uefau17.com

Pangeran William dan Harry Kemungkinan Jalan Berdampingan Saat Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II - Lifestyle

, Jakarta - Upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II akan diadakan di Westminster Abbey pada 19 September mendatang. Saat membawa peti matinya nanti, Pangeran William dan Pangeran Harry akan termasuk daftar pengiring peti tersebut.

Belum diketahui dengan pasti siapa saja yang akan membawa peti tersebut selain William dan Pangeran Harry. Namun, sudah beredar spekulasi tentang posisi William dan Harry dalam momen itu.

Ada kemungkinan keduanya tidak akan dalam posisi beriringan saat membawa peti Ratu Elizabeth II, seperti saat prosesi pemakaman Pangeran Philip pada April tahun lalu. Saat itu, William dan Harry tampak berdiri di belakang iring-iringan jenazah Pangeran Philip.

Putra Putri Anne, Peter Philips berdiri di antara Harry dan William.  Pangeran Harry berdiri di sebelah kiri, sedangkan Pangeran William berdiri di sebelah kanan. Total 30 orang bergabung dalam prosesi pelepasan Duke Edinburgh setelah mengabdi selama 73 tahun itu.

Kakak beradik itu berjalan terpisah sejauh 12 kaki saat mengikuti peti mati kakek mereka dari belakang. Saat itu, hubungan keduanya sedang buruk menyusul keputusan Harry untuk keluar dari anggota senior keluarga kerajaan Inggris dan pindah ke Amerika Serikat.

Namun melansir The Sun, Senin, 12 September 2022, ada kemungkinan William dan Pangeran Harry bakal berjalan berdampingan saat mengikuti peti mati mendiang nenek mereka. Kesimpulan itu berdasarkan perkiraan hubungan keduanya yang sudah mulai membaik meski dianggap masih jauh dari kata berdamai.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tampil Bersama

Sebelumnya, ayah mereka yaitu Raja Charles III dikabarkan telah memerintahkan kepada Pangeran William dan Pangeran Harry untuk mengesampingkan perseteruan mereka untuk sementara waktu jelang pemakaman Ratu Elizabeth II. Hal itu pun dilakukan kakak beradik ini.

William yang kini bergelar Pangeran Wales mengundang Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk bergabung dengan Kate Middleton untuk berjalan di Windsor, dilansir Dailymail, Minggu (11/9/2022). Keinginan sang ayah terwujud. Pangeran William bersama Kate Middleton dan Pangeran Harry beserta Meghan Markle untuk pertama kalinya jalan bersama di depan publik setelah hampir dua tahun tidak melakukannya.

Keempatnya kompak mengenakan pakaian serba hitam sebagai tanda berkabung. Mereka pun berdialog dengan pengunjung yang datang ke gerbang Windsor untuk menyampaikan duka cita atas kepergian Ratu Elizabeth II.

Selama 40 menit, kedua pasangan ini berjalan kaki bersama-sama untuk melihat lautan bunga yang diletakan di luar gerbang kerajaan sebagai tanda menghormati ratu yang mereka cintai.  Momen ini diperkirakan para ahli dapat memberikan titik balik dalam hubungan yang kacau antara Wales dan Sussex.

3 dari 4 halaman

Tertunda 45 Menit

Seorang juru bicara Istana Kensington mengatakan bahwa Pangeran Wales telah menggundang keluarga Sussex untuk bergabung dengan Putri Wales selama perjalanan kemarin malam. Namun, menurut The Times, membutuhkan negosiasi yang diperpanjang sebelumnya sehingga kedatangan mereka tertunda 45 menit.

"Pangeran Wales mengundang Duke dan Duchess of Sussex untuk bergabung dengannya dan Putri Wales sebelumnya. Pangeran Wales berpikir ini adalah pertunjukan persatuan yang penting bagi ratu di saat yang sangat sulit bagi keluarga," ucap seorang sumber senior Istana.

Sementara itu, peti mati Ratu Elizabeth II telah tiba di kediaman kerajaan Inggris di Edinburgh, Istana Holyroodhouse, setelah perjalanan enam jam dari Kastil Balmoral ke ibu kota Skotlandia. Ini merupakan bagian pertama dari perjalanan terakhir sang ratu.

Kerumunan pelayat berjajar di jalan-jalan desa dan kota, memberikan penghormatan kepada Ratu Inggris saat rombongannya melintasi Skotlandia pada perjalanan delapan hari pertama Ratu Elizabeth II ke tempat peristirahatan terakhirnya. Bahkan, sekitar 20 ribu orang pelayat rela antre berjam-jam untuk melihat langsung peti mati ratu yang disimpan sementara di Katedral St. Giles.

4 dari 4 halaman

Peti Mati

Mengutip CNN, Senin (12/9/2022), peti mati Ratu Elizabeth II meninggalkan Balmoral pada Minggu 11 September dan melakukan perjalanan melalui Skotlandia ke kediaman resmi keluarga kerajaan Inggris di Skotlandia.  Pada Senin 12 September, peti mati Ratu Elizabeth II melanjutkan perjalanan melintasi Royal Mile ke Katedral St Giles untuk kebaktian doa dan refleksi.

Setelah itu, peti mati akan diistirahatkan di sana selama 24 jam untuk memungkinkan publik Skotlandia melihatnya, dalam tradisi yang dikenal sebagai lying in state.  Peti mati itu kemudian akan diterbangkan dari Edinburgh ke London pada Selasa malam. Keesokan harinya, peti mati akan dipindahkan lagi, dari Istana Buckingham ke Westminster Hall untuk disemayamkan, yang akan berakhir pada pagi hari pemakaman kenegaraan.

Pada Senin pagi, 19 September 2022 yang dinyatakan sebagai hari libur umum di seluruh Inggris, rangkaian pemakaman Ratu Elizabeth II akan berakhir. Peti mati kemudian akan melakukan perjalanan dalam prosesi sekali lagi ke Westminster Abbey untuk pemakaman kenegaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat