uefau17.com

Pengunjuk Rasa Bersenjata Vs Pasukan Turki di Suriah Utara Bentrok, 4 Orang Tewas - Global

, Afrin - Empat orang tewas setelah pengunjuk rasa bersenjata dan pasukan Turki bentrok di wilayah barat laut Suriah yang dikuasai Ankara pada Senin (1/7/2024), kata seorang pemantau perang, dalam demonstrasi yang dipicu oleh kekerasan terhadap warga Suriah di Turki sehari sebelumnya.

Ratusan orang berdemonstrasi di seluruh wilayah tersebut, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, menyusul kemarahan terhadap bisnis dan properti Suriah di Turki tengah di mana seorang pria Suriah dituduh melakukan pelecehan terhadap seorang anak.

"Demonstran bersenjata dan pasukan Turki terlibat dalam bentrokan bersenjata… di Kota Afrin," di wilayah utara Suriah yang dikuasai Turki, kata pemantau yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan sumber di Suriah seperti dikutip dari AFP, Selasa (2/7/2024).

“Empat orang tewas dalam baku tembak antara pengunjuk rasa dan penjaga yang ditempatkan di posisi Turki," kata Observatorium kemudian, setelah pertama kali melaporkan satu kematian.

Tiga dari korban tewas tewas di Kota Afrin dan satu lagi di Jarablos, dan 20 lainnya terluka, tambah Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Seorang koresponden AFP di kota utara Azaz mengatakan puluhan orang melakukan protes di sana, dan beberapa di antaranya mengibarkan bendera oposisi Suriah.

Orang-orang bersenjata menembaki truk-truk Turki di kota terdekat Al-Bab, kata koresponden tersebut.

Demonstrasi "disertai aksi kekerasan" menyebar di “wilayah luas” di jalur perbatasan yang dikuasai Turki, kata kepala Observatorium Rami Abel Rahman kepada AFP, dan protes juga meluas ke beberapa bagian di wilayah Idlib yang dikuasai pemberontak.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak 2016 Turki Usir Pasukan Kurdi dari Wilayah Perbatasan di Suriah Utara

Sejak 2016, Turki telah melakukan operasi darat berturut-turut untuk mengusir pasukan Kurdi dari wilayah perbatasan di Suriah utara.

Pasukan pro-Turki di Suriah kini menguasai dua wilayah luas di sepanjang perbatasan.

Beberapa pengunjuk rasa menurunkan bendera Turki, dan penjaga perbatasan menembaki demonstran yang berusaha menyerbu perbatasan Jarablus, kata Observatorium.

Pengunjuk rasa Adel al-Faraj mengatakan kepada AFP bahwa dia turun ke jalan sebagai bentuk solidaritas dengan “saudara-saudara Suriah kami di Turki”.

“Rakyat kami melarikan diri dari (Presiden Suriah) Bashar al-Assad hanya untuk ditindas di Turki,” katanya, mendesak Ankara berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekerasan terhadap warga Suriah.

Pada hari Jumat, Erdogan menyebutkan kemungkinan pertemuan dengan Assad, dan mengatakan bahwa hal itu "bukan tidak mungkin". 

3 dari 4 halaman

Polisi Turki Tangkap 67 Orang

Sebelumnya pada hari Senin (1/7), polisi Turki menahan 67 orang setelah kerusuhan di Kayseri, dan Erdogan mengutuk kekerasan terbaru terhadap komunitas besar pengungsi Suriah di Turki.

Video di media sosial menunjukkan sebuah toko kelontong dibakar.

"Tidak peduli siapa mereka, membakar jalan dan rumah penduduk adalah hal yang tidak dapat diterima,” kata Erdogan, seraya memperingatkan bahwa ujaran kebencian tidak boleh digunakan untuk keuntungan politik.

Menteri Dalam Negeri Ali Yerlikaya mengatakan warga negara Suriah yang dituduh melakukan pelecehan terhadap seorang anak, yang diidentifikasi hanya dengan inisialnya sebagai IA, ditangkap oleh warga Turki dan diserahkan ke polisi.

Pengadilan di Kayseri memerintahkan penangkapan pria Suriah tersebut pada Senin malam, kata Menteri Kehakiman Yilmaz Tunc, seraya menambahkan: “Anak tersebut dan keluarganya berada di bawah perlindungan negara kami”.

Yerlikaya mengatakan di X bahwa anak tersebut adalah seorang gadis Suriah, yang merupakan kerabat dari pelaku pelecehan. Ia mengatakan warga Turki yang berkumpul di wilayah tersebut bertindak “ilegal” dan dengan cara “yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan kami”, dengan merusak rumah, toko, dan mobil milik warga Suriah.

"67 orang ditahan setelah serangan itu," kata Yerlikaya sesuai data pemerintah.

 

4 dari 4 halaman

Turki Tampung Sekitar 3,2 Juta Pengungsi Suriah

Dalam salah satu video, seorang pria Turki terdengar berteriak: "Kami tidak ingin ada lagi warga Suriah! Kami tidak ingin ada lagi warga asing."

Turki, yang menampung sekitar 3,2 juta pengungsi Suriah, telah beberapa kali terguncang oleh kekerasan xenofobia dalam beberapa tahun terakhir, yang seringkali dipicu oleh rumor yang menyebar di media sosial dan aplikasi pesan instan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat