uefau17.com

Infografis Prabowo Kumpulkan Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju - News

, Jakarta - Ada pertemuan penting di Kantor Kementerian Pertahanan atau Kemhan, kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis 20 Juni 2024. Sejumlah ketua umum (ketum) partai politik (parpol) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) bertemu.

Pertemuan itu dihelat Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Beberapa foto kemudian diunggah langsung di media sosial.

Melalui akun Instagram pribadinya, Prabowo memperlihatkan sejumlah foto berlatar hitam putih bersama mereka. "Bersama Indonesia maju," tulis Prabowo.

Para tokoh yang masuk dalam unggahan Prabowo, yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian sekaligus Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan sekaligus Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Selanjutnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional sekaligus Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketum Partai Gelora Anis Matta. Namun dalam kebersamaan itu, hanya satu sosok yang bukan dari ketum parpol, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Namun dalam unggahan Prabowo itu tak terlihat kehadiran ketum ataupun perwakilan dari Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Prima, dan Partai Garuda. Meski tak lolos ke DPR, 4 parpol itu termasuk pendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024. Gibran selaku wakil presiden RI terpilih periode 2024-2029 juga tidak tampak hadir.

Saat dikonfirmasi, Ketum PSI Kaesang Pangarep membantah tidak ikut dalam pertemuan tersebut. Menurut Kaesang, dirinya hanya tidak berada di ruang tunggu dan belum datang.

"Itu kan lagi di ruang tunggu, saya belum datang aja," kata Kaesang di Jakarta, Jumat 21 Juni 2024.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu memastikan dirinya hadir dan mengikuti diskusi dari pertemuan tersebut. Menurut Kaesang, tidak ada pembahasan kabinet pemerintahan 2024-2029. Sebab, apa yang disampaikan Prabowo hanya soal kuliah umum tentang geopolitik.

Ada 5 tokoh saat itu hadir dalam pertemuan bersama Prabowo di Kantor Kemhan, Jakarta. Selain Erick Thohir, 4 tokoh merupakan elite Koalisi Indonesia Maju. Bagaimana prediksi peta kekuatan koalisi Prabowo-Gibran di parlemen? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Prabowo Kumpulkan Ketum Parpol Koalisi Indonesia Maju

3 dari 3 halaman

Infografis Prediksi Peta Kekuatan Koalisi Prabowo-Gibran di Parlemen

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat