uefau17.com

Pemerintah Mau Bikin Program Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Bocorannya - Bisnis

, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana untuk membuka program konversi motor berbahan bakar BBM ke motor listrik secara gratis.

Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Pengembangan Industri sektor ESDM Agus Thahajana Wirakusuma mengatakan, program konversi motor listrik gratis ini akan bekerjasama dengan Kemendikbud Ristek untuk melibatkan sejumlah SMK otomotif.

Baca Juga

"Jadi nanti sekolah-sekolah menengah kejuruan otomotif itu dengan kerjasama dengan Kementerian Dikbud. Itu kita harapkan akan jadi bagian yang besar dalam ekosistem konversi," ujar Agus di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

Agus menyebut, saat ini ada sekitar 1.500 SMK kejuruan otomotif dari total 10 ribu lebih smk yang tersebar di berbagai pelosok. Mereka nantinya akan dibina untuk diajak bekerjasama dengan bengkel yang sudah tersertifikasi untuk melakukan konversi motor listrik.

"Jadi kita harapkan bengkel-bengkel yang ada sekarang, yang sudah mampu ini akan bekerjasama. Kalau membuka bengkel kan susah ya. Mereka akan dididik, disekolahkan untuk bisa masuk industri otomotif. Nah ini konversi itu merupakan bagian daripada itu," terangnya.

Gandeng BUMN

Untuk menjalankan program itu, ia menyebut sejumlah BUMN melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) di daerah tempat operasinya tertarik untuk ikut bantu melatih anak-anak SMK otomotif dalam melakukan konversi motor listrik.

Selain itu, Kemendikbud Ristek pun diharapkan turut ikut serta dalam memberi bantuan alat-alat kepada sesuai dengan tupoksinya.

"Nah, BUMN yang membantu itu mereka memberikan untuk ring satunya dia, jadi enggak semuanya. Misalnya (PT Pupuk) Kujang di ring satunya dicari SMK di sekitar, itu ada beberapa. Atau, misalnya PT Bukit Asam enggak di sini (salurkan CSR untuk konversi motor listrik gratis), tapi di sekitar Muara Enim," paparnya.

Sehingga, Agus menekankan, program motor listrik gratis ini nantinya akan disalurkan sesuai dengan kemampuan sumber daya yang ada di masing-masing daerah. "Jadi gratis itu dalam rangka memperkuat ekosistem dan kemampuan bengkel konversi," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya

Sebelumnya, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi melalui akun Instagram @eniyalist menyampaikan, pemerintah akan membuka program konversi motor listrik gratis dalam kuota terbatas.

"Ikuti program Konversi kendaraan bensin roda 2 ke kendaraan listrik. Yuk Ikuti gerakan Green Life Style. Yang daftar cepet akan dapat gratis (jumlah terbatas), buruan!" tulis Eniya dalam postingan story di akun Instagramnya beberapa waktu lalu.

Eniya lantas menyebut sejumlah lokasi yang bisa dipakai untuk program konversi motor listrik gratis. Semisal sekitar Jakarta dan Tangerang dengan bengkel PT BRT, dan Yogyakarta-Jawa Tengah dengan bengkel PT BRT dan PT NMP.

"Bengkel adalah yg telah mendapatkan sertifikasi dan akan diuruskan hingga plat nomer biru kendaraan listrik," kata Eniya.

Berikut alur daftar konversi motor listrik yang saat ini tersedia:

  1. Buka situs ebtke.esdm.go.id/konversi
  2. Klik Mendaftar Konversi
  3. Pilih lokasi bengkel
  4. Klik Pilih Bengkel Konversi
  5. Isi formulir permohonan (isi identitas sesuai KTP, spesifikasi motor, nama perusahaan dan bengkel, serta alamatnya)
  6. Klik Kirim Permohonan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat