uefau17.com

Cukup Gunakan 1 Jenis Tepung, Ini Cara Bikin Tahu isi Agar Keriting dan Renyah Tahan Lama - Citizen6

, Jakarta Tahu merupakan salah satu cemilan tradisional yang serbaguna karena dapat diolah jadi apa saja, salah satunya adalah tahu isi.

Tahu isi cenderung lebih digemari dibanding jenis tahu lain karena memiliki tekstur yang keriting dan mengembang. Belum lagi isian tahu isi juga sangat menggugah selera.

Untuk membuat tahu isi yang lezat,tak jarang orang-orang menggunakan baking powder. Baking powder sendiri memang akan membuat tahu isi jadi renyah lebih lama.

Padahal masih ada cara lain untuk membuat tahu isi yang renyah dan keriting tanpa baking powder. Salah satu caranya dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Novita Sari Food, yang dirangkum pada Minggu (28/04/2024) berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Tumis Bumbu Halus dan Sayuran

Pertama-tama, tumis terlebih dahulu bumbu halus sampai harum. Bumbu halus yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah dan cabai merah/rawit. Porsi bawang merah usahakan dua kali lebih banyak dari bawang putih.

Setelah itu, tambahkan sayuran seperti wortel, kol dan tauge ke dalam wajan untuk ikut ditumis. Jangan lupa tambahkan bumbu penyedap rasa sesuai selera.

 

3 dari 10 halaman

Masukkan Isian dalam Tahu

Jika tumisan sudah cukup matang, matikan kompor dan tunggu sampai dingin. Masukkan tumisan tersebut ke dalam tahu sebagai isian. Lakukan langkah ini sampai semua isian tahu habis.

4 dari 10 halaman

Balur dengan Tepung Serbaguna

Siapkan dua mangkuk lalu isi dengan tepung serbaguna. Salah satu mangkuk akan ditambahkan dengan air dan diaduk-aduk hingga jadi tepung basah. Balur tahu pada tepung basah terlebih dahulu, baru balur dengan tepung kering setelahnya.

5 dari 10 halaman

Goreng dengan Api Sedang

Jika semua tahu sudah dibalur dengan tepung serbaguna, masukkan tahu isi ke dalam penggorengan yang berisi minyak panas. APi yang digunakan cukup sedang saja. Jika tekstur tahu sudah mulai menebal, langsung angkat dan tiriskan tahu isi untuk disajikan.

6 dari 10 halaman

Apakah Tahu Isi Harus Direndam Air Garam

Sebaiknya tahu direndam dalam larutan air garam selama sekitar 1-1,5 jam. Sebelum menggoreng, disarankan mencuci dan mengeringkan tahu terlebih dahulu agar minyak tidak nyiprat. Pastikan untuk mencicipi rasanya agar tidak terlalu asin.

7 dari 10 halaman

Kenapa Tahu Direndam Air Garam?

Menambahkan garam ke dalam adonan bubur tahu yang hendak dipanggang dapat meningkatkan daya tahan tahu dan meningkatkan cita rasanya, terutama jika dikombinasikan dengan tingkat kepadatan yang optimal (Suprapti, 2005).

8 dari 10 halaman

Apakah Tahu Boleh Disimpan di Kulkas?

Untuk mengawetkan tahu yang besar, sebaiknya diiris menjadi beberapa bagian dan diletakkan di atas loyang yang telah dilapisi kain serbet bersih. Setelah itu, loyang bisa dimasukkan ke dalam freezer. Setelah tahu membeku, pindahkan ke dalam kantong kedap udara. Cara menyimpan tahu di dalam kulkas ini sesuai untuk segala jenis tahu.

9 dari 10 halaman

Apa Ciri-ciri Tahu Segar?

Tahu segar hampir tidak berbau, memiliki aroma netral tanpa jejak aroma busuk yang kuat. Sebaliknya, tahu yang sudah tak layak atau basi kerap menyebarkan aroma tajam yang menyengat, tandanya telah tercemar oleh pembusukan.

10 dari 10 halaman

Tahu Coklat Namanya Apa?

Tahu Sumedang dikenal juga dengan sebutan tahu kulit karena warna kecoklatannya serta kesamaan tekstur dengan kulit. Warna tahu berubah menjadi putih ketika mentah, tetapi berubah menjadi cokelat ketika matang. Meskipun memiliki kemiripan dengan tahu kacang hijau, tahu Sumedang memiliki tekstur yang lebih halus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat