uefau17.com

Melihat Kekuatan 5 Lawan Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026: Mayoritas Langganan World Cup - Bola

, Jakarta - Timnas Indonesia akhirnya resmi mengetahui lawan-lawan yang bakal dihadapi di putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, mulai September mendatang.

Hasil drawing di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (27/6/2024) pukul 14.00 WIB menunjukkan skuad Merah Putih harus berseteru dengan 5 rival superberat yang seluruhnya berpengalaman tampil dalam ajang sepak bola terakbar dunia. 

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sebelumnya berhasil mengamankan tiket ronde 3 setelah finis sebagai peringkat 2 klasemen Grup F di bawah Irak dalam putaran 2 FIFA World 2026 Qualifiers. 

Tim racikan Shin Tae-yong kala itu mengumpulkan 10 poin dari 6 pertandingan, dengan rincian 3 kemenangan, 1 hasil imbang, dan 2 kekalahan yang mengantar mereka unggul 4 angka dibanding Vietnam di urutan 3. 

Adapun Timnas Indonesia kemudian dimasukkan dalam pot 6 untuk pengundian putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 bersama Korea Utara dan Kuwait. 

Pembagian pot tersebut disesuaikan dengan urutan rangking FIFA tertinggi hingga terendah, sehingga memungkinkan Timnas Indonesia berjumpa dengan lawan-lawan beda kelas di ronde selanjutnya. 

Selaras dengan hal tersebut, hasil drawing memang memastikan Skuad Garuda harus siap bersaing dengan deretan negara papan atas, yakni Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China jika ingin menjaga asa tampil di putaran final Piala Dunia 2026.

Hanya juara dan runner-up grup dari total 3 grup yang bakal langsung mengamankan tiket ke FIFA World Cup edisi mendatang, dengan tim urutan 3 dan 4 bakal kembali diadu lewat putaran keempat kualifikasi. 

Simak ulasan mengenai kekuatan lawan-lawan Merah Putih dalam ronde 3 FIFA World Cuo 2026 Qualifiers pada halaman selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Jepang

Jepang merupakan negara yang paling difavoritkan menyabet predikat juara grup C dalam putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Maklum, skuad berjuluk Samurai Biru memang dikenal sebagai tim paling digdaya di benua kuning lantaran mereka mampu menghuni ranking 17 FIFA. 

Tak hanya itu, Jepang juga suda berpengalaman tampil di panggung Piala Dunia dengan catatan 7 kali mentas dalam ajang tersebut. 

Adapun penampilan teranyar Samurai Biru tersaji di Piala Dunia 2022. Mereka kala itu sanggup mengatasi Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika untuk merebut predikat juara grup E, sebelum akhirnya disingkirkan lewat drama adu penalti oleh Kroasia di babak 16 besar.

3 dari 6 halaman

2. Australia

Australia merupakan tim yang tak kalah mengerikan di grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026. Mereka saat ini menduduki ranking 23 FIFA dan sudah mengoleksi 6 penampilan di panggung World Cup.

Socceroos juga sempat mentas dalam Piala Dunia edisi 2022 lalu. Mereka lolos dari fase penyisihan sebagai runner-up grup D di bawah Prancis, tetapi takluk dari sang juara Argentina  saat babak 16 besar. 

Timnas Indonesia sendiri sudah punya pengalaman pahit kala berduel melawan Australia. Skuad Garuda pernah ditumbangkan 0-4 oleh Socceroos dalam babak 16 besar Piala Asia 2023 yang digelar Januari lalu.

4 dari 6 halaman

3. Arab Saudi

Arab Saudi jadi tim yang tak bisa dianggap enteng dalam grup C putaran 3 Kualifikasi Piala Duni 2026. Mereka saat ini menghuni ranking 56 FIFA dan cukup berpengalaman mentas di panggung Piala Dunia. 

Tercatat, Arab Saudi sudah 6 kali lolos ke putaran final FIFA World Cup. Mereka bahkan sempat membuat kejutan di edisi teranyar denga mengalahkan Argentina 2-1 saat fase grup, meski pada akhirnya gagal tembus babak knock-out.

5 dari 6 halaman

4. Bahrain

Bahrain secara peringkat FIFA memang tak setinggi 3 negara sebelumnya. Mereka saat ini menempati ranking 81 berdasarkan data federasi sepak bola dunia hingga 20 Juni 2024.

Walau begitu jika dibandingkan Timnas Indonesia, posisi Bahrain masih lebih baik. Anak-anak asuh Shin Tae-yong cuma menempati urutan 134, sehingga Skuad Garuda patut waspada dengan calon pesaingnya. 

Belum lagi catatan kelam menyelimuti skuad Garuda di laga terdahulu kontra Bahrain. Meski belum pernah lolos ke putaran final Piala Dunia, mereka pernah menaklukkan Timnas Indonesia dengan 10-0 dalam laga kualifikasi untuk FIFA World Cup 2014 pada Februari 2012 silam.

6 dari 6 halaman

5. China

China merupakan lawan yang secara peringkat paling dekat dengan Timnas Indonesia. Mereka saat ini menghuni ranking 88 FIFA. 

Kendati begitu, skuad Garuda tetap tak bisa menganggap enteng skuad dari negeri tirai bambu. Pasalnya mereka sudah punya pengalaman mengecap panggung Piala Dunia edisi 2002, meski berakhir mentok di fase grup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat