uefau17.com

Cara Membuat Singkong Goreng Renyah dan Garing Tanpa Perlu Direbus - Citizen6

, Jakarta Untuk mendapatkan singkong goreng yang renyah dengan bagian dalam yang lembut, penting untuk merebus singkong terlebih dahulu. Proses perebusan tidak perlu terlalu lama, cukup sampai setengah matang.

Setelah direbus, tiriskan dan lanjutkan dengan menggoreng dalam minyak yang sudah dipanaskan. Meskipun metode ini menjadikan singkong lebih empuk, waktu yang dibutuhkan untuk menggoreng akan menjadi lebih lama.

Seorang pengguna TikTok dengan akun @zafaranierohman telah membagikan cara membuat singkong goreng yang tidak hanya renyah tetapi juga merekah. Berikut adalah cara agar singkong goreng bisa renyah, berdasarkan tips dari pengguna TikTok @zafaranierohman yang dikutip pada Kamis (27/6).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Siapkan Bahan-bahan

Langkah awal adalah mengambil 1 kilogram singkong. Setelah itu, kupas kulitnya hingga bersih dan cuci sampai tidak ada kotoran. Potong singkong yang sudah dikupas menjadi potongan-potongan kecil, kemudian biarkan tiris.

3 dari 10 halaman

Siapkan Bumbu Halus

Bahan:

  • 3 siung bawang putih
  • 1-2 sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Tumbuk atau haluskan bawang putih dan garam hingga lembut dan tercampur rata.
  2. Setelah bumbu halus, masukkan ke dalam wadah berisi 1 ½ liter air.
  3. Aduk campuran tersebut sampai benar-benar merata.
  4. Simpan bumbu yang sudah tercampur air ini untuk digunakan nanti. 
4 dari 10 halaman

Kukus Singkong

Selanjutnya, panaskan panci untuk mengukus, kemudian susun potongan singkong di dalamnya. Pastikan singkong tertata dengan rapi, tutup panci, dan kukus hingga singkong benar-benar masak.

5 dari 10 halaman

Masukkan ke dalam Rendaman Bumbu

Setelah singkong matang, angkat dan rendam dalam campuran bumbu yang telah disiapkan sebelumnya. Biarkan singkong menyerap bumbu sampai mengembang perlahan-lahan.

6 dari 10 halaman

Goreng Singkong

Setelah singkong sudah mengembang sempurna, angkat setiap potongan dengan hati-hati dan tiriskan. Tanpa perlu tambahan bumbu, segera masukkan singkong ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.

Goreng dengan api sedang, dan jangan lupa untuk membaliknya agar matang merata. Saat warna singkong berubah menjadi kecokelatan, segera angkat dan tiriskan.

Melalui proses pengukusan dan perendaman dalam air bumbu, singkong goreng ini memiliki tampilan yang sempurna. Meskipun begitu, bagian dalamnya tetap lembut saat dibelah.

7 dari 10 halaman

Berapa Lama Merendam Singkong?

Sebelum proses pengukusan atau perebusan, singkong sebaiknya direndam terlebih dahulu untuk mempercepat masaknya. Waktu perendaman ini dapat disesuaikan, biasanya sekitar 15 menit atau sesuai dengan kebutuhan.

 

8 dari 10 halaman

Kenapa Singkong Direndam Air Garam?

Perendaman singkong dalam air garam bertujuan untuk melarutkan protein yang ada dalam singkong. Selain itu, garam membantu mengeluarkan cairan sel yang mengandung gula, sehingga komponen amilosa dan amilopektin dalam singkong bisa berkurang.

 

9 dari 10 halaman

Apakah Penderita Asam Lambung Boleh Makan Singkong Goreng?

Singkong adalah sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat dan nutrisi lainnya, sehingga baik untuk penderita asam lambung. Namun, perlu diperhatikan cara penyajiannya. Jika digoreng, singkong akan menyerap banyak lemak, yang bisa memicu peningkatan asam lambung.

 

10 dari 10 halaman

Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Berdasarkan penelitian dari Frontiers in Plant Science (2017), mengonsumsi singkong mentah tidak dianjurkan karena mengandung racun sianida yang berbahaya. Selain itu, singkong dapat menyerap racun dari tanah, terutama jika ditanam di area yang tercemar industri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat