uefau17.com

Suzuki Berhenti Jual Mobil Bensin di Inggris, Empat Model Dipensiunkan - Otomotif

, Buckinghamshire, Inggris - Pada siaran pers akhir pekan ini, Suzuki mengumumkan rencananya untuk memensiunkan empat model kendaraan berbahan bakar konvensional untuk bertransisi sepenuhnya ke mobil listrik pada tahun 2025.

Keempat model yang termasuk dalam keputusan ini adalah Swift Sport, Jimny LCV, Ignis, dan Swace. Langkah tersebut saat ini direncanakan untuk dilaksanakan terkhusus di Inggris.

Ini akibat kebijakan Uni Eropa dan Inggris yang terus mendorong para produsen mobil untuk melakukan elektrifikasi sambil memperketat standar emisinya. Bahkan, UE akan melarang penjualan mobil berpembakaran internal pada 2035.

"Keluarnya model-model ini akan memberikan ruang bagi kendaraan listrik dan memungkinkan kami untuk bersaing dalam periode di mana rasio penjualan produk hybrid dan kendaraan listrik akan mendorong bisnis kami," ujar Direktur Otomotif Suzuki Inggris Dale Wyatt pada keterangan resminya.

"Kami keluar dari era ICE (mesin pembakaran internal) dengan fokus pada SUV dan Swift baru, kemudian mulai paruh kedua tahun 2025, kami akan memulai periode pertumbuhan EV (kendaraan listrik)," tambahnya.

Saat 2025 tiba, lini produk yang ditawarkan Suzuki adalah jajaran produk hybrid yang terdiri dari Suzuki Swift, Vitara, S-Cross, dan Across PHEV.

Kemudian pada semester kedua tahun itu, mobil listrik berbasis baterai pertama milik Suzuki akan diperkenalkan sebagai pembuka gerbang merek-merek lainnya hingga 2030.

Operasi keluarnya Suzuki dari era mesin berpembakaran internal ini akan dimulai sejak akhir tahun ini dengan  menyederhanakan jajaran modelnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsep Suzuki eVX Bisa Jadi Mobil Listrik Pertamanya

Terkait apa yang akan datang sebagai mobil listrik pertama Suzuki pada 2025, kemungkinan itu adalah SUV listrik yang lahir dari konsep Suzuki eVX yang dipamerkan Januari tahun lalu di Maruti Suzuki Pavilion at Auto Expo 2023. Model produksi dari konsep eVX juga dijanjikan akan menjadi nyata pada 2025.

Jenama asal Jepang tersebut belum buka mulut terlalu banyak untuk eVX, namun crossover ini dipastikan akan mewarisi keunggulan 4×4 tradisional merek tersebut ke dalam powertrain listriknya.

Hal itu dilakukan demi memberi pengalaman berkendara SUV Suzuki yang autentik dengan sokongan motor listrik yang lebih senyap.

Baterainya telah terungkap, itu adalah paket 60 kWh untuk memungkinkan versi produksi eVX menjangkau jarak hingga sekitar 550 km menurut siklus MIDC.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat