uefau17.com

STY, Ivar Jenner, dan Justin Hubner Didenda AFC Buntut Kelakuan di Piala Asia U-23 2024, Berapa Nominalnya? - Bola

, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bersama dua pemainnya Ivar Jenner dan Justin Hubner dijatuhi denda AFC sebagai buntut dari sikap mereka di Piala Asia U-23 2024.

Juru taktik skuad Garuda diharuskan membayar USD 7.500 atau sekitar Rp122,6 juta, sementara Hubner dan Jenner masing-masing dikenai denda USD 5.000 (setara dengan kurang lebih Rp81,7 juta).

Melansir laporan Antara pada Jumat (28/6/2024), STY dan dua anak asuhnya dianggap melanggar Pasal 50 Kode Disiplin dan Etik AFC selama gelaran kompetisi sepak bola Asia level U-23 beberapa waktu lalu.

Pelatih asal Korea Selatan kala itu sempat menjatuhkan sejumlah komentar bernada tidak setuju kepada wasit Nasrullo Kabirov yang memimpin jalannya laga Qatar melawan Timnas Indonesia melawan .

Sang pengadil dicap membuat keputusan yang kurang tepat serta merugikan Garuda Muda usai dua penggawa Merah Putih yakni Ivar Jenner dan Ramadhan Sananta dijatuhi kartu merah.

Sementara itu, Jenner dan Hubner sendiri menerima denda akibat unggahannya di media sosial saat pelaksanaan ajang Piala Asia U-23 2024.

Nama pertama diketahui sempat membagikan foto pemain Qatar yang jatuh setelah terlibat benturan dengan pemain Indonesia Rizky Ridho, sedangkan Hubner kedapatan mengunggah gambar dua bendera Qatar disertai emotikon badut selepas laga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bunyi Putusan AFC Terhadap Shin Tae-yong

"Shin Tae-yong diminta membayar denda senilai USD 7.500 karena melanggar Pasal 50.1 Kode Disiplin dan Etik AFC," tulis konfederasi sepak bola Asia dalam hasil keputusan Rapat Komite Disiplin dan Etika yang berlangsung Kamis (27/6/2024).

"Selama konferensi pers pasca pertandingan, the defendant membuat komentar yang mempertanyakan kompetiensi serta integritas wasit serta AFC."

"Denda harus dibayar dalam kurun waktu 30 hari sejak keputusan ini disampaikan sesuai Pasal 11.3 Kode Disiplin dan Etik AFC. Shin Tae-yong juga diberitahukan bahwa pengulangan terhadap pelanggaran ini dapat mengakibatkan adanya hukuman yang lebih berat," sambung pihak AFC lewat dokumen tertulisnya.

3 dari 4 halaman

Bunyi Putusan AFC Terhadap Ivar Jenner dan Justin Hubner

Sementara itu terkait dua pemain Timnas Indonesia, AFC juga menjelaskan alasan dijatuhkannya denda. Mereka menilai konten yang diunggah oleh Ivar Jenner dan Justin Hubner telah menghina serta mempertanyakan integritas sejumlah pihak termasuk AFC sendiri.

"Terdakwa membagikan konten di media sosial yang menghina dan mempertanyakan integritas hasil pertandingan, pertandingan itu sendiri, kompetisi, negara Qatar, serta Asosiasi Sepak Bola Qatar dan/atau AFC," ungkap pihak konfederasi.

Selanjutnya layaknya Shin Tae-yong, pemain yang melanggar diberi wakt 30 hari untuk menyelesaikan denda. Mereka juga terancam mendapat hukuman lebih parah apabila mengulangi kelakuan serupa di masa depan.

4 dari 4 halaman

Denda Dibayar PSSI

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga sebelumnya juga telah angkat bicara mengenai hukuman yang dijatuhkan kepada pelatih dan pemain Timnas Indonesia oleh AFC.

Melansir pemberitaan Antara, Arya Sinulingga menyebut pihak federasi sepak bola Indonesia yang akan turun tangan membayar denda terhadap tiga tokoh penting skuad Garuda.

"Ya itu kan sama seperti hukuman Komdis, sudah ada aturanya. Ya dipenuhi dan akan dilakukan tahapan-tahapan pembayarannya sesuai dengan denda yang ada," ucap Arya melalui pesan teks, dikutip dari Antara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat