uefau17.com

Potret Yulce Wenda Enembe, Sosok Istri Mendiang Lukas Enembe Jarang Tersorot - Citizen6

, Jakarta Lukas Enembe, mantan Gubernur Papua dikabarkan meninggal dunia pada Selasa (26/12/2023) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Mendiang Lukas Enembe diketahui memiliki riwayat penyakit jantung, gagal ginjal, dan stroke. Ia telah menjalani perawatan intensif sejak 27 Oktober 2023 dengan penjagaan ketat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pasalnya, Mantan Gubernur Papua tersebut sedang terjerat kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp1 Triliun. Pengadilan Tipikor Jakarta juga telah menjatuhkan vonis kepada Mendiang Lukas Enembe selama 8 tahun penjara. 

Rumah duka mendiang Lukas Enembe di RSPAD Gatot Soebroto, tepatnya di depan ruang G rumah duka Santosa, hanya kedatangan dua buah karangan bunga. Karangan pertama diberikan oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Ketua Umum Partai Demokrat. Sementara karangan kedua diberikan oleh Generasi Muda Kosgoro.

Mendiang Lukas Enembe akan diberangkatkan ke Papua untuk dikebumikan. Petrus Bala Pattyona, selaku kuasa hukum Mendiang Lukas Enembe mengonfirmasi bahwa pihak keluarga masih merundingkan perencanaan persiapan keberangkatan pesawat.

Sebelum diberangkatkan ke Papua, jenazah mendiang Lukas Enembe disemayamkan pada sebuah meja yang menjadi alas peti bergambar salib. Pada sisi kanan peti tersebut, tampak sosok wanita yang merupakan istri dari mendiang Lukas Enembe, Yulce Wenda Enembe. 

Yulce Wenda Enembe menggunakan pakaian serba hitam dengan rambut dikepang terurai menatap kepergian sang suami sambil terus menangis. Ia ditenangkan oleh beberapa keluarga yang juga berada di sampingnya.

Istri mantan Gubernur Papua tersebut ialah sosok yang selalu menemani mendiang Lukas Enembe saat berkarier. Ia bahkan aktif menggerakkan beberapa program, seperti posyandu hingga memberdayakan perempuan di Papua. 

Berikut potret Yulce Wenda Enembe dirangkum Rabu (27/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Sosok Wanita Inspiratif

Yulce Wenda Enembe lahir di Pirime, Kabupaten Jayawijaya pada 9 November 1969. Ia merupakan istri dari mantan Gubernur Papua, mendiang Lukas Enembe yang jarang tersorot namun ternyata memiliki banyak prestasi atas kontribusinya untuk Papua.

3 dari 11 halaman

Keluarga Mendiang Lukas Enembe

Yulce Wenda Enembe dan mendiang Lukas Enembe memiliki tiga orang anak yang bernama Astract Bona T.M. Enembe, Eldorado Gamael Enumbi, dan Dario Alvin Nells Isak Enembe.

4 dari 11 halaman

Selalu Menemani Mendiang Lukas Enembe

Saat mendiang Lukas Enembe menjabat sebagai Gubernur Papua selama dua periode, Yulce Wenda Enembe selalu menemani sang suami dalam kariernya. Ia juga turut serta berkontribusi bagi Papua khususnya pada bidang kesehatan, anak, dan perempuan.

5 dari 11 halaman

Mengangkat Derajat Perempuan di Papua

Yulce Wenda Enembe aktif menjadi Ketua Tim Penggerak PKK dengan melaksanakan beberapa program, seperti posyandu untuk mewadahi pelayanan kesehatan Papua, membina masyarakat Papua dengan melakukan sosialisasi dan pemantauan kurang gizi, hingga menggerakkan penguatan peran perempuan demi peningkatan kualitas serta mengangkat derajat perempuan Papua.

6 dari 11 halaman

Bunda PAUD Provinsi Papua

Pada tahun 2015, Yulce Wenda Enembe dilantik sebagai Bunda PAUD untuk Provinsi Papua dan melakukan berbagai gerakan untuk meningkatkan pengembangan DNA dan pendidikan anak usia dini. Ia juga memprakarsai dilakukannya penerapan bahasa ibu di sekolah-sekolah Papua. Hal tersebut membawa dampak positif karena anak-anak Papua jadi bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Yulce Wenda Enembe juga mendapat penghargaan berupa Anugerah PAUD Tingkat Nasional dari Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo.

7 dari 11 halaman

Lukas Enembe Umur Berapa?

Lukas Enembe berusia 56 tahun saat menghembuskan nafas terakhirnya.

8 dari 11 halaman

Lukas Enembe Agama Apa?

Lukas Enembe beragama kristen protestan.

9 dari 11 halaman

Lukas Enembe Berasal dari Partai Apa?

Tidak hanya itu, tercatat Lukas Enembe juga mengikuti beberapa organisasi sejak tahun 1988 hingga 2016. Terakhir ia menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua periode tahun 2011 hingga 2016.

10 dari 11 halaman

Siapa Gubernur Papua?

Melansir situs resmi Pemerintah Provinsi Papua, Lukas merupakan Gubernur Papua yang menjabat sejak tahun 2013. Ia menjabat Gubernur Papua selama dua periode mulai tahun 2013 hingga masa akhir jabatan pada tahun 2023.

11 dari 11 halaman

Lukas Enembe Meninggal Sakit Apa?

Kabar duka datang dari Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe yang meninggal dunia pada 26 Dsember 2023. Pengacara hukum Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengatakan bahwa penyebab meninggal kliennya adalah karena sakit ginjal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat