uefau17.com

Java Jazz Festival 2024 Digelar 3 Hari di JIExpo Kemayoran, Diharapkan Jaring Lebih Banyak Wisman - Lifestyle

, Jakarta - Java Jazz Festival 2024 akan digelar pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran. Festival musik jazz terbesar di Tanah Air tersebut didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, setidaknya 15 persen wisatawan mancanegara (wisman) menonton acara tersebut dari tahun ke tahun, berdasarkan kajian Kemenparekraf. Hal itu menandakan event merupakan roda utama untuk menggerakkan beragam sektor parekraf, termasuk perhotelan.

"Tahun lalu kita telah saksikan kolaborasi yang apik antara Accor dan Java Jazz. Kerja sama ini merupakan dukungan kepada tiga subsektor kreatif, yaitu musik, kuliner dan fesyen," sebut Sandiaga dalam konferensi pers yang diadakan di daerah Jakarta Barat, Senin, 22 April 2024.

Lewat kolaborasi berbagai pihak, ia optimistis target 17 juta kunjungan wisman ke Indonesia pada tahun ini bisa tercapai lebih cepat, begitu pula dengan target pergerakan 1,5 miliar wisatawan nusantara (wisnus). Sandi juga menyampaikan kolaborasi Java Jazz dengan All Live Accor dari dunia perhotelan bisa mendorong pertumbuhan produk ekonomi kreatif dan meningkatkan citra pariwisata Indonesia di mata dunia.

Selain menyinggung kolaborasi, Sandi pun berharap Java Jazz Festival dapat menjadi IP (Intelectual Property) atau kekayaan intelektual yang bisa ditampilkan secara internasional, tidak terbatas hanya di Jakarta saja. Ia mengatakan bahwa besarnya minat masyarakat terhadap acara musik, apalagi Java Jazz Festival yang sudah berlangsung selama 19 tahun, adalah kekuatan Indonesia untuk menarik dan membuat konser-konser genre lain yang bisa menarik lebih banyak kunjungan wisman dan wisnus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan 11 Panggung dengan Line-Up Penyanyi Tersohor Indonesia dan Mancanegara

Sementara itu, Presiden Direktur PT Java Festival Production Dewi Gontha menyampaikan festival tahun ini akan mendirikan sebelas panggung yang diisi oleh berbagai line-up lokal dan mancanegara. Acara itu akan dimeriahkan 120 pertunjukan oleh 27 musisi internasional dan 77 musisi lokal.

Dewi pun mengatakan bahwa line-up yang sudah diumumkan belum final dan akan terus bertambah sampai seminggu sebelum acara. Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya pun berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam promosi untuk menjangkau audiens dalam negeri.

Sejauh ini, Java Jazz Festival 2024 telah mengumumkan sejumlah nama penyanyi luar negeri seperti Brian Simpson, Paul Brown with Ron King Big Band, Caste, Makaya McCraven, Arpi Alto, Stacey Ryan, Cory Wong, Antonio Sachez, hingga Patti Austin. Sementara, musisi Indonesia yang turut hadir antara lain, Andien, Jevin Julian, Joey Alexander, Titi DJ, Mocca, Erwin Gutawa, Bilal Indrajaya, Ardhito Pramono, Juicy Luicy, Dere, Perunggu dan lainnya.

3 dari 4 halaman

Ada Penampilan Spesial dari Laufey dan Snoh Aalegra

Hingga saat ini, baru dua nama yang didapuk menjadi penampil spesial di Java Jazz Festival 2024, yaitu penyanyi kebangsaan Tiongkok, Laufey dan musisi asal Swedia keturunan Iran, Snoh Aalegra. Laufey diketahui akan tampil pada Sabtu, 25 Mei 2024, dan Minggu, 26 Mei 2024, untuk Snoh.

Belum ada pengumuman lanjutan soal siapa yang akan jadi penampil spesial di hari ketiga acara musik akbar tersebut. Dewi menyampaikan bahwa bila nanti pihaknya belum berhasil mendapatkan musisi untuk tampil spesial pada hari ketiga, akan ada kemungkinan diganti dengan kolaborasi musisi Tanah Air. Kolaborasi tersebut digadang-gadang akan diisi oleh deretan penyanyi kenamaan Indonesia yang hanya dapat disaksikan di Java Jazz Festival.

Pada tahun lalu, Corry Wong, Max, Stephen Sanchez The Chicago Experience feat. Danny Seraphine & Jeff Coffey menjadi tiga musisi pengisi pertunjukan spesial. Dua dari tiga musisi tersebut tahun ini pun kembali hadir menggebrak panggung-panggung Java Jazz Festival 2024.

4 dari 4 halaman

Accor Berikan Paket Khusus untuk Penonton Java Jazz Festival 2024

Sementara itu, jaringan hotel Accor Live Limitless yang menjadi salah satu sponsor utama di Java Jazz Festival tahun ini, memberikan tawaran khusus bagi para penonton Java Jazz Festival 2024 yang mau menginap di sekitar kawasan JIExpo Kemayoran.

Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia, Adi Satria menyampaikan, "Kita menawarkan berbagai macam penawaran lifestyle dan event yang dikombinasikan dengan hotel. Tiket masuk, shuttle juga kami provide secara complimentary, sehingga member kami dapat menikmati konser dan mengakses venue dengan mudah. Parkir di hotel dan mendapat free shuttle.

Ada paket Java Jazz Festival Staycation yang berisikan 1-day pass ticket Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024 untuk dua orang, sarapan gratis, dan transportasi ke dan dari festival. Sedangkan, bagi mereka yang memiliki keanggotaan Accor Live Limitless berhak mendapatkan paket Limitless Experience - Java Jazz Festival dengan menukar poin reward yang dimiliki.

Paket ini bisa dinikmati di beberapa hotel pilihan Accor seperti Grand Mercure Jakarta Kemayoran, Novotel Jakarta Mangga Dua, Mercure Jakarta Batavia, dan ibis Styles Jakarta Mangga Dua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat