uefau17.com

Tantang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Pelatih Filipina Tak Terima Diklaim Dukung Vietnam - Bola

, Jakarta Pelatih Filipina Tom Saintfiet menjadi buah bibir jelang pertemuan anak-anak aushnya melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (11/6/2024).

Hal itu lantaran dia sempat meminta dukungan dari publik Vietnam agar bisa mengalahkan skuad Garuda, sekaligus membuka peluang bagi The Golden Star melaju ke ronde 3 apabila berhasil menaklukkan Irak di laga pemungkas.

Pernyataannya Saintfiet ala itu tak ayal membuat dirinya dicap sebagai "pendukung" Vietnam oleh publik Tanah Air. Akan tetapi, dia langsung buka suara dan mengklarifikasi bahwa pernyataan itu semata-mata dilontarkan karena mengharapkan hasil positif buat anak-anak asuhnya.

"Saat itu media Vietnam bertanya kepada saya, apakah tim mereka punya peluang untuk lolos. Saya katakan bahwa Timnas Filipina akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalahkan Indonesia, dan Anda harus mendukung kami karena jika kami menang melawan Timnas Indonesia, Vietnam bisa maju apabila mereka menang melawan Irak," jelas Saintfiet, dilansir dari media Vietnam Soha.vn.

"Akan tetapi, saya ingin tegaskan bahwa saya tidak mengatakan itu karena saya mendukung Timnas Vietnam. Media-media di Indonesia salah paham. Saya bukan anggota tim mereka. Satu-satunya yang saya pedulikan adalah skuad Filipina, dan saya ingin tim saya bermain sebaik mungkin melawan Indonesia."

"Itu normal dalam sepak bola, sebab tidak ada pelatih yang ingin kalah dalam pertandingan," tandas pesepak bola asal Belgia berusia 51 tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Waspadai Kekuatan Timnas Indonesia

Lebih lanjut, Tom Saintfiet juga terang-terangan mengakui dirinya mewaspadai Timnas Indonesia. Dia memandang skuad Garuda asuhan Shin Tae-yong sebagai kekuatan baru di panggung sepak bola Asia.

"Kita tahu Timnas Indonesia adalah kekuatan baru di sepak bola Asia. Tim ini sangat kuat, banyak pemainnya yang berkarier di Eropa. Indonesia pastinya akan sangat menantikan pertandingan melawan Filipina karena bermain di kandang sendiri, disertai sorakan sejumlah besar penggemar," tutur Saintfiet.

"Bagi kami, Filipina juga merasa sangat gembira karena mendapat kesempatan tampil di lapangan yang dinamis di Indonesia. Kami akan berusaha untuk menang, meskikami tahu hal itu tidak mudah," pungkasnya, dikuti dari Soha.vn.

3 dari 3 halaman

Laga Wajib Menang Timnas Indonesia

Adapun duel melawan Filipina bakal jadi pertandingan krusial yang wajib dimenangkan Timnas Indonesia. Skuad racikan Shin Tae-yong saat ini bertengger di urutan 2 klasemen sementara grup F dengan perolehan 7 poin dari 5 pertandingan.

Mereka cuma terpaut satu angka dari pesaing terdekatnya Vietnam, berkat kemenangan The Golden Star melawan Filipina beberapa waktu lalu. Praktis, hasil dominan atas pasukan Tom Saintfiet jadi harga mati yang harus diperoleh tim Garuda jika ingin melaju ke putaran selanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 11 Juni 2024

Laga: Timnas Indonesia vs Filipina

Lokasi:  Stadion Utama Gelora Bung Karno

Waktu Kick-off: 19.30 WIB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat