uefau17.com

Keutamaan Membaca Surat Yusuf Ayat 4 Serta Cara Mengamalkannya - Citizen6

, Jakarta - Surat Yusuf merupakan surah yang ke-12 dalam kitab suci Alquran yang terdiri dari 111 ayat. Surat Yusuf tergolong dalam kategori surah Makkiyah, karena diturunkan di Kota Mekkah. 

Surat ini bercerita tentang kisah Nabi Yusuf AS. Dikisahkan, bahwa Nabi Muhammad banyak mengambil pelajaran dari surat ini. Umat muslim yang membaca surat Yusuf dan memahami kisah tentang Nabi Yusuf yang terkandung di dalamnya dapat mengambil banyak pelajaran-pelajaran penting.

Tak hanya itu, surat Yusuf juga mempunyai keutamaan-keutamaan lain yang baik untuk diamalkan. Di antaranya, dengan membaca surat Yusuf ayat 4 yang berbunyi:

"Idz qala yusufu li`abihi ya abati inni ra`aitu ahada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum li sajidin"

Arti Surat Yusuf Ayat 4: "(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku."

Siapa yang membaca ayat 4 surat Yusuf, maka wajah orang itu akan berseri-seri, selalu disegani dan dihormati oleh orang. Selain itu, membaca surat tersebut dipercaya bisa untuk mendapatkan jodoh atau memikat hati serta mampu meluluhkan hati manusia. Seperti yang umat muslim ketahui, Nabi Yusuf sendiri merupakan nabi utusan Allah SWT yang dianugerahi wajah yang amat tampan.

Selain di ayat ke-4, manfaat selanjutnya terdapat pada ayat ke-64 surah ini, orang yang membacanya akan terhindar dari kesulitan hidup. Selain itu, bagi orang tua yang membaca ayat ke-68 surat Yusuf, maka anaknya akan insyaallah menjadi anak-anak yang saleh yang berbakti kepada orang tuanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta  0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mengamalkannya

Berikut Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4:

  1. Niatkan dalam hati dengan tujuan yang baik untuk mengamalkannya.
  2. Selanjutnya baca surat Yusuf ayat 4 ketika sesudah mandi serta berwudhu, sesudah membaca tiupkan pada kedua telapak tangan, sapukan pada wajah.
  3. Agar mendapatkan kesempurnaan niat untuk mencari jodoh atau pasangan amalkan secara rutin sesudah sholat 5 waktu, diamalkan 3 kali secara rutin serta ikhlas. Tiupkan pada dua telapak tangan lalu usapkan pada muka. 
  4. Selain digunakan dalam mencari jodoh, memiliki yang sangat baik untuk menimbulkan rasa kasih sayang serta hormat terhadap sesama.
  5. Bagi siapa yang rutin membacanya, wajah akan nampak terlihat berseri seri serta bercahaya bagi yang memandang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tafsir Surat Yusuf Ayat 4

Mengutip Tafsirweb, Rabu (3/8/2022), berikut penjabaran dari sejumlah ahli tafsir terkait Surat Yusuf Ayat 4:

Tafsir Al-Muyassar / Kementerian Agama Saudi Arabia

Sebutkanlah (wahai rasul), kepada kaummu perkataan yusuf kepada ayahnya, ”sesungguhnya aku bermimpi melihat dalam tidurku sebelas bintang, matahari dan bulan, aku melihat mereka semua itu bersujud kepadaku.” mimpi ini menjadi pembuka kabar gembira atas martabat yang dicapai oleh yusuf berupa kedudukan yang tinggi di dunia dan akhirat.

Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

Kami menceritakan kepadamu -wahai Rasul- tatkala Yusuf berkata kepada ayahnya Ya'qūb, "Wahai Ayahku! Sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang. Dan aku juga melihat matahari dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku." Mimpi itu adalah kabar gembira yang disegerakan untuk Yusuf -'alaihissalām-.

Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah

Allah menyebutkan kepada Rasulullah dan umatnya kisah Nabi Yusuf dan pelajaran-pelajaran yang terkandung di dalamnya; dimulai dengan kisah mimpi menakjubkan yang nantinya akan menjadi kenyataan.

Nabi Yusuf berkata kepada ayahnya, ya’qub: “Wahai ayahku, aku melihat dalam mimpi sebelas bintang, serta matahari dan bulan; semuanya bersujud kepadaku!

Tafsir Ringkas Kementrian Agama RI / Surat Yusuf Ayat 4

Setelah dijelaskan bahwa di antara wahyu Al-Qur'an yang diturunkan Allah berupa kisah-kisah umat terdahulu yang belum diketahui secara jelas oleh nabi Muhammad dan umatnya, ayat ini menjelaskan tentang salah satu kisah tersebut, yaitu kisah nabi yusuf.

Allah memulai kisah Nabi Yusuf dengan menceritakan perihal mimpinya. Ketika yusuf putra Nabi Yakub berkata kepada ayahnya, wahai ayahku! sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, yakni saudaranya yang berjumlah sebelas, matahari, yakni ayahnya dan bulan, yakni ibunya; kulihat semuanya sujud atau mengarahkan pandangannya dan hormat kepadaku.

Kemudian dia Nabi Yakub berkata kepada putranya, wahai anakku! janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu. Aku khawatir apabila mereka tahu, mereka akan membuat tipu daya untuk membinasakan-Mu karena kedengkian mereka. Sungguh, setan itu musuh yang jelas bagi manusia karena terus berupaya memunculkan rasa permusuhan di antara sesama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat