uefau17.com

Gareth Southgate Siap Ambil Langkah Ini Jika Inggris Gagal Juara Euro 2024 - Bola

, Jakarta - Gareth Southgate mengungkapkan bahwa dia kemungkinan besar akan meninggalkan posisinya sebagai manajer tim nasional Inggris jika The Three Lions gagal memenangkan Euro 2024. Dia merasa hal tersebut menandai perlunya perubahan.

Kontrak Southgate bersama timnas Inggris berakhir pada Desember 2024. Namun, sumber ESPN menyatakan bahwa Asosiasi Sepak Bola Inggris berharap Southgate tetap melanjutkan perannya.

Southgate, yang kini berusia 53 tahun, mengambil alih kendali tim pada tahun 2016 dan membawa perubahan besar bagi nasib tim nasional. Di bawah asuhannya, Inggris berhasil mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan nyaris memenangkan Euro 2020, hanya kalah dari Italia melalui adu penalti pada final yang berlangsung di Wembley.

Namun, perjalanan Inggris pada Piala Dunia 2022 berakhir di babak perempat final setelah kalah tipis dari Prancis. Rapor itulah yang mulai membuat Southgate untuk memikirkan posisinya.

Southgate hampir meninggalkan posisinya dan ragu apakah dia masih merupakan orang terbaik untuk memimpin tim. Setelah memutuskan tetap bertahan untuk Piala Eropa 2024, dia bakal melakukan analisa serupa setelah kompetisi di Jerman selesai bulan depan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendekatan Gareth Southgate di Euro 2024

Gareth Southgate, manajer tim nasional Inggris, secara terbuka mengungkapkan bahwa masa depannya tergantung pada hasil Euro 2024. Dalam wawancaranya dengan surat kabar Jerman, Bild, Southgate menyatakan, "Jika kami tidak memenangkan Euro, saya mungkin tidak akan berada di sini lagi."

"Mungkin ini adalah kesempatan terakhir. Saya kira separuh pelatih nasional akan hengkang setelah sebuah turnamen. Itulah sifat sepak bola internasional. Saya sudah menangani Inggris selama hampir delapan tahun dan kami sudah hampir mencapai gelar."

"Pada titik tertentu, orang-orang tidak lagi akan percaya pada Anda. Jika Inggris ingin menjadi tim besar dan saya ingin menjadi pelatih top, maka kami harus membuktikannya di lapangan."

Southgate melihat Piala Dunia 2026 di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sebagai “turnamen yang luar biasa,”. Namun, dia ragu apakah dirinya akan tetap bekerja pada saat itu. Dalam wawancara dengan ESPN bulan lalu, Southgate juga menegaskan keraguannya tentang masa depannya pasca-Euro 2024.

3 dari 3 halaman

Southgate Tolak Perpanjangan Kontrak Sebelum Euro 2024

Gareth Southgate mengingat kembali reaksi negatif terhadap perpanjangan kontrak Fabio Capello sebelum Piala Dunia 2010, yang berakhir buruk bagi Inggris. Dalam wawancara terbaru, Southgate menjelaskan alasannya menolak perpanjangan kontrak sebelum Euro 2024.

"Tidak, (perpanjangan kontrak sebelum Euro) bukan pilihan," katanya. "Alasannya adalah akan ada lebih banyak kritik, yang akan memberikan tekanan lebih besar pada tim. Inggris pernah melakukan hal itu sebelumnya dengan Fabio Capello dan ada drama besar sebelum turnamen. Lebih baik periksa diri Anda setelah turnamen," ungkapnya

KampanyeInggris di Euro 2024 akan dimulai dengan pertandingan melawan Serbia pada akhir pekan. Tim saat ini sudah berada di Jerman dan terus mempersiapkan diri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat