uefau17.com

Komik dalam Kata Lain Disebut Juga Cerita Bergambar, Simak Pula Jenis-Jenisnya - Hot

, Jakarta Komik adalah bentuk seni naratif yang menggunakan gambar-gambar berurutan dengan teks untuk menceritakan cerita atau menyampaikan pesan kepada pembaca. Istilah lain yang digunakan untuk komik antara lain adalah buku gambar, novel grafis, manga (dalam konteks Jepang), bande dessinée (dalam bahasa Prancis), atau fumetti (dalam bahasa Italia).

Meskipun istilah-istilah ini berasal dari budaya yang berbeda, mereka merujuk pada bentuk seni yang sama, yaitu penggunaan gambar dan teks untuk menciptakan narasi visual. Komik hadir dalam berbagai genre dan gaya artistik yang beragam. Selain itu, komik dapat disampaikan dalam format yang berbeda, mulai dari strip harian yang muncul di surat kabar hingga buku tebal yang menggambarkan cerita penuh yang kompleks.

Komik juga tidak terbatas pada batasan usia, ada komik yang ditujukan untuk anak-anak, remaja, maupun orang dewasa dengan tema dan gaya yang sesuai dengan audiensnya. Dengan banyaknya komik dalam kata lain tersebut mencerminkan keragaman dan keluwesan komik sebagai bentuk seni naratif yang universal dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan pembaca.

Berikut ulas mengenai komik dalam kata lain disebut juga apa beserta pengertian dan jenis-jenisnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Komik

Komik adalah media yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan dengan gambar, sering digabungkan dengan teks atau informasi visual lainnya. Secara etimologi, kata komik berasal dari bahasa Yunani “komikos” yang artinya bercanda atau bersuka cita. Inilah mengapa pengertian komik adalah karya tulis yang masih berkaitan secara langsung dengan cerita humor.

Meski sebenarnya, komik adalah bisa berupa hal receh sampai serius yang berbau ilmiah. Pengertian komik adalah seni gambar yang tidak bergerak, tetapi rangkaian gambar dan teks singkat dalam komik sudah lebih dari cukup menguatkan isi cerita komik.

Menurut komikus dan penerjemah Marcel Bonneff, seperti dikutip dari laman Binus University School of Design, komik merupakan sebuah susunan gambar dan kata yang bertujuan untuk memberikan informasi yang ingin disampaikan kepada pembaca. Sebuah komik selalu memanfaatkan ruang gambar dengan tata letak gambar demi gambar yang membentuk sebuah cerita yang dituangkan kedalam bentuk dan tanda. Komik juga termasuk dalam karya sastra, yaitu sastra bergambar. 

3 dari 4 halaman

Komik Dalam Kata Lain Disebut Juga Apa

Selain istilah "komik" yang umum digunakan dalam bahasa Indonesia, terdapat berbagai Komik dalam kata lain disebut juga apa ternyata ada banyak yang sering digunakan di berbagai budaya dan bahasa. Berikut adalah beberapa istilah alternatif untuk komik, yakni:

1. Cerita Bergambar

Istilah ini merujuk pada komik dengan pendekatan naratif yang lebih kompleks dan serius. Cerita bergambar seringkali memiliki alur cerita yang mendalam dan karakter yang kompleks, dan bisa mengangkat tema-tema yang serius. Meskipun istilah ini seringkali digunakan untuk komik buatan Barat, sebenarnya cerita bergambar dapat merujuk pada karya-karya komik dari berbagai budaya.

2. Manga

Istilah Jepang untuk komik. Manga memiliki gaya artistik dan naratif yang khas, yang membedakannya dari komik buatan Barat. Manga sering dibuat dalam format buku serial yang terbit secara berkala di Jepang dan memiliki berbagai genre yang luas, dari action dan adventure hingga romance, fantasy, dan slice of life.

3. Manhwa

Ini adalah istilah Korea untuk komik, mirip dengan manga tetapi dengan gaya dan tema yang khas dari Korea Selatan. Manhwa sering memiliki ciri khas tersendiri dalam hal penggambaran karakter, gaya seni, dan alur cerita.

4. Bande Dessinée

Ini adalah istilah Prancis untuk komik. Bande dessinée dapat mencakup berbagai genre dan gaya artistik, dan seringkali digunakan untuk merujuk pada komik buatan Prancis atau Belgia yang terkenal seperti Tintin dan Asterix.

5. Fumetti

Istilah Italia untuk komik. Fumetti sering mengacu pada komik dengan gaya seni yang realistis atau menggunakan teknik fotografi, terutama dalam komik-komik horor atau kriminal.

6. Tebeo

Ini adalah istilah dari Spanyol, khususnya di Spanyol dan Amerika Latin, untuk komik. Tebeo bisa merujuk pada komik-komik dengan berbagai gaya dan tema, dan sering digunakan secara luas untuk menggambarkan buku-buku komik.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Komik

1. Komik Buku

Komik buku merupakan satu dari jenis-jenis komik yang sudah cukup tua. Jenis komik yang berbentuk buku di dalamnya menampilkan cerita utuh. Umumnya, jenis komik satu ini berseri dan satu judul buku komik sering muncul seperti tidak ada habisnya. Kemudian, jenis komik ini juga kerap tidak ada kaitan peristiwa atau konflik dengan komik sebelumnya.

2. Komik Online

Jenis komik ini sudah banyak ditemukan terutama di internet. Bahkan, saat ini sudah banyak komikus berbakat yang mengembangkan kegemarannya di situs online tersebut.

3. Komik Strip

Komik strip merupakan beberapa panel gambar saja, akan tetapi isinya sering mengungkap sebuah gagasan yang utuh. Umumnya, komik strip juga hanya melibatkan satu fokus pembicaraan serta gagasan yang disampaikan umumnya tidak terlalu banyak.

4. Komik Non-Fiksi

Jenis komik ini seperti buku non-fiksi lainnya, komik non-fiksi juga di dalamnya bercerita tentang kisah nyata yang membahas pengalaman kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, komik non-fiksi tidak serta merta sama seperti buku biografi yang bertele-tele. Biasanya, saat sebuah cerita non-fiksi disertai dengan seni, ceritanya dapat jauh lebih dalam dan juga berkesan. Beberapa judul komik non-fiksi tersebut seperti Fun Home, The Complete Persepolis, Maus: A Survivor's Tale, dan lainnya.

5. Komik Fiksi Ilmiah

Biasanya jenis komik fiksi ilmiah melibatkan pembangunan dunia futuristik. Di mana kisah yang ada di dalamnya selalu menekankan pada perjalanan waktu, eksplorasi ruang angkasa, alien, serta teknologi canggih.

Kemudian, umumnya jenis komik fiksi ilmiah juga membahas masa depan umat manusia, apakah masa depan itu adalah distopia yang sedang runtuh, atau dunia yang dipenuhi dengan kemajuan. Beberapa judul komik fiksi ilmiah yang bisa kamu baca di antaranya Saga, Paper Girls, The Incal, dan komik fiksi ilmiah lainnya.

6. Komik Superhero

Komik jenis ini begitu populer di dunia. Sebab, jenis komik satu ini selalu menghadirkan cerita dengan ilustrasi gambar yang apik. Hal inilah yang menjadi plot dari sebagian besar komik superhero. Tentunya, judul komik ini sangat mudah ditemukan dan cukup terkenal, sebut saja, Superman, Spiderman, Flash, Batman, dan lain sebagainya

7. Komik Misteri

Komik misteri ini memang selalu berhasil membuat pembaca penasaran. Pasalnya, tokoh dan dialog di dalamnya secara terus-menerus akan menantangmu untuk memecahkan pertanyaan terbesar dalam cerita. Saat membaca jenis komik ini, kamu juga akan merasa sedang mengartikan dan mencoba memecakan kejahatan atau anomali dalam cerita. Ada beragam contoh komik dengan genre misteri yang populer di dunia, seperti Blacksad, My Favorite Thing Is Monsters, The Fade Out, dan masih banyak lagi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat