uefau17.com

China Akan Luncurkan Kapal Induk Terbaru Ketiga, Hendak Dominasi Laut Asia? - Global

, Beijing - Sebuah video propaganda militer yang baru dirilis menunjukkan bahwa kapal induk ketiga Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) dapat segera diluncurkan, kata media dan para ahli.

Sebuah video berdurasi enam menit, yang diproduksi oleh Biro Publisitas Politik Angkatan Laut PLA dan penyiar militer, diposting pada hari Jumat.

Video itu memberikan gambaran sekilas tentang program kapal induk China dan bagaimana kapal induk dan personel PLA beroperasi.

China sudah memiliki dua kapal induk yang beroperasi, bernama Liaoning dan Shandong. Yang ketiga sedang dibangun dan video promosi tampaknya memberikan petunjuk bahwa peluncurannya sudah dekat.

Di akhir video, yang dijadwalkan untuk Hari Angkatan Laut China yang jatuh pada hari Sabtu, seorang perwira ditampilkan menerima telepon dari ibunya yang tampaknya mendesaknya untuk memiliki "anak ketiga," yang dijawab pria itu: "Itu sedang diatur."

Kamera kemudian pindah ke dua foto dek penerbangan kapal induk – referensi yang jelas ke dua kapal induk pertama – sebelum beralih ke layar kosong dan menutup kredit.

Petunjuk aneh ini tetap membuat beberapa media China bersemangat.

Tabloid berbahasa Inggris Global Times yang dikendalikan pemerintah menulis: "Ini adalah implikasi yang sangat jelas bahwa kapal induk ketiga negara itu akan segera datang."

Global Times mengutip Song Zhongping, seorang pakar militer dan komentator TV China, yang mengatakan bahwa kapal induk ketiga, yang dikenal sebagai Tipe 003, dapat diluncurkan "pada paruh kedua tahun 2022."

Surat kabar itu mengatakan kapal induk itu mungkin bernama Jiangsu, setelah provinsi di China timur.

"Dari video itu, tampaknya kapal induk China ketiga akan diluncurkan dalam waktu dekat," kata Sheu Jyh-Shyang, seorang ahli militer di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional Taiwan (INDSR)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Tertunda Akibat COVID-19

Lembaga think tank AS Center for Strategic and International Studies mengatakan dalam sebuah laporan November lalu bahwa peluncuran "bisa segera setelah Februari 2022" tetapi telah ditunda beberapa kali karena China sedang berjuang dengan pandemi Covid.

Langkah-langkah penguncian yang parah baru-baru ini telah diberlakukan di Shanghai, rumah galangan kapal Jiangnan tempat Type 003 sedang dibangun - dan di mana situasi Covid telah mengganggu pengiriman dan mungkin telah menyebabkan penundaan kedatangan komponen untuk kapal.

Dibandingkan dengan dua kapal induk pertama, Type 003 tampaknya lebih besar, dan memiliki beberapa komponen penting baru termasuk sistem ketapel, yang digunakan untuk meluncurkan pesawat dari kapal.

"Ini adalah kapal induk CATOBAR (Catapult Assisted Take-Off Barrier Arrested Recovery) pertama yang dimiliki China," kata Sheu dari INDSR.

"Operator CATOBAR memiliki kemampuan yang jauh lebih baik, tetapi mereka masih perlu memiliki pengalaman operasi yang cukup," tambahnya.

Laporan CSIS November lalu juga mengatakan bahwa setelah diluncurkan, masih akan bertahun-tahun sebelum Type 003 ditugaskan ke Angkatan Laut PLA dan mencapai kemampuan operasi awal.

China sudah memiliki armada angkatan laut terbesar di dunia, menurut Kantor Intelijen Angkatan Laut AS. Tetapi AS memiliki lebih banyak kapal induk: 11 dibandingkan dengan dua China.

 

3 dari 3 halaman

Taiwan Waspada

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan, yang mengamati perkembangan militer China dengan cermat, mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan awal tahun ini bahwa Tipe 003 akan memungkinkan Angkatan Laut PLA untuk memproyeksikan kekuatan melewati "rantai pulau pertama."

Rantai pulau pertama, yang dikonseptualisasikan selama Perang Dingin, biasanya mengacu pada kepulauan utama yang terletak di lepas pantai daratan Asia Timur. Rantai ini membentang dari Semenanjung Kamchatka di timur laut ke Semenanjung Malaya di barat daya, dan termasuk wilayah sekutu AS Taiwan dan Filipina.

Pengamat Taiwan juga memperhatikan rencana PLA untuk mendapatkan pesawat tempur baru untuk Type 003.

"Dua (kapal induk) pertama hanya memiliki pesawat tempur J-15 dan mungkin beberapa helikopter tetapi yang ketiga mungkin memiliki beberapa pesawat KJ-600 peringatan dini udara (AEW&C)," kata analis militer Sheu.

Xian KJ-600 dikatakan secara akurat mendeteksi dan melacak pesawat lain dan sangat meningkatkan efektivitas pesawat tempur berbasis kapal induk.

Sementara itu, media Taiwan telah melihat tenggelamnya kapal induk Rusia "Moskva," yang dilaporkan oleh rudal Neptunus Ukraina, pekan lalu. Rusia mengatakan itu rusak dalam kebakaran yang tidak dapat dijelaskan.

Kapal penjelajah rudal Moskva dibangun di Galangan Kapal Laut Hitam Mykolaiv yang sama di Ukraina sebagai kapal induk pertama China pada masa Soviet. Beijing membeli kapal itu, yang kemudian disebut Varyag, dan mengganti namanya menjadi Liaoning.

Liaoning secara teratur berpatroli di Selat Taiwan dan dapat dikerahkan jika terjadi konflik bersenjata dengan pulau yang memerintah sendiri. China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri yang akan disatukan dengan daratan.

Surat kabar Taiwan Liberty Times mengutip seorang analis yang mengatakan bahwa "Taiwan memiliki persenjataan rudal anti-kapal yang lebih besar dan lebih kuat daripada Ukraina."

Kapal induk China bisa "sama rentannya dengan 'Moskva' terhadap rudal anti-kapal Taiwan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat