uefau17.com

5 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Ini Ternyata Buruk untuk Kesehatan - Citizen6

, Jakarta Keyakinan umum menunjukkan bahwa dibutuhkan 21 hari untuk melakukan sesuatu secara konsisten sebelum menjadi kebiasaan, tetapi para ahli mengatakan tidak ada garis waktu tetap yang akan membuat perilaku menjadi otomatis.

Ini bisa memakan waktu antara 18 dan 254 hari, tergantung seberapa mudah atau sulitnya rutinitas baru itu. Namun terkadang, ada kebiasaan buruk yang perlu segera kita hentikan. Dan semakin cepat kita beralih ke praktik yang lebih baik, kualitas hidup kita akan semakin baik. Berikut ini beberapa kebiasaan yang sering orang lakukan setiap hari namun nyatanya bisa berbahaya. Dilansir dari Brightside, berikut ulasannya.

1. Menggunakan jam alarm 

Suara hentakan dari jam weker atau alarm membangunkan Anda secara tiba-tiba, yang bisa berbahaya bagi jantung Anda. Ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan tingkat stres karena adrenalin. Bangun tiba-tiba juga dapat menyebabkan inersia tidur, atau keadaan merasa pening dan mengalami penurunan kinerja mental dan fisik. 

Jadi bagaimana kita bangun tanpa dering keras dari jam dan telepon kita? Para ahli merekomendasikan untuk menetapkan rutinitas tidur yang konsisten dengan mencoba tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, tanpa alarm. Anda juga dapat berlatih bangun secara bertahap dengan cahaya alami. 

Membuka tirai dan gorden, atau menempatkan tempat tidur Anda di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung, dapat membantu. Jika Anda perlu bangun sebelum matahari terbit, Anda dapat membeli jam alarm dengan suara yang lebih menenangkan (seperti peluit dan lonceng angin), atau jam berbasis cahaya yang meniru kecerahan matahari.

Menghancurkan jam alarm itu mungkin bagus untuk penampilan Anda juga. Seorang wanita mencoba mengujinya dengan bangun sendiri selama seminggu. Setelah eksperimennya, dia mengatakan wajahnya terlihat lebih segar, dan bayangan gelap di bawah matanya menghilang. Bahkan kebugaran dan daya tahannya untuk mendaki dilaporkan meningkat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menjaga rumah terlalu bersih

Kebersihan mutlak adalah suatu keharusan di beberapa lingkungan, seperti rumah sakit misalnya. Namun di dalam rumah, lingkungan yang serba steril justru bisa memicu penyakit tertentu. 

Studi telah mendukung "Hipotesis Kebersihan," yang menyatakan bahwa anak-anak yang tumbuh di daerah pedesaan dan terpapar bakteri, serbuk sari, dan bulu binatang, memiliki sistem kekebalan yang lebih kuat. Sementara itu, mereka yang dibesarkan di lingkungan yang sangat bersih lebih mungkin terkena demam, asma, dan alergi.

Beberapa mikroba juga baik untuk tubuh karena membantu fungsi fisiologi, metabolisme, dan otak kita. Tetapi ini tidak berarti bahwa Anda harus berhenti membersihkan dan hidup dalam kotoran. 

Yang bisa Anda lakukan adalah mengatur bagaimana Anda mensterilkan atau merapikan barang. Misalnya, anak-anak dapat mencuci tangan dengan sabun biasa alih-alih sabun antibakteri. Atau jika mainan jatuh ke lantai yang tidak terlalu kotor, pembersihan sederhana sudah cukup dan tidak perlu mendisinfeksi semuanya secara berlebihan.

3 dari 5 halaman

3. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin dan suplemen

Kebanyakan orang yang mengonsumsi multivitamin melakukannya untuk mengisi celah nutrisi. Namun menurut penelitian, mengonsumsi suplemen ini tidak menambah manfaat apapun bagi kesehatan kita. Mereka tidak mengurangi risiko penyakit jantung atau kanker, dan tidak membantu mencegah kehilangan ingatan atau penurunan kemampuan mental. Namun, satu suplemen yang terbukti efektif adalah asam folat (diminum sebelum atau selama kehamilan), yang membantu melawan cacat tabung saraf pada bayi.

Para ahli juga memperingatkan tentang mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak dan larut dalam air dalam dosis besar. Terlalu banyak vitamin C yang larut dalam air dapat menyebabkan batu ginjal, dan kelebihan vitamin A yang larut dalam lemak dapat mempengaruhi hati. 

Sangat ideal untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki kekurangan vitamin yang perlu diatasi dengan pengobatan. Dan daripada bergantung pada suplemen, lebih baik dapatkan nutrisi yang sangat Anda butuhkan dari diet seimbang.

4 dari 5 halaman

4. Memakai sepatu hak tinggi setiap hari

Heels atau stiletto dapat menambah tinggi badan Anda beberapa inci, tetapi memakainya untuk waktu yang lama dapat menyakitkan untuk tubuh Anda. Satu studi menemukan bahwa wanita yang memakai sepatu hak tinggi setiap hari menunjukkan kualitas hidup yang lebih buruk dalam hal kesehatan kaki. Membatasi jumlah jam Anda muncul di sepatu tersebut dapat membantu Anda menghindari kemungkinan dampak berikut:

  • Cedera pergelangan kaki yang mungkin disebabkan oleh salah langkah dan kehilangan keseimbangan.
  • Fraktur stres akibat tekanan berlebihan pada bola kaki Anda.
  • Osteoartritis di lutut, yang disebabkan oleh ketegangan pada persendian Anda.
  • Deformitas kaki dan jari kaki (a.k.a. bunions) dalam kasus ekstrem.
  • Masalah punggung akibat tumit menyebabkan pergeseran posisi tulang belakang.
  • Kaki sakit dan bengkak.
5 dari 5 halaman

5. Mencabut bulu hidung

Rambut kecil di dalam hidung Anda adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh Anda. Mereka membantu mencegah debu, alergen, serangga, dan hal-hal lain masuk dan masuk ke paru-paru Anda. Terlepas dari estetika, tidak ada manfaat nyata menghilangkan bulu hidung. Dan mencabutnya bahkan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi. Itu juga bisa menghasilkan rambut yang tumbuh ke dalam, yang ditandai dengan rasa sakit dan gatal.

Hidung juga merupakan bagian dari area segitiga di wajah kita yang terhubung dengan tengkorak melalui berbagai pembuluh darah. Ini adalah zona yang sangat sensitif, tempat infeksi mudah menyebar dan dapat dengan cepat meningkat menjadi sesuatu yang lebih serius.

Jika Anda benar-benar ingin menyingkirkan bulu-bulu kecil yang mungkin mencuat dari hidung Anda, alih-alih mencabutnya dengan pinset, gunakan gunting untuk memangkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat