uefau17.com

Pedangdut Putri Isnari Resmi Menikah dengan Mahar Sederhana, Kontras dari Uang Panai Sebesar Rp2 Miliar - Lifestyle

, Jakarta - Pedangdut Putri Isnari resmi dipinang seorang pengusaha batu bara asal Kalimantan Timur, Abdul Aziz. Akad nikah yang berlangsung di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan, ini disiarkan secara langsung di kanal YouTube penyanyi jebolan Dangdut Academy tersebut, Sabtu (20/4/2024).

Siaran dimulai dengan pembawa acara, Irfan Hakim, mempersilakan rombongan mempelai pria memasuki tempat acara diiringi tarian tradisional. Kendati berlangsung di Kaltim, keseluruhan event mengusung adat Bugis sebagai penghormatan pada daerah asal Putri. 

Setelah menyerahkan hantaran secara simbolis, acara bergerak ke intinya, yakni prosesi ijab kabul. Putri tidak berada di sisi kekasih hatinya saat itu. Ia meminta izin menikah dari ruangan berbeda. Kakak Putri, karena ayahnya sudah tiada, jadi orang yang menikahkan pasangan ini.

"Saya terima nikahnya Hj. Putri Isnari binti Syamsudin almarhum dengan maskawin Rp204 ribu dibayar tunai," sebut Aziz dalam satu tarikan napas. Saksi pernikahan pun menyatakan pernikahan mereka "sah." Pengantin pria kemudian beranjak menjemput Putri, dan keduanya masuk ke lokasi acara.

Mereka tampak serasi mengenakan busana pengantin adat Bugis dalam warna putih dan emas, yang direpresentasi sejumlah aksesori. Saat ditanya perasaannya oleh Irfan, Putri menjawab, "Deg-degan, tapi Alhamdulillah sudah lega, karena sudah dipersunting kekasih hati yang paling saya cintai. Masya Allah, luar biasa."

Setelahnya, giliran Abdul Aziz yang berbicara, "Istriku, Alhamdulillah kita sudah selesai akad, dan sah. Semoga kita bisa menjalin rumah tangga yang damai, sakinah mawadah warahmah. Dilingungi Allah, dijaga Allah, dan diridai Allah. Rukun selamanya." Rangkaian acara pernikahan mereka akan berlanjut ke resepsi pada Sabtu malam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busana Pengantin Bugis

Serba adat Bugis, Abdul Aziz terlihat memakai songkok recca. Itu merupakan hiasan kepala khas Bugis yang terbuat dari anyaman rotan, serta benang sutera yang biasanya berwarna emas, rangkum Bridestory. Benang emasnya menjelujur mulai dari pinggiran songkok hingga ke bagian atasnya, membuat tampilan pengantin pria Bugis Makassar berwibawa.

Serasi dengan suaminya, Putri Isnari memakai aksesori khas pengantin perempuan Bugis, yakni saloko pinang goyang yang ditata di kepala layaknya mahkota. Hiasan ini umumnya terbuat dari logam untuk melambangkan penghargaan terhadap pengantin perempuan.

Menyempurnakan tampilan mahkota pengantin perempuan, bagian rambutnya dihiasi simpolong teppong, semacam sanggul di bagian belakang kepala. Tidak ketinggalan, Putri juga memakai riasan dadasa di bagian kening serupa siluet bunga teratai yang melambangkan kesucian.

Kian menawan, Putri juga mengenakan rangkaian gelang yang sebenarnya berbentuk tabung secara tradisional,  berdiameter enam sentimeter, dan terbuat dari logam kuningan. Sebagai pelengkap, ia juga memakai sepasang anting serasi.

3 dari 4 halaman

Lamaran sampai Mapacci

Mengutip kanal Showbiz , 25 Januari 2024, proses lamaran pasangan Putri dan Aziz telah berlangsung pada awal tahun 2024. Keluarga calon suami telah memberi uang panai, bagian dari acara adat Bugis sebagai penghormatan pada calon mempelai perempuan, yang jumlahnya mencapai Rp2 miliar.

"Sesuai janji kita, kita akan menghantarkan uang sebesar Rp2 miliar. Semoga berkah apa yang kita harapkan, bahagia dunia akhirat," kata salah seorang perwakilan keluarga Azis yang disampaikan bersama unggahan video di Instagram @palembangterekam.

Setelah prosesi lamaran hingga prewedding yang unik, Putri mengikuti pengajian. Ia juga telah melalui malam mappacci. Ini merupakan salah satu ritual yang umum dilakukan dalam pernikahan adat Bugis, rangkum kanal Citizen , Jumat, 19 April 2024.

Upacara adat penyucian ini bertujuan membersihkan calon pengantin dari hal-hal buruk. Prosesinya diawali dengan mapasili, khatam Al-Qur'an, barasanji, dan dilanjutkan dengan mapacci. Dalam pelaksanaannya, prosesi malam mapacci dilakukan dengan mengambil sedikit daun pacci yang telah dihaluskan, kemudian diletakkan di tangan calon mempelai sambil didoakan.

4 dari 4 halaman

Pengajian dan Siraman

Sebelumnya, Putri Isnari menggelar acara pengajian dan siraman di kediamannya pada Rabu, 17 April 2024. Acara sarat khidmat itu dihadiri keluarga besar dan kerabat dekat. Momen yang jadi rangkaian proses pernikahan itu berlangsung penuh haru dan bahagia.

Di momen pengajian, pedangdut jebolan D'Academy itu membagikan potretnya saat acara berlangsung. Ia tampil menawan memakai busana serba hijau yang serasi dengan dekorasi ruangan.

Putri terlihat khusyuk saat pembacaan doa, didampingi keluarga besarnya yang juga berbusana hijau. Di prosesi tersebut, ia meminta izin pada keluarga dan berharap pernikahannya berlangsung dengan lancar.

Untuk pengajian pra nikah, Putri melengkapi tampilan dengan gaya rambut sleek up-do, sementara wajahnya dipoles riasan natural dalam tone hangat. Usai pengajian, Putri menjalani prosesi siraman.

Sebelum itu, pedangdut yang kerap menyanyikan ulang lagu India itu telah melakukan sungkeman. Di momen itu, Putri sampai tidak kuasa menahan air matanya, sebagaimana calon pengantin lain. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat