telah dibentuk selama 30 menit hingga mengembang dan membal jika ditekan.
  6. Panaskan minyak goreng dengan api sedang cenderung kecil. Masukkan donat. Goreng satu sisi hingga kecoklatan baru dibalik sisi sebaliknya. Goreng hingga matang kecoklatan dan tiriskan.
  7. Campur susu bubuk dan gula dekstrosa hingga rata. Gulingkan donat ke dalam campuran gula hingga terbaluri dengan rata. Donat siap disantap.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donat Kentang Lembut

Resep kreasi @eviecookingchanel ini memerlukan bahan-bahan:

700 gram tepung terigu protein tinggi

300 gram kentang kukus, haluskan

120 gram gula pasir

14 gram ragi instan

340 ml (air + 2 kuning telur)

120 gram margarin

1/2 sdt garam

30 gram susu bubuk

Taburan:

Gula halus secukupnya atau krim butter dan meises

 

Cara Pembuatan:

  1. Masukkan semua bahan jadi satu, mixer hingga kalis. Diamkan selama 20 menit.
  2. Timbang adonan seberat 40 gram kemudian rounding atau bulatkan. Taruh di atas loyang yang ditaburi tepung terigu. Lakukan sampai adonan habis.
  3. Ambil adonan, celup ke tepung terigu dan pipihkan. Kemudian, lubangi tengahnya dengan spuit. Alasi dengan kertas roti. Diamkan adonan 1 jam hingga mengembang dan tutup dengan plastik.
  4. Setelah 1 jam, buka plastik dan anginkan sebelum digoreng. 
  5. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng donat hingga matang. Tiriskan.
  6. Setelah dingin, donat bisa ditaburi gula halus atau dioles butter krim dan taburi meises.
3 dari 3 halaman

Donat Kentang Fluffy

Resep kreasi @rhienie_kitchen ini membutuhkan bahan-bahan:

150 gram tepung terigu protein tinggi

100 gram tepung terigu protein sedang

40 gram gula pasir

100 gram kentang kukus, dihaluskan (berat setelah dikukus)

1 sdm susu bubuk

1 butir telur

40 gram mentega suhu ruang

1/4 sdt garam halus

Bahan biang:

1 sdt ragi instant

1 sdt gula pasir

75 ml air hangat

Taburan:

Gula halus 

 

Cara pembuatan:

  1. Buat biang, siapkan mangkuk masukkan ragi dan gula lalu tuangi air hangat, diamkan 10 menit atau sampai timbul gelembung-gelembung. Siapkan wadah masukkan terigu, susu bubuk, kentang, gula dan telur. Tuang bahan biang, aduk rata.
  2. Uleni sampai setengah kalis, masukkan mentega dan garam.
  3. Bulatkan di wadah, tutup dengan plastik wrap atau kain bersih. Biarkan sampai mengembang dua kali lipat dari ukuran sebelumnya, sekitar 40 menit.
  4. Bila sudah mengembang, kempeskan. Pindahkan ke meja alasi dengan kertas baking atau silmat. Jangan lupa tangan diusap ke dalam terigu dulu, timbang 50 g per bulatan. Bulatkan. Alasi tempat dengan terigu, taruh bulatan adonan di atasnya agar mudah dipindah saat mau digoreng.
  5. Pindahkan ke dalam wadah, tutup pakai kain lembab, atau taruh di wadah kedap udara. Diamkan kurang lebih 20 menit atau sampai mengembang lagi. Hati-hati over profing. Jika over profing, donat akan mengembang bagus saat digoreng, tapi sesaat setelah dikeluarkan dari penggorengan akan keriput kulitnya.
  6. Lubangi tengahnya, bisa pakai spuit. Langsung goreng. Urutkan gorengnya dari yang dibentuk pertama agar tidak over-proofing.
  7. Angkat donat beserta kertas baking-nya. Lepas donat dari kertas baking, lalu masukkan ke dalam minyak. Jika bagian bawah sudah kecokelatan, boleh di balik ya. Sekali balik saja, agar keluar white ring-nya.
  8. Sajikan. Silakan diberi topping sesuai selera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat