uefau17.com

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Menarik Gunung Ceremai yang Dijuluki Atap Jawa Barat - Lifestyle

, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Gunung Ceremai atau Ciremai, merupakan gunung berapi kerucut. Lokasinya secara administratif berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, di Provinsi Jawa Barat. Gunung Ceremai termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang berradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan, terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Gunung Ceremai termasuk gunung api kuarter aktif tipe A yakni, gunung api magmatik yang masih aktif sejak 1600 dan berbentuk strato. Berita kedua yang banyak diminati adalah tentang kebakaran yang menimpa Museum Nasional mengundang perhatian banyak pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Sabtu malam, 16 September 2023.  Api berhasil dijinakkan pada pukul 22.40 WIB.. Enam ruangan di Gedung A terpengaruh oleh api. Sementara, 15 ruangan di Gedung A serta ruangan pamer di Gedung B dan C tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Fokus utamanya saat ini adalah mengevaluasi koleksi-koleksi yang tempatnya terkena dampak kebakaran untuk dipindahkan sementara ke tempat yang lebih aman, Berita ketiga yang banyak menarik perhatian adalah tentang berjalan kaki setelah makan telah menjadi tradisi turun-temurun di daerah Mediterania.

Setelah menikmati hidangan, penduduk setempat seringkali berkeliling, menuju alun-alun kota untuk bercengkerama dan bersosialisasi dengan tetangga. Tradisi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup mereka, hingga menjadi salah satu elemen kunci dari diet Mediterania.

Berjalan-jalan setelah makan ternyata bukan hanya soal tradisi atau gaya hidup, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Untuk lebih lengkapnya simak Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

6 Fakta Menarik Gunung Ceremai yang Dijuluki Atap Jawa Barat

 

Gunung Ceremai yang sering kali disebut Ciremai, merupakan gunung berapi kerucut. Lokasinya secara administratif berada di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, di Provinsi Jawa Barat. Gunung Ceremai termasuk gunung tertinggi di Jawa Barat.

Mengutip laman Gunung Bagging, Minggu, 17 September 2023, gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang berradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 mdpl di lereng selatan, terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.

Selengkapnya…

Buntut Museum Nasional Kebakaran, Kemenparekraf Usulkan Museum Jadi Objek Vital Nasional

 

Kebakaran yang menimpa Museum Nasional, dikenal pula sebagai Museum Gajah, mengundang perhatian banyak pihak, termasuk Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Peristiwa kebakaran itu terjadi pada Sabtu malam, 16 September 2023.

Berkat aksi sigap dari tim pemadam kebakaran, kepolisian, serta pihak Museum Nasional Indonesia (MNI), api berhasil dijinakkan pada pukul 22.40 WIB. Berdasarkan pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak MNI setelah insiden tersebut, enam ruangan di Gedung A terpengaruh oleh api. Sementara, 15 ruangan di Gedung A serta ruangan pamer di Gedung B dan C tidak mengalami kerusakan sama sekali.

Selengkapnya…

Studi: Jalan Kaki 2 Menit Setelah Makan Mampu Turunkan Gula Darah, Sama Seperti Diet Mediterania

 

Berjalan kaki setelah makan telah menjadi tradisi turun-temurun di daerah Mediterania. Setelah menikmati hidangan, penduduk setempat seringkali berkeliling, menuju alun-alun kota untuk bercengkerama dan bersosialisasi dengan tetangga.

Tradisi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup mereka, hingga menjadi salah satu elemen kunci dari diet Mediterania yang dikenal sebagai salah satu pola makan terbaik di dunia. Melansir CNN pada Sabtu, 9 September 2023, berjalan-jalan setelah makan ternyata bukan hanya soal tradisi atau gaya hidup, tetapi memiliki manfaat kesehatan yang signifikan.

Selengkapnya…

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat