uefau17.com

Bisa Bikin Cemas dan Stres, Ini Dampak Ketika Anda Kurang Olahraga! - Citizen6

, Jakarta Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, di zaman yang serba kompetitif seperti saat ini, olahraga cenderung kegiatan yang dikesampingkan. Bahkan, ada pula yang melupakan kegiatan olahraga karena kesibukan yang dijalaninya. 

Dengan Anda tidak melakukan olahraga, akan memberi dampak buruk bagi tubuh. Terdapat beberapa hal yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh Anda, salah satunya adalah mudah lelah dalam beraktivitas.

Selain mudah lelah, terdapat beberapa dampak buruk apabila Anda tidak melakukan olahraga. Mau tahu apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Gangguan Tidur

Ketika Anda jarang melakukan olahraga, akan memberikan dampak yang buruk untuk pola tidur. Akibat dari kurangnya olahraga, Anda bisa berpotensi mengalami insomnia.

Dengan berolahraga, Anda dapat melancarkan ritme sirkadian atau siklus biologi tubuh yang mengatur aktivitas dan pola tidur. Anda juga dapat meningkatkan dopamin agar semakin rileks. 

2. Mudah Lelah

Badan terasa lelah bisa diakibatkan oleh kurangnya Anda olahraga. Pasalnya, tubuh tidak terbiasa membakar banyak energi, hal tersebut membuat Anda mudah lelah.

Rasa lelah tersebut dapat diatasi dengan olahraga secara rutin selama enam minggu. Anda bisa berjalan kaki atau latihan tubuh untuk meningkatkan fungsi sistem kardiovaskular dan melatih ketahanan tubuh.

3. Lemak Menumpuk

Penumpukan lemak juga dapat terjadi, khususnya pada area jantung dan pembuluh darah ketika Anda kurang olahraga. Jika itu dibiarkan, akan berpotensi menyebabkan masalah kardiovaskular. 

3 dari 3 halaman

4. Badan Menjadi Kaku

Jika Anda sering merasakan nyeri pada beberapa bagian tubuh, itu menandakan bahwa Anda kurang berolahraga. Nyeri dapat terasa di sekitar pinggang, punggung belakang, dan bahu saat bangun di pagi hari atau ketika duduk dalam jangka waktu yang lama.

Kurangnya Anda berolahraga menyebabkan otot dan sendi tidak lentur dan kuat. Dan jika itu tidak segera diatasi, serat-serat penyusun otot akan tergantikan oleh lemak.

5. Cemas dan Stres

Kecemasan dan stres juga bisa diakibatkan oleh kurangnya olahraga. Pasalnya, hal tersebut berkaitan dengan aktivitas hormon endorfin. Hormon tersebut berfungsi memancing rasa senang dan tenang agar meningkat.

6. Berat Badan Naik

Ketika Anda kurang berolahraga, tubuh akan mudah lelah dan produksi hormon ghrelin meningkat. Kondisi tersebut akan mengakibatkan Anda selalu merasa lapar. Itulah yang mengakibatkan berat badan Anda menjadi naik. 

Jika tidak diimbangi oleh olahraga, lemak akan menumpuk di tubuh. Massa otot akan menurun dan dapat mengurangi jumlah kalori yang dibakar tubuh.

Nah, masih malas untuk berolahraga? Anda bisa melakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau berlari setidaknya 30 menit sehari, ya! Dan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik, Anda dapat mengonsumsi air putih pegunungan yang memiliki mineral esensial yang baik untuk tubuh.

 

(*) 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat