uefau17.com

11 Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan dan Kecantikan, Lengkap Efek Sampingnya - Hot

, Jakarta Minyak jarak, atau sering disebut juga dengan minyak castor, adalah minyak yang diekstrak dari biji tumbuhan jarak (Ricinus communis). Minyak jarak telah digunakan secara tradisional selama berabad-abad karena khasiatnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Minyak jarak kaya akan berbagai nutrisi dan senyawa aktif yang memberikan sejumlah manfaat positif bagi tubuh manusia. Salah satu manfaat utama minyak jarak adalah sebagai pelembap alami untuk kulit. Selain itu, minyak jarak juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, seperti jerawat atau dermatitis.

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, minyak jarak juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Minyak ini membantu menjaga kesehatan rambut dengan melembapkan dan menguatkan batang rambut.

Berikut ulas mengenai manfaat minyak jarak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan Tubuh

1. Obat pencahar yang ampuh

Minyak jarak terkenal penggunaannya sebagai pencahar alami dan disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) untuk tujuan ini. Minyak jarak dapat bekerja cepat dengan merangsang pergerakan otot di usus, menjadikannya efektif untuk menghilangkan sembelit sementara atau membersihkan usus. Namun, menggunakan terlalu banyak minyak jarak dapat berdampak buruk seperti kram perut dan diare.

Walaupun obat ini berguna untuk mengobati sembelit yang terjadi sesekali, obat ini tidak boleh digunakan untuk masalah kesehatan jangka panjang tanpa berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu, karena penyalahgunaannya dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

2. Dapat mempercepat penyembuhan luka

Minyak jarak dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dengan menciptakan lingkungan lembab dan mencegah kekeringan. Hal ini karena di dalam minyak jarak terdapat kandungan  asam risinoleat dan asam lemak. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi peradangan kulit, mendukung penyembuhan, dan membantu mengurangi rasa sakit pada orang yang mengalami luka.

Perlu diingat bahwa perawatan luka topikal dengan minyak jarak mengandung kombinasi bahan-bahan, bukan hanya minyak jarak. Anda tidak boleh mengoleskan minyak jarak pada luka apa pun tanpa berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu.

3. Antiinflamasi

Minyak jarak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan tubuh. Penggunaan topikal minyak jarak dapat membantu meredakan jerawat, dermatitis, atau ruam kulit.

4. Meningkatkan sirkulasi darah

Minyak jarak memiliki efek pemanasan yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Peningkatan sirkulasi darah dapat membantu menyembuhkan luka, mengurangi pembengkakan, dan mendukung kesehatan jantung.

5. Cegah peradangan kulit

Asam Ricinoleic, asam lemak utama yang ditemukan dalam minyak jarak, memiliki sifat anti-inflamasi. Menurut Healthline, penelitian telah menunjukkan bahwa ketika minyak jarak diterapkan secara topikal, minyak ini mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit. Kualitas mengurangi rasa sakit dan anti-inflamasi dari minyak jarak mungkin sangat membantu bagi mereka yang memiliki penyakit inflamasi seperti rheumatoid arthritis atau psoriasis.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan

6. Pelembap alami untuk kulit

Salah satu manfaat utama minyak jarak adalah sebagai pelembap alami untuk kulit. Minyak ini dapat digunakan untuk menghidrasi dan menutrisi kulit kering serta mengurangi ketegangan pada kulit. Kandungan asam lemak esensial dalam minyak jarak membantu menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

7. Kurangi jerawat

Sifat anti peradangan pada minyak jarak juga bermanfaat dalam penyembuhan jerawat. Peradangan dianggap sebagai faktor dalam pengembangan dan tingkat keparahan jerawat. Mengoleskan minyak jarak ke kulit dapat membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat.

Jerawat juga dikaitkan dengan ketidakseimbangan jenis bakteri tertentu yang biasanya ditemukan pada kulit, termasuk Staphylococcus aureus. Minyak jarak memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri yang berlebihan ketika diterapkan pada kulit. Manfaat minyak jarak juga merupakan pelembab alami, sehingga dapat membantu menenangkan kulit yang meradang dan teriritasi akibat berjerawat.

8. Merawat rambut

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit, minyak jarak juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Minyak ini membantu menjaga kesehatan rambut dengan melembapkan dan menguatkan batang rambut. Penggunaan minyak jarak secara teratur dapat membantu mengurangi kerontokan rambut, merangsang pertumbuhan rambut baru, serta mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe.

9. Anti jamur

Minyak jarak memiliki sifat antijamur dan dapat membantu melawan beragam jenis Candida. Minyak jarak dapat membersihkan kulit dari jamur yang menyebabkan berbagai penyakit kulit. Penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur diantaranya adalah panu, kurap, dan jerawat. Selain itu, sifat anti-jamur di minyak jarak juga bisa menghilangkan Candida albicans dari akar gigi. Jamur ini bisa enyebabkan masalah gigi seperti pertumbuhan plak yang berlebihan, infeksi gusi dan infeksi saluran akar.

10. Cegah penuaan

Manfaat minyak jarak dapat melawan peradangan yang juga memerangi radikal bebas. Radikal bebas dikaitkan dengan proses penuaan dini pada kulit. Minyak jarak membantu meluruhkan sel-sel kulit yang rusak, merangsang aliran darah lokal, dan memiliki tindakan antimikroba dan analgesik lokal yang menyehatkan kulit. Cara menggunakannya minyak jarak dapat dioleskan di bawah mata, sekitar mulut, dagu, dahi, dan leher. Menggunakan minyak jarak secara rutin di pagi hari dapat mencegah timbulnya keriput dan bintik hitam di kulit.

11. Mengatasi bibir pecah-pecah

Manfaat minyak jarak yang lainnya adalah dapat mengatasi bibir yang pecah-pecah. Minyak ini mengandung vitamin E dan antioksidan yang membantu memulihkan bibir yang pecah. Bibir pecah-pecah disebabkan oleh bibir yang kering dan kurang terhidrasi. Sifat melembapkannya mampu mengatasi bibir yang kering. Mengaplikasikan minyak jarak di bibir mampu menghidrasi bibir dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

4 dari 4 halaman

Efek Samping Minyak Jarak

Dikutip dari laman Medical News Today, Meskipun minyak jarak memiliki beragam khasiat yang menjanjikan, penting untuk dicatat bahwa bukti ilmiah yang mendukung banyak klaim tersebut tidak meyakinkan, dan sebagian besar bukti cenderung bersifat anekdot daripada ilmiah. Artinya, sebagian besar penelitian hanya berfokus pada satu kejadian tertentu di mana pengobatan dengan minyak jarak berhasil, dan bukan menyediakan data yang luas dan akurat.

Hal ini sering kali merupakan laporan yang berhubungan dengan reaksi alergi, seperti:

  1. Ruam kulit
  2. Pembengkakan
  3. Gatal

Siapa pun yang mengalami reaksi alergi terhadap minyak jarak harus segera mencari pertolongan medis. Iritasi kulit dan timbulnya ruam adalah efek samping yang paling sering dilaporkan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat