uefau17.com

Pabrik Suzuki di Thailand Bakal Ditutup, Berimbas ke Indonesia? - Otomotif

, Jakarta - Suzuki telah mengumumkan akan menutup pabrik mobil anak perusahaannya di Thailand pada akhir 2025. Hal tersebut, dikarenakan lesunya penjualan di Negeri Gajah Putih dan keputusan produsen mobil ini fokus di lokasi produksi global, dengan pasar yang lebih menjanjikan.

Lalu, dengan bakal ditutupnya pabrik Suzuki di Negeri Gajah Putih, apakah bakal berdampak langsung dengan pasar Indonesia?

Dijelaskan Harold Donnel, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), jika dilihat dari model yang diproduksi di Suzuki Thailand, memang sepertinya tidak ada pengaruh yang signifikan untuk pasar Indonesia.

"Tidak ada dampak maupun pengaruh yang akan dirasakan oleh Suzuki Indonesia, karena model yang mereka produksi tidak dipasarkan di Indonesia saat ini," jelas Harold melalui pesan elektronik kepada , Rabu (12/6/2024).

Sementara itu, saat ditanya terkait peluang model-model yang diproduksi di Thailand bisa dipindahkan ke Indonesia, memang hal tersebut sepenuhnya menjadi keputusan prinsipal. Namun, jika berbicara kemungkinan, segalanya bisa saja terjadi.

"Kalau mungkin sih mungkin saja. Tapi, ada kalkulasi bisnis sebelum keputusan tersebut diambil," tegasnya.

Sementara itu, pabrik di Thailand hanya memproduksi 7.500 kendaraan pada tahun fiskal, hingga Maret 2024. Ke depannya, Suzuki ingin memfokuskan produksi Asianya di Indonesia, Jepang, dan India.

Pabrik yang ditutup sendiri adalah satu-satunya pabrik di Thailand, tempat Suzuki membuat kendaraan roda empat. Pekerja produksi akan diberhentikan. Namun Suzuki akan tetap menjual mobil listrik, dan hibrida di Thailand melalui SMT.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persaingan Jepang dan Tiongkok

Sebagai entitas Suzuki yang berbeda negara, kami tidak dapat memberikan keterangan secara resmi.

Untuk informasi yang resmi terkait kondisi yang sedang terjadi di fasilitas produksi Suzuki Thailand, saat ini rekan-rekan bisa mengakses secara langsung pengumuman yang telah diterbitkan oleh principal kami sebagai informasi Suzuki global.

Jika melihat dari model-model mobil yang diproduksi di Suzuki Thailand, maka tidak ada dampak maupun pengaruh yang akan dirasakan oleh Suzuki Indonesia, karena model yang mereka produksi tidak dipasarkan di Indonesia pada saat ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat