uefau17.com

Jokowi Ulang Tahun, Menko Luhut Curhat Pernah Diberi Tugas Sulit - Bisnis

, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengisahkan perjalanannya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu disampaikan dalam memperingati ulang tahun Jokowi ke-63.

"Selamat ulang tahun ke-63 Presiden @jokowi . Semoga Tuhan YME memberikan Anda berkat usia, kesehatan, serta kecintaan yang mendalam kepada tanah air, sehingga bisa terus mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan negara ini dimanapun dan apapun posisi yang anda ambil nanti," tulis Menko Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Jumat (21/6/2024).

"Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk berkontribusi dalam memberikan legacy berharga untuk perjalanan bangsa ini menuju visi besar Indonesia Emas 2045," ia menambahkan.

Dia menilai Indonesia beruntung memiliki pemimpin seperti Jokowi. Menko Luhut mengisahkan, memulai karier sebagai Letnan dua dari Korps Baret Merah, dan banyak mengenal tipe-tipe para komandan terdahulu. 

"Apalagi sebagai seorang perfeksionis, saya punya kriteria sendiri pemimpin seperti apa yang layak diteladani. Bagi saya, Joko Widodo adalah salah satu figur pemimpin teladan itu," tegasnya.

Bukan tanpa alasan, Menko Luhut meceritakan kisahnya 4 tahun kebelakang ketika ada tantangan pandemi Covid-19. Dia mengibaratkan pada tahun itu seperti perjalanan panjang di dalam hutan belantara yang gelap tanpa penunjuk arah.

"Sebagai orang yang pernah diberi tugas khusus oleh beliau, saya bersaksi bahwa penugasan itu adalah pekerjaan tersulit yang pernah saya alami," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karakter Jokowi

Menko Luhut juga mengungkap karakter asli Presiden Jokowi. Dia mengamini pepatah yang mengatakan karakter asli seseorang akan muncul ketika ia mendapatkan ujian.

"Saya mengamini hal tersebut. Saya menyaksikan sendiri bagaimana beliau tetap tenang dalam setiap proses pengambilan keputusan di saat pandemi lalu, meskipun banyak masukan dan usulan dari berbagai pihak," urainya.

Menurut dia, Jokowi bisa memberikan arahan dengan baik dan cermat dengan satu semangat, kepentingan rakyat banyak harus diutamakan di atas segalanya. Dengan karakter itu, Menko Luhut pernah berkelakar Jokowi untuk masuk Korps Pasukan Khusus (Kopassus).

"Karena itulah, saya pernah katakan kepada beliau “Bapak seharusnya masuk Kopassus.” Dengan karakter kepemimpinan yang kuat seperti itu, tak heran jika beliau jadi sosok yang dicintai oleh rakyatnya, sekaligus tak bisa dipengaruhi oleh siapapun," bebernya.

Di sisi lain, Menko Luhut menilai Jokowi memiliki posisi penting dan disanjung oleh negara-negara di dunia. Baik itu negata maju maupun negara berkembang.

"Alih-alih diatur, mereka malah sangat “respect” dan memuji gaya kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Saya kira karakter seperti inilah yang mutlak perlu diteladani oleh pemimpin Indonesia selanjutnya, dan juga dicontoh oleh generasi muda penerus bangsa di masa depan," pungkas Luhut Binsar Pandjaitan.

3 dari 4 halaman

Jokowi Berkantor Seperti Biasa

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasuki usia baru yang ke-63 tepat pada hari ini, Jumat (21/6/2024). Tak ada perayaan, Jokowi lebih memilih bekerja seperti biasa.

"Hari ini Presiden berkantor di Istana seperti biasa," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Yusuf Permana, Jumat.

Yusuf memastikan, Istana tidak menggelar acara ulang tahun untuk Jokowi. Alasannya, Jokowi disebut tidak pernah melakukan hal itu saat pergantian usia.

"Tidak ada acara merayakan hari ulang tahun. Beliau tidak pernah merayakan acara hari ulang tahun," ujar Yusuf.

Tak Merayakan Ulang Tahun

Presiden Jokowi yang merupakan putra Noto Miharjo dan Sudjiatmi lahir di Surakarta pada 21 Juni 1961. Dia tak pernah secara khusus merayakan hari bertambah usianya. Jokowi mengaku hanya orang desa, sehingga sejak lahir hingga menjadi presiden tak pernah berulang tahun.

"Saya enggak pernah ulang tahun. Saya orang desa enggak pernah ulang tahun. Sejak lahir sampai sekarang," kata Jokowi kepada wartawan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Selasa 20 Juni 2023 lalu.

 

 

4 dari 4 halaman

Momen Ulang Tahun

Selama menjadi presiden, Jokowi tidak pernah terlihat merayakan hari ulang tahunnya dengan pesta yang meriah. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu beberapa kali menghabiskan hari ulang tahunnya dengan bekerja seperti biasa.

Pada 2023, Jokowi menghabiskan hari ulang tahunnya dengan blusukan ke dua pasar yang ada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat itu, Jokowi mengecek harga-harga kebutuhan pokok dan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) ke pedagang pasar.

Selain itu, Jokowi juga pernah menghabiskan momen ulang tahunnya dengan blusukan dan meninjau proyek pembangunan landasan pacu atau runway 3 Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. Kala itu, Jokowi berulang tahun ke-58.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat