uefau17.com

Rusia Klaim Luncurkan Rudal Hipersonik Kinzhal ke Ukraina - Global

, Moskow - Rusia telah mengerahkan rudal Kinzhal (Dagger) hipersonik tiga kali selama apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu pada Minggu 21 Agustus 2022.

Rudal Kinzhal adalah bagian dari serangkaian senjata hipersonik baru yang dipresentasikan Presiden Vladimir Putin pada tahun 2018 dalam pidato bellicose di mana dia mengatakan mereka dapat mengenai hampir semua titik di dunia dan menghindari perisai rudal buatan AS, demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (21/8/2022).

Shoigu, berbicara di televisi negara, mengatakan rudal-rudal itu telah terbukti efektif dalam mengenai target bernilai tinggi pada ketiga kesempatan itu, memuji mereka sebagai tanpa perbandingan dan hampir tidak mungkin untuk dijatuhkan saat dalam penerbangan.

"Kami telah mengerahkannya tiga kali selama operasi militer khusus," kata Shoigu dalam sebuah wawancara yang disiarkan di Rossiya 1. "Dan tiga kali itu menunjukkan karakteristik yang brilian."

Rusia pertama kali menggunakan sistem Kinzhal di Ukraina sekitar sebulan setelah mengirim puluhan ribu pasukan ke wilayah tetangganya, menyerang depot senjata besar di wilayah Ivano-Frankivsk barat Ukraina.

Pekan ini, kementerian pertahanan Rusia mengatakan tiga pesawat tempur MiG-31E yang dilengkapi dengan rudal Kinzhal telah dipindahkan ke wilayah Kaliningrad, sebuah eksklave pantai Baltik Rusia yang terletak di antara anggota NATO dan Uni Eropa Polandia dan Lithuania.

Pada Hari Angkatan Laut Rusia akhir bulan lalu, Putin mengumumkan bahwa angkatan laut akan menerima apa yang disebutnya rudal jelajah Zirkon hipersonik "tangguh" dalam beberapa bulan mendatang. Rudal dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan sembilan kali kecepatan suara, berlari lebih cepat dari pertahanan udara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desa Rusia Dekat Perbatasan Ukraina Dievakuasi Usai Serangan di 2 Depot Amunisi

Dua desa Rusia dievakuasi pada Kamis setelah kebakaran terjadi di sebuah depot amunisi dekat perbatasan dengan Ukraina, kata pihak berwenang setempat.

Kobaran api terjadi beberapa hari setelah ledakan di pangkalan militer dan depot amunisi di Krimea, semenanjung Ukraina yang dianeksasi oleh Moskow, yang oleh Rusia disebut sebagai tindakan "sabotase" oleh Kyiv.

"Sebuah depot amunisi terbakar di dekat desa Timonovo," kurang dari 50 kilometer (30 mil) dari perbatasan Ukraina di provinsi Belgorod, kata gubernur wilayah itu Vyacheslav Gladkov dalam sebuah pernyataan, dikutip dari MSN News, Minggu (21/8/2022).

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, tetapi penduduk Timonovo dan desa terdekat Soloti "dipindahkan ke jarak yang aman", katanya, seraya menambahkan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki penyebab kebakaran.

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan bola api besar mengepulkan kolom tebal asap hitam. Video lain menunjukkan beberapa ledakan berturut-turut cepat di kejauhan.

Kebakaran hari Kamis terjadi di tengah banyak ledakan di instalasi militer Rusia dekat Ukraina. Awal bulan ini, sebuah bom meledak di dekat lapangan terbang militer Saki di Krimea, menewaskan satu orang dan melukai beberapa lainnya.

Beberapa hari kemudian, ledakan merobek depot amunisi di Krimea. Dalam kasus kedua, Moskow secara tidak biasa mengakui telah terjadi tindakan "sabotase".

Sejak dimulainya serangan Rusia di Ukraina pada akhir Februari, Moskow telah berulang kali menuduh pasukan Ukraina melakukan serangan di tanahnya, terutama di wilayah Belgorod.

 

3 dari 4 halaman

Serangan Bulan Lalu

Bulan lalu, rudal menghantam ibu kota provinsi Belgorod, menewaskan empat orang, menurut otoritas setempat. Awal bulan ini, Gladkov menuduh Ukraina melakukan serangan terhadap depot bahan bakar di Belgorod dengan dua helikopter.

Tetapi Rusia belum dapat mencapai targetnya kecuali menandatangani perjanjian biji-bijian tri-partit yang diprakarsai oleh Turkiye.

Sementara itu, Ukraina telah melancarkan serangan baru ke markas armada Laut Hitam Rusia di Sevastopol, di mana para pejabat di semenanjung Krimea yang dianeksasi mengatakan bahwa setidaknya satu drone telah ditembak jatuh oleh pertahanan udara.

Serangan yang dilaporkan pada Sabtu pagi - sehari setelah ledakan meletus di dekat pangkalan militer di daerah Ukraina dan Rusia sendiri yang dikuasai Rusia - terjadi pada hari yang sama ketika 12 warga sipil dilaporkan terluka ketika sebuah rudal Rusia menghantam daerah pemukiman di sebuah kota Ukraina, demikian seperti dikutip dari the Guardian, Minggu (21/8/2022).

Vitaliy Kim, gubernur Mykolaiv, mengatakan bahwa empat anak termasuk di antara mereka yang terluka dalam serangan yang merusak beberapa rumah pribadi dan sebuah bangunan tempat tinggal lima lantai di Voznesensk, sekitar 19 mil (30 km) dari pembangkit listrik tenaga nuklir Pivdennoukrainsk.

Dia menambahkan bahwa seorang gadis muda telah kehilangan mata akibat serangan pada hari Sabtu.

4 dari 4 halaman

Simak infografis berikut:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat