uefau17.com

4 Langkah Sehat Rayakan Paskah, Jaga Tubuh Agar Tetap Fit - Health

, Jakarta - Paskah adalah waktu istimewa dalam setahun yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Paskah menjadi waktu untuk beristirahat, bersantai, dan menikmati kebersamaan dengan keluarga serta teman-teman.

Paskah seringkali dihubungkan dengan telur, cokelat, dan hidangan lezat lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tetap memperhatikan kesehatan Anda selama liburan ini. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menikmati perayaan Paskah dengan tetap mempertahankan kesehatan tubuh, seperti dilansir dari laman Faculty of Health and Behavioural Sciences, The University of Queensland, pada Minggu, 31 Maret 2024.

Rencanakan Pola Makan Sehat

Salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh selama liburan Paskah adalah dengan merencanakan pola makan. Merencanakan makanan yang sehat dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mulailah merencanakan menu makanan berdasarkan daftar makanan sehat yang Anda sukai. Memastikan Anda mendapatkan berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, bisa dilakukan dengan menambahkan berbagai varian warna di piring Anda, seperti berikut ini:

  • Buah-buahan dan sayuran segar
  • Daging tanpa lemak
  • Biji-bijian
  • Kacang-kacangan

Selain itu, menurut Mayo Clinic, protein juga sangat penting dalam menjaga berat badan dan membantu mengendalikan nafsu makan. Pertimbangkan juga untuk menikmati sarapan sehat yang mengandung protein tanpa lemak dan memasukkan makanan rendah kalori ke dalam makanan utama.

Memasak di rumah adalah cara terbaik untuk menjaga makanan yang dikonsumsi sehat dan bergizi. Anda dapat mengontrol bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan, dan dapat menghindari gula tambahan serta lemak tidak sehat yang sering ditemukan dalam makanan restoran.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Berlebihan Menikmati Camilan Paskah

Rencanakan juga menu suguhan Paskah Anda. Meskipun tidak apa-apa untuk memanjakan diri sedikit dengan mengonsumsi camilan, penting untuk memastikan tidak makan berlebihan.

Makan cokelat dengan penuh perhatian bisa jadi pengalaman yang nikmat di hari Paskah tanpa membuat Anda merasa bersalah. Daripada menolak untuk menikmati makanan favorit Anda selama Paskah, coba nikmati dengan perlahan dan perhatikan rasa, tekstur, serta sensasinya.

Makan dengan penuh perhatian dapat membantu Anda untuk menikmati makan cokelat sepenuhnya, sekaligus menyesuaikan diri dengan rasa lapar dan kenyang yang dirasakan tubuh. Hal ini dapat menghindari makan secara berlebihan.

Ingatlah bahwa memanjakan diri Anda dengan tidak berlebihan dapat menjadi cara yang positif dan sehat untuk menikmati liburan. Jadi, silakan nikmati cokelat Paskah tanpa rasa bersalah.

3 dari 4 halaman

Tetap Aktif dan Terdehidrasi

Aktif bergerak adalah aspek penting lainnya untuk tetap sehat. Olahraga telah terbukti memberikan dampak positif pada kesehatan fisik dan mental. Selama liburan Paskah, cobalah untuk memasukkan beberapa aktivitas fisik ke dalam rutinitas Anda. Anda bisa berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda.

Selain itu, Paskah adalah waktu yang tepat untuk beraktivitas bersama keluarga dan teman. Anda bisa mengadakan perburuan telur Paskah, bermain sepak bola atau bola basket. Tidak hanya berolahraga, tetapi juga bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang yang Anda cintai.

Tetap terhidrasi juga merupakan aspek yang sangat penting. Minum banyak air dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit, membantu pencernaan, dan mencegah dehidrasi. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari. Anda juga bisa tetap terhidrasi dengan minum teh herbal, air kelapa, dan jus buah dan sayuran segar.

4 dari 4 halaman

Jaga Kesehatan Mental Anda

Meskipun makan sehat dan tetap aktif dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental Anda, meluangkan waktu untuk memperhatikan diri sendiri juga sama pentingnya.

Pastikan Anda beristirahat dengan cukup, menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih, dan melakukan aktivitas yang membuat Anda senang.

Merawat kesehatan mental Anda tidak hanya membantu Anda merasa lebih baik pada saat itu, tetapi juga dapat membantu mempertahankan kesehatan mental dalam jangka panjang.

Pastikan untuk memprioritaskan kesehatan mental Anda selama liburan Paskah ini dan seterusnya.

Dengan memilih makanan, berolahraga, dan menjaga kesehatan mental dengan bijaksana selama liburan, Anda dapat merasa baik dan membawa kebiasaan ini saat kembali ke aktivitas semula. Jadi, gunakan liburan Paskah ini sebagai kesempatan untuk memprioritaskan kesehatan Anda, dan kembali ke aktivitas semula dengan perasaan sehat, fokus, dan siap untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat