uefau17.com

Punya Kebiasaan Mengunyah Es Batu? Hati-Hati, Begini Dampaknya pada Kesehatan Gigi - Health

, Jakarta - Sebagian orang menemukan kenikmatan dari mengunyah es batu. Namun, sebagian orang lainnya merasa suara gemeretak es yang berpadu dengan gigi seolah menimbulkan rasa ngilu. Lalu, amankah kebiasaan mengunyah es batu bagi kesehatan?

Dokter gigi menyampaikan ada risiko dari kebiasaan mengunyah es. Mereka mengingatkan, kebiasaan itu bisa menyebabkan gigi rusak atau patah serta meningkatkan kepekaan terhadap suhu panas dan dingin.

"Enamel gigi terdiri atas struktur seperti batang yang memuat ribuan kristal mikroskopis," jelas dokter kedokteran gigi serta juru bicara penasihat konsumen American Dental Association Dr Roopali Kulkami pada USA Today.

"Es juga dianggap sebagai kristal, jadi ketika Anda membenturkan dua kristal bersamaan dengan kekuatan, salah satunya akan menyerah.”

Ada sejumlah alasa orang mengunyah es batu. Bisa jadi karena bosan, lapar atau stres, berusaha berhenti merokok, untuk memuaskan hasrat saat hamil, atau hanya karena mereka menyukai suara renyahnya. Mereka bahkan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukannya, terutama di musim panas.

Makan es secara kompulsif disebut pagophagia, yang telah lama dikaitkan dengan anemia defisiensi besi. Tidak jelas berapa banyak orang yang mengalami kondisi ini – sebuah artikel jurnal menyebutnya sebagai “bentuk pica yang umum namun jarang dilaporkan,” sebuah kelainan psikologis di mana orang sering menelan benda-benda non-makanan.

Beberapa orang mengungkap kebiasaan mengunyah es di media sosial. Komunitas Reddit bernama Ice Chewers Anonymous memiliki 8.400 anggota yang berbagi cara mereka mencapai “es yang sempurna”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu Hentikan Kebiasaan Mengunyah Es

 

Apapun alasannya, dokter gigi ingin Anda berhenti mengunyah es. Beberapa bahkan menggunakan TikTok untuk menunjukkan dengan detail mengerikan apa yang bisa terjadi jika Anda melanjutkan kebiasaan tersebut.

Mengunyah zat keras dapat menyebabkan patah tulang mikro pada gigi, Dr. Gretchen Yarborough memperingatkan dalam PSA tahun lalu.

“Fraktur mikro ini akan menyebar seiring dengan proses pengepalan, penggilingan, dan waktu,” jelas dokter gigi asal Carolina Selatan tersebut. “Gigi patah sangat menyakitkan, dan pengobatannya adalah pencabutan, pencangkokan tulang, dan pemasangan implan.”

Itu hanyalah puncak gunung es, dilansir New York Post

 

3 dari 3 halaman

Sebabkan Masalah pada Gigi

Natalie Peterson, seorang dokter bedah gigi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Minnesota, mengatakan kepada USA Today bahwa dinginnya es dapat menyebabkan masalah pada tambalan dan mahkota gigi karena “kemungkinan memiliki tingkat ekspansi dan kontraksi yang berbeda akibat perubahan suhu. dibandingkan dengan gigi aslimu.”

Bagi mereka yang ingin berhenti merokok, para ahli merekomendasikan membiarkan es mencair di lidah Anda daripada mengunyahnya atau tidak memasukkan es sama sekali ke dalam minuman untuk menghindari godaan.

Slushies atau es serut jauh lebih lembut di gigi. Mereka yang masih mendambakan makanan renyah dapat mempertimbangkan untuk beralih ke wortel kecil atau irisan apel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat